Thursday, January 29, 2009

My Last Day in HP Indonesia

Palembang,
January 31, 2009

This picture is my last meeting with HP Team and HP Partners from Aceh in DOOM coffee SUN Plaza Medan.

This is the time for me to state that effective January 31, 2009, i am resigning from Hewlett-Packard Indonesia, and i continue my nest step career in PT Telekomunikasi Selular, effective February 1, 2009. I am joining Service Quality Team in Tsel, in Kantor Regional Sumbagsel Palembang, Jalan Demang Lebar.

Now its time for asking for apologize for inconvenience and my mistake to HP Indonesia GeoX Team, HP partners, and i would like to say many thanks for your support, guidance, and work together to make IT happen.

Success for all of you.
Wish us all the best

Wednesday, January 21, 2009

Brief about PT Telekomunikasi Selular












Medan
January 22, 2009

here is brief about PT Telekomunikasi Selular:

  1. Telkomsel is the leading operator of cellular telecommunications services in Indonesia. providing its subscriber with the choice between two prepaid cards-simPATI and Kartu AS, or the post-pain Kartu HALO service, as well as variety of value added services and programs with GSM Dual Band (900 & 1800), GPRS, Wi-Fi, Edge, and 3G technology.
  2. Having the largest network coverage among all cellular operators in Indonesia. Telkomsel provides network coverage to approximately 95% percent of Indonesia's population and is the only operator in Indonesia that covers all the country's provinces and regencies, and all counties in Sumatra, Java, and Bali/Nusra.
  3. As a result if its business success, Telkomsel's gross revenues have grown from 3.59 Trillion IDR in 2000 to 44.38 Trillion IDR in 2007.
  4. Over the same period, the total number of Telkomsel's cellular subscribers increased from approximately 1.7 million as at 31 December 2000 to 47.9 million as at 31 December 2000 to 47.9 million as at 31 December 2007.
  5. As the end of March 2008, Telkomsel had 51,3 million customers, which represents an estimated market share of approximately 51% of all telecommunications service users in Indonesia.

(Sources: www.google.com)

Monday, January 19, 2009

Network Operation Center


Medan
January 19, 2009


Kita mungkin jarang mendengar devisi yang sangat vital ini dalam pertelekomunikasian, incase banyak orang awam hanya melihat bahwa Tower atau BTS itu adalah transmitter sinyal ke HP mereka, sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan kolega-kolega mereka. Namun di balik pembangunan ini ada sebuah devisi yang pasti ada di setiap operator yang bermain di Industri ini, yaitu devisi Network Operation.

Sebagai tulang punggung perusahaan dalam melakukan development infrastructure networks incase pembangunan BTS (through the vendors), dan maintanance BTS atau tower telekomunikasi ini sehingga jalan dengan sebagaimana mestinya.
Fungsi dari Network Operation Center itu sendiri adalah:

A network operations center (NOC) -a definition from WhatIs.com- is a place from which administrators supervise, monitor and maintain a telecommunications network. Large enterprises with large networks as well as large network service providers typically have a network operations center, a room containing visualizations of the network or networks that are being monitored, workstations at which the detailed status of the network can be seen, and the necessary software to manage the networks. The network operations center is the focal point for network troubleshooting, software distribution and updating, router and domain name management, performance monitoring, and coordination with affiliated networks.

Incase kita melihat bahwa sebagai backbone bisnisnya PT Telkomunikasi Seluler selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya dengan tersebarnya BTS Telkomsel sampai kepelosok-pelosok daerah, sehingga pelanggannya bisa berkomunikasi dimana pun, dan kapan pun, dengan di dukung oleh Tim Network Operation yang kuat, saat ini Telkomsel telah memiliki 27.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia, dan Telkomsel terus membangun pembangun networksnya dengan lebih baik lagi dengan bekerja sama vendor-vendor Telekomunikasi seperti Ericcson, NSN, dan vendor-vendor lain.



Dengan Tim NO yang solid, Telkomsel terus memaintanance networks dengan baik sehingga gangguan di jaringan yang sering terjadi pada operator lain, jarang terjadi di Telkomsel, sehingga inilah yang menjadi kekuatan Telkomsel dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan setianya.

Jalan-Jalan

Medan
January 19, 2008

Foto-foto yang saya attached ini, adalah beberapa foto yang saya ambil, ketika bersama teman-teman ngumpul dan konkow bareng, menghabiskan weekend bersama.




Kita adalah makhluk sosial, sehingga kita membutuhkan sosialisasi dengan sahabat, teman, ataupun orang laen.

Semoga ketemu lagi ya bg febli di Palembang, tapi abang tugas di Lhoksmawe ya, ckckc...

Sukses selalu buat teman-teman ku

Sunday, January 18, 2009

Futsal Tengah Malam dan TST jam 2 Pagi di Medan


Medan
January 18, 2009

Fiuhhhhhhh sampai rumah di Malam minggu ini jam setengah delapan malam, setelah meregangkan otot setelah pulang jalan kaki dari membeli Singkong Tela Krezz, yang jaraknya sekitar 300 meter, lumayan melelahkan, sehingga saya mendinginkan badan dengan menonton Televisi sebentar, kemudian baru mandi, makan bubur kacang hijau yang di buat ibu kos.

Sekitar pukul sepuluh, Surya mengirimkan short massage kesaya yang isinya mengajak saya untuk main futsal, Alamak....maen futsal tengah malam, wow perlu di coba, kapan lagi saya pikir, minggu-minggu terakhir saya di medan saya habiskan dengan Jalan-jalan di Medan.
Setelah menunggu beberapa lama, finally pukul 11 lewat, kita jalan ke Sampoerna Futsal, dengan 12 orang, kita bergantian bermaen, fiuhhhhhhhhhh capeke puol,.hehe

Sampai diturunkannya tulisan ini, penulis masih kecapean karena pegal-pegalinu (hehehe, gaya reporter), ceilee.Foto diatas yang saya attached tim yang kelelahan maen futsal tengah malam, hehe.
Karena keletihan dan kelaperan, hehe, setelah kita selesai bermain futsal, kita ke daerah Halat medan untuk mencari minuman yang bernama TST (Teh Susu Telor), dimana di sepanjang di daerah Halat ini, banyak warung kopi yang tersebar di sepanjang jalan, yang buka sampai pagi, dan Medan emank kota yang ON terus, karena sampai pagi, masih ramai orang yang berlalu lalang, atau hanya konkow dengan teman-teman sambil minum TST.

Inilah yang namanya Teh Susu telor (TST) yang sangat di gemari oleh Temen-temen disini.
Sampai pukul 2 pagi, kita ngumpul di warung kopi ini, saya memesan satu TST ayam Kampung panas, dan Sepiring Mie Goreng Aceh. Mak nyuss, luar biasa, enk banget, gurih, pedas, nyammy banget, dan TST nya luar biasa enak sekali.

Saya rekomendasikan bagi teman-teman yang kebetulan ke Medan, untuk mencoba menu sehat pilihan ini.

Cheers (walau 2 hari ini badan masih capek), but tetap semangat.

Tela Krezz Medan (depan kampus UISU) Jalan Sisingamaraja

Medan
January 18, 2009
Sepulang dari Plasa Medan, malam weekend panjang ini, saya minta berhentiin di tempat penjual singkong goreng dengan bumbu yang lezat yaitu TELA Krezz dengan harga perbungkus seharga Rp 3.000,- di daerah depan kampus UISU Jalan Sisingamaraja Medan Kota.

Tela Krezz merupakan jajanan pinggir jalan yang layak anda coba, khusunya saat ubinya masih hangat, ketika dimasukan di lidah, mak nyuss, renyah, gurih, dan nikmat sekali.

Ada berbagai pilihan rasa yang layak anda coba yaitu:
BBQ, Ayam, Pizza, Keju, Pedas, Balado, Garlic, dan sebagainya, namun rasa yang paling saya sukai adalah PEDAS, yang membuat nikmat sekali ketika di lidah, mak nyus, apalagi di sajikan dengan secangkir teh manis di sore hari.

Berikut gorebak abang penjual Tela Krezz ini yang merupakan Franchise dari salah satu pengusaha yang belum saya ketahui dimana awalnya Tela Krezz ini, karena dengan hanya berbahan baku singkong, bahan-bahan, minyak goreng, gorebok, dan tempat yang bisa di pinggir jalan yang cukup ramai, ternyata omset penjualannya cukup besar.



Sebenarnya jiwa entrepreneurship di setiap manusia itu pasti ada, karena banyak orang berhasil dengan menjadi pengusaha, dengan modal tekad yang bulat, dan berdoa tentunya, Insyallah akan berhasil, dengan ketulusan dalam berusaha dan tetap jujur.

Jangan pernah menggangap rendah orang lain, karena manusia itu di mata Tuhan YME adalah SAMA, jadi hargai orang lain seperti kamu mau di hargai.
Mencoba selalu memberikan ketulusan terhadap orang lain.

Saturday, January 17, 2009

Plasa Medan with oldist Bioskop

Medan
January 18, 2009

Weekend ini saya habiskan dengan windows shoping di salah satu mall lama di kota Medan yaitu Plaza Medan, yang letaknya berdekatan dengan Medan Fair Mall.
Kebetulan teman mengajak nonton film the Hell Boy 2. Wah, ternyata cukup ramai sekali sore weekend ini, sehingga cukup banyak pasangan atau rombongan yang akan menonton di Bioskop di mall ini.

Setiap person di kenakan charge sebesar Rp 17.000,-, kebetulan kita waktu itu untuk Film Hell Boy 2 berada pada Studio 4, pada pukul 18.30 wib, sambil menunggu kita keliling mall, melihat hirup pikuk pengunjung yang hanya sekedar window shopping, atau JJS dengan pasangannya, dengan keluarga atau dengan teman-temannya, saya dan teman-teman sekedar untuk JJS, kita mampir di Suzuya department store, untuk melihat-lihat pakaian formal, saya stated dalam hati saya tidak akan belanja kembali, karena minggu lalu saya telah belanja di Sun Plaza, hehehe.

Tepat pukul 18.15 WIB, kita kembali ke lantai 4, tempat dimana bioskop berada, kita berikan karcis kita, dan alangkah kagetnya saya dengan Bioskop ini, Alamak.......design interiornya adalah seperti bioskop jaman dahulu, dengan gorden diatas layar, dinding dari kayu yang tersusun rapi, yang mengesankan bahwa bioskop ini terkesan tua dan kusam, hanya dari kursi saja yang di permak, sehingga membuat nyaman penontonnya. Dalam hal film, ternyata film yang ada juga bukanlah film-film yang terup-to date.

Berikut capture yang berhasil saya ambil dari berbagai sisi bioskop tua di Kota Medan ini.

Kalau kita perhatikan di atas layar, masih ada tirai seperti bioskop-bioskop jaman dulu, dan dindingnya klo kita perhatikan juga serupa bioskop masa lalu pada saat kita kecil.

Waktu menunjukan jam setengah 8, tiba-tiba teman saya di telpon tante nya, dan willy nilly kita harus pulang, dan tunggal satu teman saya yang menonton sendirian sampai akhir selesainya film, kasihan juga kita tinggal sendirian, hehehe

Semoga Bioskop ini terus di lestarikan, hehehe...

Friday, January 16, 2009

New Wave Strategy-Mark Plus Inc Workshop di Grand Angkasa Hotel Medan



Medan
January 17, 2009

Malam ini saya di undang dalam acara Mark Plus Club di Hotel Grand Angkasa Medan, dengan topik workshop Low Budget High Impact Branding (Creative Solution @ Difficult Times) dari pukul 7 malam sampai pukul setengah 10 malam.
Kebetulan kita member dari Mark Plus Club, sehingga setiap ada acara Mark Plus di Medan, kita akan di undang dan free untuk datang ke Acaranya, dengan hanya membayar @ Rp 10,000,000.- per Tahun.

Host untuk acara ini adalah Alexander Mulya, beliau adalah Chief Consultan di BrandCredence.



Malam itu topik yang di bahas adalah masalah krusial yang saat ini sangat menjadi fokus bagi banyak perusahaan di kala krisis global saat ini, yang tentunya banyak berdampak pada budget perusahaan untuk funding di marketing, incase tentunya related ke Branding.
Incase karena budget funding untuk branding di kurangi sehingga sebagai seorang marketer, kita harus mempunyai strategi bagaimana dengan budget sedikit mungkin akan high impact ke sell tru company.

Sehingga selama ini banyak company yang berfokus pada vertical approach yaitu misalnya dengan melakukan branding above the line strategy melalui media Televisi, Koran, Radio, Majalah, yang tentunya banyak menghabiskan budget branding yang luar biasa besarnya, sekarang dengan Strategi ini, kita merubah cara branding yang hanya menggunakan satu arah yaitu vertical approach, tapi kita juga harus menggunakan horizontal approach yaitu dengan menggunakan strategi below the line strategy yaitu events, Pameran, interactive program yang langsung menyentuh customer secara langsung.

Sehingga menurut beliau, proporsi persentase dari budget branding untuk mengefektikan sell tru juga adalah dengan 60% dengan vertical branding, dan 40 horizontal branding.

Sebenarnya strategi ini adalah strategi yang dikembangkan oleh Pak Hermawan Kartajaya dengan istilah kerennya yaitu New Wave Strategy, bagaimana dengan low budget, high impact on branding dan tentunya akan meningkatkan sell tru.

Saya sangat menikmati workshop ini, karena langsung di berikan contoh langsung perusahaan-perusahaan yang menerapkan strategi ini dan sangat effektif yang tentunya berdampak positif bagi perkembangan growth perusahaan.

Saya sangat mencintai dunia marketing saat ini, ketika sewaktu kuliah saya sangat mencintai dunia Finance khususnya Capital Market, dimana saya pernah menjadi Ketua Pojok Bursa Eefek Jakarta, yang merupakan bengkel mini, tempat belajar pasar modal, dan produk-produk derivatifnya.

Namun saya selalu berprinsip "don't frame your self into situation that you are comfort in", sehingga saya terus mau belajar, never ending untuk hal-hal yang baru, dan tentunya membangun carreer kita kedepannya.

Ayam Penyet Joko Solo Medan



Medan
January 16, 2009

Nyam-nyam, mak nyusssss kata Pak Bondan Winarno, kebetulan saya pernah berkorenspondensi dengan Pak Bondan melalui Email, dan ternyata beliau sangat ramah loh, walaupun jadwal beliau cukup sibuk, namun beliau masih sempat membalas email para penggemar beliau (fans). D
i umurnya yang hampir setengah abad beliau masih sehat, dan bisa menikmati makanan yang even berkolesterol tinggi, hehe.. mak nyus pak Bondan, I am salute on you...

Ayam Penyet Joko Solo Medan, merupakan salah satu tempat makanan tradisional Jawa yang ada di medan dengan ada beberapa cabang yang tersebar, dengan ciri khas menu utamanya yaitu ayam penyet. Berikut saya attached gambar sepiring ayam penyet yang di sajikan dengan Nasi Gurih , atau yang lebih dikenal dengan nasi uduk, nyammy mak nyus...


Dengan Varian menu yang banyak dengan harga yang terjangkau, tempat ini patut di coba ketika anda berkunjung di Medan, karena ayam penyetnya sangat guring, dan tidak begitu pedas, dan dagingnya lembut.





Nyam-nyam, senang bisa wisata kuliner dengan harga yang terjangkau. Selain itu saya sangat suka dengan makanan tradisional daripada makanan "kota" seperti Pizza, dan lain-lain. Karena makanan tradisional emank lebih nikmat dan lezat, dan tentunya sehat.

This is my new favorite place for foods hunter.

Lets Seek the new food place.

Thursday, January 15, 2009

New Next Step for My CAREER


Medan
January 15, 2008

Finnaly Alhamdulillah saya mendapatkan tempat berlabuh untuk next step career saya di dunia pertelekomunikasian di Indonesia.

Saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki saya akan bisa bekerja secara professional dan saya yakin PT Telekomunikasi Seluler akan menjadi tempat berkarir saya hingga mengakhiri karir professional saya.
Amin

Keruwetan dan Kemacetan Jakarta


Medan,
January 15, 2009

Ke Jakarta, aku kan kembali,......
Seperti lagu lawas yang sering kita dengar dari Group Band Koes Bersaudara, Jakarta merupakan promising land bagi fresh graduate untuk mencari pekerjaan, sehingga berbondong-bondonglah mereka untuk mengadu nasib ke Jakarta dengan segala hiruk pikuknya.


Setelah menamatkan studi S1 saya di Universitas Andalas Padang, seminggu setelah wisuda belum lagi ngurus-ngurus Ijazah saya di panggil oleh HP Indonesia ke Jakarta, dengan akomodasi di tanggung oleh HP Indonesia, sangat senang sekali waktu itu karena saya bisa join dengan perusahaan Multinational terbaik di dunia untuk technology industry (Fortune 500). Karir pertama saya di HP Indonesia dengan mengikuti Program HP Fresh Graduate Development Program (FGDP), selama 6 bulan di kantor pusat, Mega Kuningan Jakarta. Selama 6 bulan di Jakarta saya join dengan devisi Total Customer Experience and Quality yang fungsinya adalah bagaimana meningkatkan tingkat SLA (Service Level Agreement) dari HP Indonesia ke customer HP, sehingga custumer tetap percaya dengan HP dan tingkat CSI (Customer Satisfaction Index) dan CLI (Customer Loyalty Index) HP Indonesia meningkat.

Setelah 6 bulan saya menjadi permanent employee, dan join di PSG (Personal System Group) Business Unit sebagai Area Manager Lampung Territory dan sekarang saya responsible untuk North Sumatra dan Aceh di IPG (Imaging Printing Group) Business Unit.



Selama saya berkarir di HP Indonesia, saya prefer untuk di assign ke Daerah, karena ada beberapa pertimbangan kenapa saya tidak nyaman untuk tinggal (living) di Jakarta:
1. Biaya hidup di Jakarta yang tinggi di bandingkan dengan biaya hidup didaerah,
2. Kemacetan dan keruwetan Jakarta yang membuat saya tidak nyaman tinggal dengan Kota Metropolitan Jakarta.
3. Sifat Acuh tak Acuh penduduk Jakarta.

Entah kenapa, tetapi mungkin saya karena telah biasa hidup di daerah, my childhood di Jambi, dan kuliah di Padang, membuat saya nyaman dengan kehidupan daerah yang lebih ramah penduduknya, biaya hidup yang murah, tenang, dan tentunya tidak semrawut seperti di Jakarta.

Terkadang, kita harus memilih yang terbaik bagi kita, kenyamanan, ketenangan, dan dekat dengan keluarga itu tidak bisa di bayar berapapun oleh materi, ketenangan itu sendiri bisa kita dapatkan ketika kita bisa bersyukur dan beryukur atas Nikmat-Nya, oleh sebab itu, ketika kita bisa nyaman dengan apa yang kita dapatkan, berarti kita telah belajar untuk bersyukur kepada-Nya.

Wednesday, January 14, 2009

Jogging

Medan
January 15, 2009

Yup...
Bener sekali, kali ini saya akan membahas olahraga yang saya sangat sukai yaitu Jogging, sebelumnya saya juga suka maen Tennis, tapi karena di Medan, sekarang ga ada temen yang mau saya ajak maen Tennis, Jogging adalah olahraga favorit saya yang dilakukan hampir tiap hari selepas pulang kerja.

Beberapa pertimbangan saya kenapa saya menyukai olahraga ini adalah:
1. Olahraga yang minimally cost (can be said that no cost for this sport)
2. Refreshin up my mind, karena dengan jogging, pikiran akan lebih segar, nyaman, dan tenang.
3. Bisa mengurangi berat badan, incase saya over 5 kg, jadi selama ini dengan olahraga ini saya bisa mengurangi badan dengan cara yang tepat yaitu olahraga dan makan dengan teratur.
Berikut tempat-tempat favorit saya ketika saya berada di Daerah ini untuk track jogging:
1. Kampus Unand (Padang)
2. Gelora Senayan (Jakarta)
3. Kampus Unila (Bandar Lampung)
4. Taman Rimba (Jambi)
5. Taman Stadiun Teladan (Medan)
6. Gor Bumi Sriwijaya dan Kantor DPRD Kota Palembang (Palembang)


Ini adalah kendaraan yang saya pakai untuk menuju track jogging, selain hemat (tidak boros dalam penggunaan bensin) tapi juga nyaman untuk di kendarain untuk short destination.

Jogging adalah olahraga murah yang sehat dan tentunya juga sangat saya sukai, biasanya di Medan, saya jogging mulai dari Jam 5 sampai jam 6 sore hari selepas pulang beraktivitas, dari Stadiun Teladan Medan ke rumah sekitar 1,5 km, sehingga ketika pulang saya paling sering jalan kaki, sambil melihat-lihat lalu lintas lalu lalang, dan melihat penjual makanan yang bertebaran di sepanjang jalan pulang, di depan kampus UISU, hehe...

Sambil menghilangkan penat pekerjaan, Jogging juga membuat badan sehat, bisa untuk diet, juga bisa untuk cuci mata.

Semoga bermanfaat, dan bergabung dengan saya untuk jogging bersama.

Tuesday, January 13, 2009

Bed Time Stories

Medan
January 13, 2009

Hari ini hari selasa, sepulang kerja, pukul setengah lima saya langsung ke Sun Plaza Medan, karena ada janji dengan Temen-temen untuk nonton bareng di Bioskop 21 Sun Plaza. Finally kita memutuskan untuk nonton Bed Time Stories yang di bintangi oleh Adam Sandler yang berperan sebagai Skeeter Bronson yang bekerja sebagai teknisi di salah satu Hotel. Ketika bertemu dengan keponakan dan di mintai tugas oleh saudara perempuannya untuk menemani anak-anaknya ketika dia harus mengajar di kelas malam.

Tidak sengaja ketika Skeeter memberikan cerita dongeng kepada keponakannya tersebur, ternyata terjadi di dunia kenyataannya. Cerita ini sangat menghibur, hangat, dan tentunya juga romantis, cocok di tonton oleh semua anggota keluarga, karena lucu, dan fresh.


Sun Plaza medan terletak di Pusat Kota Medan, dimana Mall ini di segmentasikan untuk market menengah keatas, sehingga tampilan interiornya cukup lux, dibandingkan mall lainnya di medan, seperti Plaza Medan, Medan Fair, Thamrin Plaza, Deli Plaza, dan plaza lainnya yang banyak berdiri di kota Medan. Kebetulan saat sore tadi saya berkunjung ke sana, ada diskon besar-besaran dalam rangka menyambut imlek di SUN Plaza, tadi saya sempatkan membeli Sweather, dan Kemeja lengan Pendek, lumayan dapat good stuffs.

Untuk menhilangkan suntuk saya prefer untuk Nonton film, baik di bioskop ataupun nonton DVD di rumah, traveling, sebenarnya saya agak kurang suka untuk jalan-jalan kalau hanya sekedar window shopping di Mall. But terkadang kalau hanya untuk sekedar "cuci mata" its oke lah bareng dengan teman-teman tentunya.

I like my day always.

Monday, January 12, 2009

Bundling Strategi (Handset dan Starterpack) dalam Kompetisi di Dunia Telekomunikasi



Medan
January 12, 2009

Perperangan dalam kompetisi pasar antar operator terus semakin berjalan. Perang Tarif saja tidak cukup dalam kompetisi ini, Operator berlomba-lomba membuat package program yang menarik pelanggan baru atau pun pelanggan operator lain untuk switch ke operator tersebut baik itu yang bermain di GSM dan CDMA technology.

Saat ini saya akan coba melihat strategi bundling yang dilakukan oleh beberapa operator Telekomunikasi di Indonesia, berikut list Bundling package operator yang melakukan strategi bundling di tabel di bawah ini:


Dampak masih tingginya harga jual Ponsel baik itu baru ataupun ponsel second, dan hal ini yang menjadi kendala bagi pengguna khususnya pengguna yang price sensitive dan middle low markets, sehingga dengan adanya affordable headset ini, Operator bisa berfokus untuk mendevelop niche markets di pasar ini. Karena dampak dari tingginya harga handset yang di keluarkan dari vendor-vendor yang bermain di dunia telekomunikasi ini seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, dan sebagainya sangat berdampak tersendiri karena ketika mereka melakukan strategi tarif dengan iklan yang gencar, baik media massa, ataupun dengan billboard di tempat-tempat strategis, namun ketika handsetnya mahal, tentunya berdampak juga ke sell thru ke Operator sendiri.

Dalam market competition ini, Operator terus menerapkan strategi baru untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, seperti Strategi bundling ini yaitu Ponsel di bundling dengan Starterpack perdana dengan harga yang affordable bagi masyarakat, karena dengan strategi ini, pasar akan secara psikologis menanggapi bahwa jika ponselnya murah, apalagi tarifnya.

Jika kita perhatikan pada tabel di atas PT Telekomunikasi Seluler sebagai operator besar di Indonesia turut bermain di Strategi ini, karena dengan mensegmentasikan Kartu AS ke pasar pelajar, dan menengah bawah, Telkomsel bisa terus melakukan market pentration dan market development sampai di pelosok-pelosok daerah, karena dengan price package 199,000 ribu IDR, saya rasa cukup affordable untuk produk ini, dan di tambah dengan starterpack kartu as.

Sehingga serangan yang terus di lakukan oleh Operator-operator lain, Telkomsel bisa tetap menghadapinya dengan berbagai strategi yang terus di develop. Program HP Murah Telkomsel ini di sebut dengan pake PaMer Makin Murah, dengan menjual ponsel Haier Z1600 terbaru seharga 199,000 ribu dan Haier M201 (layar warna) dengan harga 349,000 IDR, dan mendapat perdana kartu AS plus gratis bonus pulsa Telkomsel senilai total 40,000 IDR.

Package yang menarik dari Telkomsel.

Sunday, January 11, 2009

Pemilihan Wakil Rakyat


Medan
January 12, 2008

Beberapa bulan terakhir ini jika kita perhatikan di sekitar kita, khususnya di tempat-tempat strategis dimana banyak bersebaran calon-calon anggota legislatif kita, dengan berbagai atribut pemilu seperti pembagian kalendar gratis, penempelan pamplet ke daerah daerah yang di anggap potensial untuk merebut suara, hingga kampanye massal untuk mendapatkan simpatisan dari masyarakat dengan memberikan janji-janji ke masyarakat.

Sejak adanya perubahan pemilihan anggota legislatif langsung ini, sekarang calon anggota legislatif, harus mengkampanyekan diri mereka sendiri, seperti layaknya pemilihan Kepala Daerah langsung, beda dengan sistem pemilihan dulu dimana masyarakat hanya memilih partai politik yang menaunginya, dimana sesuai nomor urut, ketika suara partai politik itu banyak, semakin banyak pula calon dari partai tersebut yang masuk menjadi anggota legislatif.

Menjadi orang yang diamanahkan untuk duduk disana sebenarnya bukan hanya modal ketenaran, uang banyak, ataupun simpatisan yang banyak, namun hal yang di pokok adalah ketika menjadi wakil rakyat, kita telah di pilih oleh rakyat untuk menyanpaikan aspirasi rakyat, adanya perubahan ke arah yang lebih baik, bukannya ketika telah duduk di kursi "enak", mereka lupa akan tugas sebenarnya, malah tidur pada saat sidang dan rapat Dewan, Studi Banding yang tidak jelas, dan korupsi.

Semoga kita mengaharapkan adanya perubahan yang lebih baik lagi dengan adanya pemilihan langsung wakil rakyat ini, sehingga masyarakat tidak salah pilih dalam memilih wakil rakyatnya yang akan duduk di kursi Dewan Perwakilan Daerah, DPRD, dan DPR. Semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi, dengan adanya 33 partai politik ini, Indonesia menunjukan bahwa sebagai bangsa yang Demokratis, dengan banyaknya pilihan bagi rakyat untuk bersatu padu dalam membangun bangsa yang kita cintai ini.

Saturday, January 10, 2009

Krisis Timur Tengah




Medan,
January 12, 2009

Tulisan ini saya buat karena mirisnya kita terhadap kebiadapan Bangsa Israel yang menghancurkan kehidupan Bangsa Palestina dengan mengirimkan bom-bom tercanggih yang mereka miliki melalui udara ataupun darat.

Di Televisi dan surat kabar kita baca, telah melebihi 800 jiwa melayang dari pihak Palastina, yang sebagian besar adalah anak-anak dan Perempuan. Perkembangan peradaban dunia yang semakin mengakui Hak Asasi Manusia, Demokrasi, kebebasan berpendapat, kebebasan dari penjajahan, ternyata masih ada saja sampai detik ini, Negara yang menkanibalisasi negara lainnya.

Krisis yang tiada hentinya di Timur Tengah antara Bangsa Israil yang menjajah Bangsa Palestina merupakan salah satu bentuk kebiadaban umat manusia pada jaman kemerdekaan ini. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condolleza Rice stated bahwa Israel terus memerangi Palestina di Jalur Gaza karena HAMAS tidak mengehentikan serangan ke Israel.

Luar biasa, walaupun dari Pihak PBB dan semua bangsa di dunia yang mengecam tindakan Israel di Palestina, Israel tidak juga melakukan gencatan, tetapi terus mengirimkan missil ke tempat-tempat publik dimana banyak masyarakat yang tidak bersalah menjadi korban.

Sebenarnya apa yang ingin di ambil Israel dari perang ini, apakah kemenangan, kebanggaan, atau kebiadaban. Wallahualam, Semoga saudara-saudara kita di Palestina bisa kuat menghadapi ini semua, dan Palestina bisa menjadi bangsa yang merdeka seperti bangsa-bangsa lain di dunia.
Amin.

Tulisan ini saya buat karena saya sangat tersentuh sekali hati saya dengan perperangan ini, no political wants, tetapi sebagai bentuk dari kemanusiaan kita terhadap orang yang patut kita tolong untuk kemerdekaannya dari bentuk penjajahan.

Thursday, January 8, 2009

Pengaruh BTS terhadap Kesehatan Manusia





Medan
January 8, 2009

Beberapa waktu yang lalu Temen saya bertanya kepada saya, apakah ada pengaruh Tower telekomunikasi (BTS) terhadap kesehatan masyarakat yang ada di bawah atau di sekitar BTS itu berada?, hal ini di karenakan tetangga beliau, atap rukonya akan di bangun BTS, namun warga disana menolak karena mereka berpikiran bahwa BTS itu berdampak buruk ke kesehatan manusia seperti halnya SUTET tegangan tinggi.

Dari literature yang saya baca, dan sering kali discuss dengan teman-teman yang pekerjaannya bersentuhan dengan BTS ini seperti devisi NO dan orang-orang SITAC (Site Acquisition) kalau BTS itu radiasinya sangat kecil sekali mempengaruhi kesehatan tubuh manusia, dan radiasi yang ada masih jauh di bawah ambang normal, jadi sebenarnya ketika dari pihak SITAC dan vendor bisa menjelaskan ke Penduduk dimana BTS itu akan di bangun bahwa pengaruhnya tidak ada ke tubuh manusia dan kesehatan.

Kita tidak dapat menyalahkan masyarakat yang salah kaprah dalam menyikapi tower telekomunikasi, karena memang mereka tidak mengetahui dan tidak mendapatkan informasi yang benar tentang apa dan bagaimana tower serta akibat yang dapat ditimbulkan oleh tower tersebut.

Tower telekomunikasi baik untuk pemancar Gelombang Micro Digital ( GMD ) maupun untuk BTS ( Base Transceiver System) pemancar HP, Untuk GMD biasanya memancarkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 4 sampai 7 Ghz , dimana antara antenna pemancar dengan antenna penerima berjarak sekitar maksimum 60 Km dan harus LOS ( Line Of Side ) tidak ada obstackle ( penghalang ) yang menghalangi antara keduanya., biasanya dengan ketinggian diatas 40 meter dari permukaan tanah. 


Gelombang yang dipancarkan adalah gelombang ruang, merambat lurus diudara.
Sementara untuk BTS adalah memancarkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi rendah berkisar antara 900 s/d 1800 Mhz., yang dipancarkan oleh antenna sektoral yang nantinya akan ditangkap oleh antenna HP pada masing-masing pelanggan HP.Secara teknologi gelombang radio dapat dinyatakan aman untuk kesehatan manusia dan peralatan listrik di rumah tangga. Sudah lama sekali gelombang radio dipergunakan manusia untuk komunikasi mulai dari Abraham Bell menemukan Telegraph, sampai kepada teknologi cellular saat ini, yang dapat memudahkan manusia untuk berkomunikasi satu dengan lainnya.

Tower Telekomunikasi dapat dibedakan dari bentuk dan konstruksinya, mulai dari yang sederhana berbentuk segi tiga, yang ditopang dengan tali agar tidak meliuk-liuk terkena hembusan angin, ini jenisnya adalah Tower Gaymas, yang mempunyai temberang sebagai suportingnya, keamanan dari tower ini paling bawah secara konstruksi, kalau bebannya berat maka dikhawatirkan patah dan menimpa sekitarnya.Jenis yang kedua adalah SST ( Self Suporting Tower ), dimana tower ini mempunyai konstruksi baja mempunyai kaki empat buah dengan fondasi tertanam kebawah tanah dengan kedalaman tertentu, besi rangka tower ini dilapisi dengan galvanis yang tahan samapai puluhan tahun tidak berkarat, lagi pula tower ini pemeliharaannya dengan mencat dengan cat khusus, anti karat, sehingga kemungkinan tower ini roboh sangat kecil, tinggi tower berfariasi tergantung kontur bumi, kalau kontur bumi datar maka diperlukan tower yang lebih tinggi, sementara kalau didaerah perbukitan, tower dibangun diatas puncak bukit dengan ketinggian yang relative rendah.
Tower Telekomunikasi berbeda dengan tower Listrik , yang ditopangnya adalah kabel yang dialiri oleh Saluran Umum Tegangan Extra Tinggi ( SUTET ), dimana arus listrik yang dilewatkannya adalah diatas 20.000 KV, sehingga menimbulkan radiasi listrik yang cukup besar.

Sementara tower Telekomunikasi yang ditopangnya adalah antenna yang memancarkan gelombang elektromagnetik atau kita sebut dengan gelombang radio, yang radiasinya berkisar berordo watt, sehingga belum sampai ketanah sudah hilang radiasinya itu.jadi boleh dikatakan aman untuk kesehatan manusia dan peralatan elektrik umah tangga.Sinyal BTS, tidak akan mengganggu frekuensi radio dan TV karena peralatan BTS bekerja pada gelombang 900 mhz dan 1.800 mhz. Sementara radio dan TV bekerja pada 100-600 mhz. Kekuatan tower pun tidak perlu diragukan, karena telah dirancang mampu menahan angin berkecepatan hingga 120 km/jam dan pondasi yang sangat kokoh di mana setiap cm2 mampu menahan beban hingga 225 kg.



"Berdasar penelitian WHO dan Fakultas Teknik UGM, BTS tidak terdapat radiasi yang membahayakan kesehatan manusia.level batas radiasi yang diperbolehkan menurut standar yang dikeluarkan WHO masing-masing 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk 1.800 MHz. Sementara itu, standar yang dikeluarkan IEEE C95.1-1991 malah lebih tinggi lagi, yakni 6 watt/m2 untuk frekuensi 900 MHz dan 12 watt/m2 untuk perangkat berfrekuensi 1.800 MHz.“Umumnya, radiasi yang dihasilkan perangkat-perangkat yang digunakan operator seluler tidak saja di Indonesia, tapi juga seluruh dunia, masih jauh di bawah ambang batas standar sehingga relatif aman..Sejauh ini protes dan kekhawatir masyarakat terhadap dampak radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat telekomunikasi seluler lebih banyak datang dari mereka yang tinggal di sekitar tower BTS (base transceiver station).

Sejauh ini belum ada satu pun keluhan atau kekhawatiran akan dampak radiasi itu yang datang dari para pengguna telefon seluler. Padahal, jika dihitung-hitung, besarnya daya radiasi yang dihasilkan pesawat telepon seluler jauh lebih besar daripada radiasi tower BTS. Memang betul, daya dari frekuensi pesawat handphone sangat kecil, tapi karena jaraknya demikian dekat dengan tubuh kita, dampaknya juga lebih besar..Pernyataan tersebut didasarkan atas hasil perhitungan menggunakan rumus yang berlaku dalam menghitung besaran radiasi. Misalnya saja, pada tower BTS dengan frekuensi 1800 MHz daya yang digunakan rata-rata 20 watt dan pada frekuensi 900 MHz 40 watt, sedangkan pesawat handphone dengan frekuensi 1.800 MHz menggunakan daya sebesar 1 watt dan yang 900 MHz dayanya 2 watt.

Berdasarkan hasil perhitungan, pada jarak 1 meter (jalur pita pancar utama), tower BTS dengan frekuensi 1.800 MHz mengasilkan total daya radiasi sebesar 9,5 w/m2 dan pada jarak 12 meter akan menghasilkan total radiasi sebesar 0,55 w/m2. Untuk kasus tower yang memiliki tinggi 52 meter, berdasarkan hasil perhitungan, akan menghasilkan total radiasi sebesar 0,029 w/m2. “Jadi, kalau melihat hasil perhitungan demikian, sebenarnya angkanya sangat kecil sehingga orang yang tinggal di sekitar tower BTS cukup aman. Lagipula kalau tidak aman, bisnis sektor telekomunikasi pasti akan ditinggalkan konsumen.


Pada Tower juga dilengkapi dengan grounding atau system pentanahan, yang gunanya adalah penangkap petir, dimana kalau terjadi petir maka yang duluan disambar adalah kutub negative yang terdekat dengan awan atau ion positive , dimana pada puncak tower dipasang finial dari tembaga dan dialirkan ketanah dengan kabel BCC, sehingga aliran petir cepat mencapai tanah dan mengamankan daerah sekitarnya dari sambaran petir, karena sifat dari arus listrik adalah mencari jalan tependek mencapai tanah, dan hilang di netralisir oleh bumi.

Sehingga anggapan orang selama ini yang berpikir bahwa BTS atau Tower itu bermasalah bagi Kesehatan dan tubuh manusia sebenarnya perlu di luruskan, sehingga dengan adanya pembangunan BTS ini, komunikasi semakin lancar, dan tentunya masyarakat untung, Operator pun untung.

(Diolah dari berbagai sumber)

Wednesday, January 7, 2009

Paket SMS Makin Murah, Makin Banyak .SMS-an Pake Kartu As Hanya Rp.6,5/SMS


Medan

January 8, 2009

Tulisan ini saya kutip dari tulisan mas hadi di (http://hadicorcomm.wordpress.com) salah satu seorang karyawan di Telkomsel Regional Pelambang.
Dalam program terbarunya, Telkomsel mengeluarkan program yang sangat menarik bagi Pelanggan Kartu Asnya, dengan biaya sms yang sangat murah, sehingga saya rasa existing customer dan new customer akan tertarik akan selalu menggunakan Kartu AS yang affordable, kualitas terbaik, dan pelayanan yang baik yang di deliver oleh Telkomsel ke Pelanggannya.


Mengawali tahun baru Telkomsel memberikan kado spesial bagi pelanggan Kartu As dengan meluncurkan Paket SMS Murah yang makin hemat, hanya dengan Rp 2.000 pelanggan akan mendapatkan 300 SMS atau sekitar Rp 6,5/SMS ke seluruh 65 juta pelanggan Telkomsel atau lebih dari 50% pengguna selular di Indonesia.

Paket SMS Murah memberikan pilihan bagi para pelanggan yang hobi ber-SMS untuk dapat SMS-an dengan sangat murah sesuai kebutuhan, cukup akses *899# untuk membeli paket 300 SMS mulai pukul 00:00 – 17:00. Setelah sukses pelanggan akan dikenakan biaya Rp. 2.000 dan dapat langsung ber-SMS ke sesama nomer Telkomsel (kartuHALO, simPATI dan Kartu As) hingga pukul 19:00 hari yang sama dan tidak dapat diakumulasikan atau digunakan dihari berikutnya.

Seluruh paket SMS tersebut bersifat prioritas atau digunakan terlebih dahulu daripada Bonus SMS Promo lain maupun Bonus Telkomsel. Promo Paket SMS Mania ini berlaku hingga 31 Januari 2009. VP Marketing and CRM Telkomsel Ahmad Yunus mengatakan, ”Program ini merupakan kado spesial bagi pelanggan Kartu As, dimana kami melihat pola perilaku komunikasi pelanggannya yang gemar ber-SMS, yang umumnya saling ber-SMS ke sesama Telkomsel yang nomernya relatif sama. Paket SMS Murah terbaru ini kami hadirkan dengan tarif SMS yang makin murah bahkan dari sebelumnya, yakni sekitar Rp. 6,5/SMS.”

“Selain makin murah, pelanggan juga mendapatkan SMS yang makin banyak yakni 300 SMS. Promo ini bahkan dilengkapi dengan fasilitas baru yakni GIFT SMS, dimana pelanggan dapat memberikan paket SMS kepada sesama pengguna kartu As lainnya, dengan cukup mengakses *899# dan memillih menu GIFT,” ungkap Yunus.

“Kami berharap program ini dapat memberikan penghematan yang signifikan dalam anggaran komunikasi pelanggan, serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, terlebih diawal tahun baru ini kebutuhan komunikasi meningkat untuk berbagi keriaan tahun baru, koordinasi maupun berbagi kabar dengan teman dan sahabat,” tambah Yunus.

Paket SMS Murah Kartu As ini melengkapi berbagai kemurahan yang telah diberikan Kartu As, seperti: bebas PPN 10 persen, nelpon murah ke semua operator ke seluruh Indonesia dengan tarif flat 24 jam penuh.

Sebagai kartu prabayar pertama di Indonesia yang memperkenalkan skema tarif perdetik dan flat, Kartu As dilengkapi dengan pilihan pulsa yang sangat terjangkau mulai Rp 5.000, Rp 10.000, hingga Rp 100.000. Telkomsel juga menanggung PPN 10% dari setiap isi pulsa, bahkan pembelian voucher fisik senilai Rp 25.000 akan mendapatkan pulsa senilai Rp 27.500 dan voucher fisik Rp 50.000 akan mendapatkan pulsa Rp 55.000.

Pelanggan Kartu As juga berkesempatan menikmati komunikasi murah lewat layanan Kartu As Chatbox, yakni chatting sepuasnya hanya dengan paket Rp 9.900/bulan dan bahkan sudah termasuk biaya akses datanya (GPRS/3G/HSDPA).

“Bagi kami tarif hemat wajib didukung dengan kemanfaatan produk yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan. Tarif yang semakin hemat ini akan semakin terasa karena pelanggan dapat menggunakan Kartu As-nya kapan pun dan di mana pun dilayani oleh jaringan terluas Telkomsel yang menjangkau hingga daerah terpencil dan bahari sekalipun. Pelanggan dilayani High Performance Network Telkomsel yang didukung oleh lebih dari 25.000 BTS termasuk sekitar 4.500 node B yang melayani lebih dari 95 persen populasi di Indonesia,” papar Yunus.

“Keunggulan kompetitif dari Kartu As di samping inovasi layanannya adalah jaringan terluas hingga pelosok dan ragam teknologi canggih yang memungkinkan pengimplementasian berbagi inovasi fitur layanan sesuai kebutuhan pelanggan, di mana Telkomsel merupakan satu-satunya operator yang dilengkapi dengan ragam teknologi berbasis GSM terlengkap mulai GPRS (General Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution), hingga teknologi 3G/WCDMA/HSDPA,” pungkas Yunus.

Berbagai fasilitas Kartu As lainnya, antara lain: Mobile Wallet T-Cash, Wireless Broadband Flash, Layanan 3G, Mobile Banking, Push e-Mail, Transfer Pulsa, International Roaming, Blackberry, Nada Sambung Pribadi, Telkomsel Call Me 808 (komunikasi tetap terjalin walau kehabisan pulsa), serta Telkomsel Pelindung Dataku sebagai back-up data penting pelanggan.


Dengan fitur-fitur dan tarif yang murah ini, Telkomsel akan tetap menjadi best telco industry in Indonesia, karena selalu melakukan inovasi-inovasi dalam memanjakan pelanggannya.


Tuesday, January 6, 2009

Axis-GSM yang "baik" (PT. Natrindo Telepon Seluler)


Medan
January 7, 2008

Natrindo Telepon Seluler (NTS) yang dikenal dengan AXIS merupakan new entry player di Indonesia yang cukup agressive meramaikan bisnis Telekomunikasi di Indonesia.

Sebagai Pemain di GSM dan 3G di Indonesia, Axis mulai beroperasi di Jawa dan Sumatera, dimana NTS ini di dukung oleh Operator termuka di Asia yaitu Saudi Telecom Company dan Maxis Communication Berhard.

Pada waktu pertama kali launch produk ini, ada beberapa isu yang tersebar luas di Masyarakat tentang SMS merah dari nomor axis ini yeng mengatakan sinar merah yang tidak masuk akal, yang sebenarnya hoax ini di buat untuk membuat orang antipati terhadap operator ini.

Namun perlahan-lahan orang baru sadar bahwa isu itu adalah hoax yang hanya pengen menghancurkan operator baru ini. Karena sewaktu saya mengikuti HP FGDP (Fresh Graduate Development Program) selama 6 bulan di Jakarta, ruangan Project NTS di sebelah ruangan kita sehingga kita tahu banget, klo IT Developement NTS itu di dukung oleh HP, dan ketika mereka launch Axis, muncul hoax ini, sehingga saya sering memberi penjelasan di Milist klo hoax ini tidak benar dan tidak masuk akal.

Saat ini mereka terus mengembangkan pasar Jawa dan Sumatra, dimana untuk melakukan penetrasi market ini, mereka memberikan tarif yang murah sekali, dengan secara aggressive meningkatkan volume above the line strategy dengan iklan di media televisi, dengan tagline Axis-GSM yang baik. Klo kita perhatikan iklan terbarunya saat ini di Televisi si Tiara (anak kecil yang membantu orang lain di sekitarnya, dan tends to show ke user klo GSM Axis itu sama dengan Tiara yaitu GSM yang baik).

Program terbaru mereka adalah nelpon hanya satu rupiah seharian ke sesama nomor axis pada hari sabtu dan minggu (weekend), dan tentunya bagi user yang price sensitive akan switch ke Operator ini.

Hampir semua new entry player bermain di tarif ini, karena dengan tarif strategi ini, mereka bisa melakukan market akuisisi dari customer existing player (the big three), sehingga bisa switch ke operator ini.

Strategi Telkomsel untuk mengcombat persaingan ini adalah dengan strategi saat ini terus di lakukan, dan tentunya pelayanan kualitas yang baik, pemain besar tidak perlu bermain di tarif, namun service, jalur distribusi yang baik baik untuk isi ulang, dan perdana (Starterpack) dan tentunya Branding dan program-program yang touch directly ke customer misalnya Student Program Competition yang di sponsori Telkomsel di Sekolah-sekolah dan kampus-kampus, tentunya strategy below the line dan above the line yang efektif akan maintaining the sustainability markets, dan peningkatan di market share.

HCPT (Three) Penetration Strategy VS Networks Infrastructure

Medan
January 6, 2009

Sebagai New Entry di Telco Industry di Indonesia, Three (HCPT) melakukan dobrakan pasar dengan strategy tarif dan memberikan tambahan pulsa ketika pelanggannya melakukan isi ulang,
seperti yang sering kita lihat di iklan-iklannya di Media Televisi saat ini.

Three adalah merek dagang dari Hutchison yang di gunakan di sembilan jaringan telekomunikasi seluler di Eropa, Asia dan Australia, yaitu di Australia, Austria, Britania Raya, Denmark, Hongkong, Indonesia, Irlandia, dan Swedia.

Sedangkan Three Indonesia Hutchison menggaet Charoen Pokphand sehingga menjadi
PT. Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT) dengan presentase saham 60% dimiliki oleh Hutchison dan sisanya di miliki oleh Charoen Pokphand.

Di launched pada tanggal 23 Maret 2007, dengan agressive marketing dalam waktu 2 tahun ini, Three telah menjangkau kota-kota besar di Indonesia dengan strategi tarif nya yang murah bahkan gratis sms ke semua operator, dan program terbaru yang sering kita lihat di media Televisi.

Dengan tarif murah ini, banyak customer mulai switch menggunakan operator ini, namun pertanyaannya adalah, apakah dengan biaya murah berbanding lurus dengan kualitas networks infrastructure??

Tentunya kita bisa menjawab sendiri, bahwa strategi penetrasi pasar dengan menggunakan strategi tarif adalah untuk mendapatkan subscriber, sehingga seterusnya dengan program yang menarik user akan terus menggunakan Operator ini, dan tentunya dengan peningkatan jumlah user, mereka terus bisa develop network infrastructure mereka.

BTS Sharing adalah salah satu cara bagi new entry di telco industry untuk melakukan efisiensi dengan melakukan network infrastructure development. Kendala utama bagi mereka adalah development dalam hal infrastructure sehingga mereka masih susah untuk mengalahkan the Big Three (Tsel, Isat, XL), sehingga kedepannya sebagai Market Leader, Telkomsel melakukan defresiasi dalam hal strategi market development mereka.

Dengan hampir 60 Juta Pelanggannya Telkomsel akan terus tumbuh ketika terus melakukan inovasi di jaringan, di branding, program ke user, dan services sehingga existing user tidak akan switch ke Operator lain.

Monday, January 5, 2009

Medical Check Up di Pramita Lab Medan untuk rekrutment karyawan permanent PT Telekomunikasi Seluler

Medan,
January 6, 2008

Alhamdulillah, hari ini adalah tes terakhir PT Telekomunikasi Seluler untuk Regional Palembang
dan dari dari awal tes sampai akhir tes ini, alhamdulillah saya bisa lulus dengan baik, dan hanya saya sendiri yang lulus dari 5 tes yang saya lalui.

Pagi ini jam setengah 7 pagi saya sudah sampai di Laboraturium Pramita di Jalan Diponegoro Medan, dan tes pertama kali adalah tes darah, tp saya minta dengan perawat disana untuk tes darah menjadi terakhir,hehehe
jadi berikut tes yang saya jalani untuk medical check up ini:
1. Tes Darah
2. X Ray (Rontgen)
3. ECG (Jantung)
4. Urine
5. Tes Fisik oleh dokter
6. Tes Darah yang kedua.

Fiuh, yang paling saya takuti adalah jarum suntik, tp td saya bisa mengatasi takut saya
ternyata di suntik ga sakit, cuma ketakutan aja yang membuat suntikan itu kayak golok.hehe

Alhamdulillah selama ini saya rajin olahraga teratur, setiap hari saya jogging, sehingga stamina saya terjaga.

Wish me luck for next career.

Customer Value Proposition (case study PT Telekomunikasi Seluler)

Medan
January 5, 2008

Dalam postingan kali ini saya melihat dari sisi customer behavior, karena selama ini banyak yang melihat objek penelitian adalah company dan industrinya. Saat ini saya mencoba untuk sedikit mempelajari pola behavior dari customer, sehingga untuk mempelajari ini, mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen, khususnya kosentrasi Manajemen Pemasaran, dimana Customer Behavior ini menjadi mata kuliah yang sangat penting, karena dengan mempelajari ini, kita bisa mengetahui pola-pola buying behavior dari customer, dan aspek-aspek yang mempengaruhinya.

Customer adalah user atau orang yang menggunakan produk atau jasa kita, misalnya incase Telkomsel, customernya adalah pelanggan kartu SimPATI, kartu AS, Kartu HALO.
Kita melihat bahwa dengan memperhatikan nilai-nilai dan pola prilaku customer kita bisa memposisikan market kita bagaimana di pasarnya, kita bisa menetapkan kebijakan strategi di pasar, dan bisa mendriven pasar.

Kita ambil contoh analisis adalah pasar pelajar dan mahasiswa, incase kita perhatikan bahwa pelajar dan mahasiswa adalah pasar yang cukup besar, dan mereka sangat price sensitive, mereka prefer ke operator yang memberikan layanan sms murah, dan telpon murah, sehingga dalam hal ini Telkomsel melihat dari pola prilaku pasar ini, dan mereka mencreate produk yang cocok dengan pasar pelajar dan mahasiswa, yaitu Kartu AS, dengan saat ini melakukan proposition Forever Kartu AS, Telkomsel memposisikan Kartu As, sebagai kartu yang asyik, affordable, flexible, trendy, lengkap dan kaya akan fitur, dan tentunya mempunyai kualitas yang baik dalam hal networks coverage yang di dukung oleh 27000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mempertahankan customer loyalnya, Telkomsel harus terus selalu memberikan pelayanan yang terbaik ke customernya, dan tentunya pelayanan di jaringan yang ada saat ini, sehingga walau operator laen menawarkan tarif yang menggiurkan, pelanggan loyal tidak akan switch ke operator laen.

Dengan memilik lebih dari 50 juta pelanggan di Indonesia, Telkomsel memilik market yang sangat besar, namun juga competitor mulai melakukan market grabbing dari pelanggan Telkomsel, sehingga apa yang di lakukan saat ini, dengan srategi SOMO yang efektif, yaitu Sight, Media, dan Motion sangat membantu dalam melakukan branding Telkomsel ke seluruh user, dan user baru.

Incase Telkomsel mempunyai kekuatan dalam hal funding di Marketing communication nya, karena mereka sampai di daerah pun, bilboard yang berada pada tempat strategis, pasti telah di kuasai oleh mereka, sehingga ketika kita jalan keluar kota, pasti kita lihat Billboard atau sign board Telkomsel berada di mana-mana, dan inilah yang menjadi kekuatan Telkomsel selain kekutaan di Jaringan yang tidak bisa di tandingin oleh Operator laen di Indonesia.

Ketika pelanggan loyal, maka akan susah bagi operator lain untuk mempengaruhi mereka untuk pindah menggunakan kartu seluler lain. Telkomsel selalu memberikan yang terbaik, baik dari pelayanan, Jaringan, fitur-fitur yang lengkap, dan tarif yang cukup competitive.

Saturday, January 3, 2009

Peranan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia

Medan
January 4, 2008

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) adalah sebuah lembaga yang mengatur pertelekomunikasian di Indonesia. Dengan adanya badan ini, sangat mengatur persaingan dan sebagai regulator telekomunikasi Indonesia dimana ada 11 operator yang bermain di industri ini.

Berikut ini tugas dan wewenang BRTI di Indonesia:

Fungsi dan Wewenang

Sesuai KM. 31/2003

A. Pengaturan, meliputi penyusunan dan penetapan ketentuan penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, yaitu :

  1. Perizinan penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi;
  2. Standar kinerja operasi;
  3. Standar kualitas layanan;
  4. Biaya interkoneksi;
  5. Standar alat dan perangkat telekomunikasi.

B. Pengawasan terhadap penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, yaitu :

  1. Kinerja operasi;
  2. Persaingan usaha;
  3. Penggunaan alat dan perangkat telekomunikasi.

C. Pengendalian terhadap penyelenggaraan jaringan telekomunikasi dan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, yaitu :

  1. Penyelesaian perselisihan antar penyelenggara jaringan telekomunikasi dan penyelenggara jasa telekomunikasi;
  2. Penggunaan alat dan perangkat telekomunikasi;
  3. Penerapan standar kualitas layanan.

Sesuai KM. 67/2003

Fungsi Pengaturan

  • Menyusun dan menetapkan ketentuan tentang perizinan jaringan dan jasa telekomunikasi yang dikompetisikan sesuai Kebijakan Menteri Perhubungan.
  • Menyusun dan menetapkan ketentuan tentang standar kinerja operasi penggunaan jaringan dan jasa telekomunikasi.
  • Menyusun dan menetapkan ketentuan tentang biaya interkoneksi.
  • Menyusun dan menetapkan ketentuan tentang standardisasi alat dan perangkat telekomunikasi.

Fungsi Pengawasan

  • Mengawasi kinerja operasi penyelenggaraan jasa dan jaringan telekomunikasi yang dikompetisikan.
  • Mengawasi persaingan usaha penyelenggaraan jasa dan jaringan telekomunikasi yang dikompetisikan.
  • Mengawasi penggunaan alat dan perangkat penyelenggaraan jasa dan jaringan telekomunikasi yang dikompetisikan.

Fungsi Pengendalian

  • Memfasilitasi penyelesaian perselisihan.
  • Memantau penerapan standar kualitas layanan.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Regulasi_Telekomunikasi_Indonesia)

Dengan adanya BRTI ini ada badan regulator yang mengawasi persaingan pertelekomunikasian di Indonesia, sehingga persaingan lebih competitive dan tentunya juga perkembangan kedepannya telekomunikasi di Indonesia lebih baik lagi.

End of Long Vocation

Medan
January 3, 2008

Malam ini jam 19.00 wib saya sampai di Kota Medan dengan menumpang Bus PT RAPI Executive Class dari Jambi Ke Medan, dengan menempuh perjalanan sekitar 27 jam dengan darat, perjalanan cukup panjang ini di Mulai dari Kota Jambi, terus melalui Pekan Baru, Kisaran, dan akhirnya sampai juga di Medan, dengan berhenti di Rumah makan 3 kali.

Liburan Panjang ini dimulai adri tanggal 25 Desember lalu sampai tanggal 4 Januari ini merupakan liburan yang cukup panjang yang di berikan HP untuk libur tahun baru kepada semua karyawan HP Indonesia.

Liburan panjang ini saya pergunakan untuk rest of my time di rumah orang tua saya di Kota Jambi, lumayan untuk menghabiskan waktu untuk bertemu dengan Bapak, Ibu, dan kedua adik saya, dan juga teman-teman kuliah yang lagi liburan di Jambi.

Sebenarnya hal yang paling kita nikmatin ketika liburan tiba adalah saat-saat dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga kita yang kita cintai, karena sebenarnya kegembiraan saat berkumpul dengan orang yang di sayangi melebihi liburan yang kemanapun.

Refresh in up for your back to your daily activities.

Thursday, January 1, 2009

Proses Rekrutment Pegawai Tetap PT Telekomunikasi Seluler

Jambi
January 1, 2008

Banyak orang yang menginginkan menjadi pegawai tetap PT Telekomunikasi Seluler (Tsel), karena sebagai pemimpin pasar di Industri Telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel juga memberikan remumerasi yang baik untuk permanent employee, Tsel memberikan sampai 28 kali gaji setahun.

Berikut tulisan mas anjar yang membahas bagaimana masuk ke Tsel, dan antusia banyak orang yang ingin menjadi bagian dari company ini (http://priandoyo.wordpress.com/2007/03/14/lowongan-telkomsel-lewat-experd/)

Berikut beberapa fase tes yang harus di lalui oleh seorang calon kandidat untuk menjadi pegawai Telkomsel:
1. Psikotes dan Interview dengan Experd
2. Interview dengan HRD
3. Interview dengan User (GM dan Users)
4. Medical Check Up

Proses untuk melalui tes ini dari 3 sampai 6 bulan.
Telkomsel tentunya mencari high qualified person untuk menjadi pegawainya sehingga dalam proses perekrutannya menggunakan proses gugur, sehinnga ketika telah masuk untuk fase interview dengan User (GM), kita harus bisa "show off" performance dan skills yang kita miliki.

Untuk Entry level (fresh graduate) beberapa jalur yang kita masuki adalah:
1. Network Operation
2. Commerce
3. Finance
4. Information and Technology.

Untuk range salary entry level Telkomsel memberikan range salary 4-6 juta, sedangkan yang berpengalaman min 2 tahun, telah saya tulis, di tulisan sebelumnya.
Dalam hal renumerasi untuk saat ini, Telco dan oil and gas industry masih menjadi posisi teratas dalam memberikan renumeration package kepada karyawannya.

Include Telkomsel, memberikan renumerasi yang melebihi rata-rata industri misalnya dengan memberikan 28 kali gaji dalam setahun kepada karyawannya. Karyawan Telkomsel di Indonesia kira-kira 7000 orang.

Untuk apply posisi permanent employee di Tsel bisa masuk melalui pusat di Wisma Mulia, atau dari kantor regional daerah misalnya dari kantor regional Sumbagsel Palembang (veteran, dan Demang Lebar Daun).

Cheers it up

Pasar Seluler Indonesia Secara Georafis

Jambi
January 1, 2009


Data ini saya dapatkan dari Majalah Swa edisi 27/XXIV/18 Desember 08-7 January 2009. Dimana memaparkan tentang pasar seluler yang ada di Indonesia. Dengan 11 pemain di dunia telekomunikasi seluler di Indonesia, tentunya membuat persaingan bisnis sangat ketat, yang memungkin kan terjadinya persaingan yang tidak sehat antar operator.

Pemain besar dunia telekomunikasi seluler di Indonesia yaitu the big three (Tsel, Isat, XL), masih belum bisa di kalahkan oleh new entry operator seperti BT, Sampoerna Telecom, Three (HCPT), NTS, Mobile-8, Smart, yang tentunya memperebutkan pasar seluler ini.

Seperti data yang bisa kita lihat, bahwa 67% pangsa pasar terbesar seluler di Indonesia adalah masih di Pulau Jawa dan Bali, kemudian 20% di Sumatra, Kalimantan sebanyak 7%, dan Sulawesi sebanyak 6%.

Sebenarnya tingginya tingkat kepadatan penduduk di Pulau jawa-bali lah yang menyebabkan pengembangan infrastruktur masih banyak di kembangkan di pulau ini. Sehingga para operator masih banyak berfokus pada pengembangan pasar di pulau ini, sedangkan pulau lain yang mempunyai potensi pasar yang sangat besar yang perlu di kembangkan.