Tuesday, July 31, 2012

Bisnis CDMA yang tidak lagi Mengairahkan


Hampir dua dasawarsa ini Industri Telekomunikasi baik di Teknologi Fixline PSTN, CDMA ataupun GSM Seluler sangat menjanjikan bagi Telco Operator, sehingga di Indonesia sampai saat ini lebih dari 10 Operator yang beroperasi yang menikmati manisnya kue di Industri ini. Industri ini berkembang sangat pesat dikarenakan:

   1.Kodrat dasar manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan sarana untuk berkomunikasi ke-sesama sehingga meleverage Industri ini menjadi primadona bisnis baru selain bisnis consumer goods.

   2. Perangkat Telekomunikasi yang semakin terjangkau oleh semua lapisan masyarakat membuat ini tumbuh sangat tinggi di antara industri lain, sehingga dari 5 tahun terakhir terlihat bahwa dari kalangan bawah pun dengan sangat mudah memiliki HP.

   3. Tarif Telekomunikasi yang Murah, tarif merupakan salah satu hal yang juga mendongkrak masyarakat berbondong-bondong untuk menikmati komunikasi murah. Mungkin dahulu bisa dikatakan yang memiliki HP adalah orang-orang the have, namun tidak lagi untuk saat ini, dengan peta persaingan yang sangat ketat, Tarif semakin murah, malah untuk Indonesia tarif Telekomunikasi kita merupakan salah satu tarif termurah di Asia. Sehingga semua lapisan masyarakat bisa menikmati fitur dasar Telekomunikasi yaitu Voice dan SMS yang masih menjadi primadona hingga saat ini.

  4. Banyak Pilihan Operator baik operator CDMA maupun yang berbasis GSM, hal ini membuat persaingan semakin ketat, sehingga operator telekomunikasi berlomba-lomba untuk menawarkan tarif termurah, sehingga pelanggan lebih dimanjakan untuk memilih operator terbaik untuk mendukung sarana komunikasinya.

  5. Coverage Jaringan yang semakin luas. Hampir 95% wilayah Indonesia sudah terconnected dengan jaringan Telekomunikasi baik itu CDMA, Fix line ataupun teknologi GSM Seluler yang bisa menembus pedalaman Indonesia, topologi geografis kepulauan Indonesia, sehingga tidak ada lagi kesenjangan komunikasi baik masyarakat yang dikota maupun di pelosok pedesaan, semua masyarakat saat ini bisa ber Halo-Halo  melalui telpon genggamnya dengan mudah.

  6. POS (Point of Sales) dari produk baik itu perdana, Voucher yang sangat mudah ditemui di counter-counter HP, yang mungkin sangat berbeda pada satu dasawarsa lalu, dimana Telkom yang merajai Telpon Tetap, untuk berlangganan Telpon Rumah bisa antri, karena infrastrukturnya masih belum sehebat saat ini, dengan kemudahan teknologi Radio, yang bisa menjangkau masyarakat sampai pelosok-pelosok. Selain itu untuk isi ulang juga sangat mudah dilakukan misalnya menggunakan hampir semua jasa perbankan di ATM, M-Banking, SMS Banking, sehingga sangat mempermudah masyarakat untuk menikmati Telekomunikasi saat ini.

Ketiga Poin utama ini menjadikan bisnis Telekomunikasi di Indonesia tumbuh dengan pesat, selain juga regulatory dari pemerintah yang mendukung iklim sehat di Industri Telekomunikasi di Indonesia saat ini. Namun walaupun ada lebih dari 10 Operator Telekomunikasi di Indonesia saat ini, seiring perjalanan bisnis yang penuh persaingan, maka operator yang bisa mengikuti Road Map Bisnis Telekomunikasilah yang bisa tetap bertahan.

Hampir satu dasa warsa ini Teknologi Selululer (GSM) sangat berkembang pesat, begitu pula teknologi CDMA, namun karena saat ini jika kita review tarif GSM sudah lebih murah dari tarif CDMA, membuat beberapa operator Telekomunikasi yang berbasis CDMA mengalami penurunan performance, hal ini terlihat dari beberapa laporan perusahaan CDMA Telekomunikasi yang mengalami kerugian hampir ratusan Milyar Rupiah.

Operator yang bergerak di bidang CDMA yang marketnya lagi berdarah-darah saat ini di Indonesia adalah:
  1. Telkom (Flexi)
  2. Indosat (Star One)
  3. Sampoerna Telekomunikasi (Ceria)
  4. Bakrie Telekom (Esia)
  5. Smart Telekom (Smart)

Indosat di Semester 1, 2012 mengumumkan bahwa perusahaan mengalami kerugian hampir 130 M, jumlah yang sangat besar tentunya, dan CEO Indosat menyatakan bahwa bisnis CDMA (Starone-Red) masih "Galau", hal ini dikarenakan Indosat masih bimbang untuk melakukan spin-Off, atau bisnis CDMAnya di lepas atau merger dengan Perusahaan lain.

Begitu pula dengan Btel (ESIA), di laporan akhir tahun 2011, bisnis perusahaan memiliki performansi yang semakin menurun, hal ini karena tekanan dari industri seluler yang mengakuisisi pasar CDMA. Agak berbeda halnya dengan Telkom (Flexi), Flexi bisa membukukan penambahan pelanggan di Semester 1, 2012. 

Smart Telekom (SMART), dari review saya walaupun secara biz performance (Laporan Keuangan) belum saya liat, namun SMART melakukan inovasi dengan fokus pada pengembangan pasar Broadband, dimana SMART melakukan gelaran coverage EVDO (Teknologi Sekelas 3G), sehingga pelanggan bisa menikmati koneksi broadband dengan cepat, dan murah. SMART sangat aggresive untuk berpromosi untuk "dodolan" modem bundling Smart Internet Package, sehingga fokus jualan voice dan sms nya saat ini agak sedikit kalah jika dibandingkan jualan "Data"nya.

Hemat saya, ketika semakin banyak operator yang beroperasi di satu sisi pelanggan di untungkan, namun disisi lain akuisisi pelanggan antar operator semakin gencar, sehingga perang tarif pun tidak terelakkan, maka Investasi beberapa operator yang sudah sangat besar dikeluarkan tidak kembali, sehingga dengan biaya operasional yang tinggi, namun Revenue yang semakin tergerus dengan adanya perang Tarif ini membuat beberapa operator mengalami kerugian terus menerus.

Saya yakin beberapa bulan kedepan ada beberapa operator besar akan melakukan Corporate Action untuk merger, bisa saja Flexi di spin-off oleh Telkom, sehingga menjadi unit usaha sendiri seperti Telkomsel, dan Flexi bisa melakukan merger dengan STAR-One, atau juga dengan ESIA. 

Hal ini terlihat, di tahun ini BTEL (ESIA) melakukan konsolidasi dengan Ceria (Perjanjian Kerjasama), namun bisa saja kedepannya antara ESIA dan CERIA bergabung menjadi satu kesatuan. 

Begitu pula di bisnis Seluler, mungkin saat ini bisnis seluler memasuki Saturation phase, dimana pasar mulai jenuh di basic service (Voice dan SMS), sehingga beberapa operator seluler GSM seperti Telkomsel, XL, Indosat, Three dan Axis bergerak menuju second curve, dengan berlomba-lomba "jualan" data broadband dengan gelaran Coveraga Node-B, istilah untuk 3G, yang saat ini di semua Ibu kota Kabupaten pelanggan sudah bisa menikmati koneksi Internet murah dan cepat dengan adanya Teknologi 3G ini.

Namun tidak menutup kemungkinan hal serupa terjadi, ketika Operator Seluler tidak bisa bersaing di second curve ini, maka yang terjadi sama halnya dengan Industri CDMA saudaranya, Bisnis ini akan berdarah-darah, dan saya yakin satu dasawarsa kedepan ada aksi korporasi yang melakukan Merger, ataupun Akuisisi untuk menjadi satu kesatuan usaha.

Layaknya di suatu negera, klo melihat Industri Telekomunikasi di negara Tetangga (Malaysia, Singapore, Thailand, bahkan China), mereka hanya memiliki 3 sampai dengan 5 operator yang beroperasi, sehingga Industrinya relatif stabil.

Kita sebagai pelanggan di Indonesia patut bersyukur, karena kualitas Teknologi Telekomunikasi di Indonesia sudah sangat bagus, hal ini terlihat gelaran 3G yang sudah bisa kita nikmati, dibeberapa negara di Asia, 3G masih belum bisa di nikmati, mereka masih seperti menikmati Telekomunikasi di Indonesia pada dasawarsa yang lalu, hanya bisa menikmati Voice dan SMS saja, teknologi Internet broadband masih jauh memadai, dan perangkat smart phone, tablet masih belum leluasa dinikmati dengan koneksi yang cepat seperti di Indonesia. Alhamdulillah ini merupakan salah satu keuntungan banyak operator di Indonesia, bahkan beberapa operator di Indonesia seperti Telkomsel sudah mulai melakukan uji coba Teknologi LTE yang benar-benar truly broadband dimana pelanggan bisa menikmati koneksi hingga 40Mbps. Walaupun saat ini pelanggan di Indonesia sudah bisa menikmati koneksi cepat hampir 14 Mbps dengan Teknologi HSPA + di beberapa titik kota broadband di Indonesia.

Berikut kira-kira review sederhana saya, semoga dengan adanya perbaikan yang terus dilakukan, Telekomunikasi di Indonesia semakin maju, karena Telekomunikasi merupakan salah satu faktor penggerak perekonomian suatu negera. Sehingga Indonesia menjadi negara yang berkembang menjadi lebih baik lagi, rakyat Sejahtera, Bebas Korupsi, aman dan nyaman untuk tinggal di negara yang kaya akan budaya dan kekayaan alam ini. Amin.

Bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat dan selalu di tunggu oleh Umat Muslim


Alhamdulillah itulah kata-kata yang kita panjatkan kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta sekalian Alam karena sampai saat ini, kita masih diberi nikmat Kesehatan yang luar biasa, sehingga kita bisa dengan kebahagiaan hati untuk menyambut datangnya bulan yang penuh barokah dari Allah yaitu bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh Dunia.

Bulan Ramadhan pada tahun ini saya nikmati di Kota Bengkulu, walaupun tinggal di rumah dengan tanpa adanya Istri (karena belum nikah, hehe) dan belum memiliki pembantu yang bantuin dirumah, sehingga saya berjibaku sendiri untuk menyiapkan sajian berbuka puasa dan sahur. Namun saya sangat menikmati, dengan segala kesibukan yang saya lakukan saat ini saya bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, berbuka dengan menu yang sehat, sembari menurunkan berat badan. Alhamdulillah, semoga amal ibadah kita selalu diberikan kebarokahan oleh Allah. Amin.

Inti dari puasa adalah bukanlah hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun intreprestasi dari makna puasa bagi saya ada beberapa aspek yaitu:

   1. Puasa menjadikan kita menjadi manusia yang Tawadduk, Tawakal dan selalu berbuat kebaikan di Jalan Allah SWT, dimana Allah memberikan Pahala berkali-kali lipat bagi hambanya yang sungguh-sungguh menjalankan Amal dan Ibadah dengan kesungguhan hati. Subhannallah.

   2. Puasa menjadikan kita hamba yang Penyabar, karena pada saat puasa kita dituntut untuk selalu bersabar, menahan rasa amarah, sehinga melatih kita untuk menjadi pribadi yang penyabar, dengan ketenangan hati bisa bersikap dan berprilaku dengan penuh kerendah hatian, kesabaran, dan rasa takut kepada Allah, saling mencintai sesama, dan selalu membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan.

   3. Puasa menjadi ajang Silahturahmi. Klo kita sadari uang yang kita kumpulkan selama 11 Bulan bekerja, pasti banyak dihabiskan untuk menyambut bulan Ramadhan ini, untuk mudik, bagi-bagi THR, membuat opor, mengirimkan makanan ke tetangga sekitar rumah, namun percayalah apa yang kita lakukan itu sangat baik, karena kita membangun tali silahturahmi kembali kepada saudara-saudara, tetangga sekitar kita yang belum tentu selama setahun sekali kita bisa bertemu, sehingga menjadi ajang mempererat hubungan sesama persaudaraan muslim. Allah dan RasulAllah sangat menyukai hambanya yang mempererat dan menjalin serta silahturahmi kepada saudara-saudara serta tetanggannya. Subhannalah, apa yang kita lakukan mendapat nilai pahala dari Allah.

   4. Bulan Ramadhan menjadi Ajang Saling memaafkan, karena Allah menyukai hambanya yang pemaaf, maka bulan ini kita kembali nan fitri, kita menghapus dosa-dosa yang kita perbuat, kita juga saling bermaafan dengan sesama kita, sehingga kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini, karena mungkin khilaf kata, khilaf perbuatan yang kita lakukan bisa kita saling memaafkan, dan semoga Allah membarokahi apa yang kita lakukan. Amin

Maka dari aspek ini terlihat bahwa banyak sekali nilai-nilai ibadah, amal saleh, dan manfaat lainnya yang bisa kita ambil dari datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Semoga kita adalah hamba-Nya yang selalu diberikan nikmat, kesehatan, dan kebahagiaan yang selalu Allah Ridhoi dan Berkahi, Amin Ya Robb, Amin Ya Rahman, Amin Ya Rahim.

 

Friday, July 6, 2012

Perjalanan Waktu

Bengkulu,
07 Juli 2012.

Mungkin kita tau lagu yang apik dari Muse, Band Asal Inggris yang cukup terkenal dengan judulnya Time is Running Out. Yup, pada pagi ini, Sabtu, 07 Juli 2012 saya akan membahas topik perjalanan waktu. Karena setiap kita akan mengalami yang namanya berlalunya waktu, dan kita berjalan penuh menatap masa depan dengan menitip setiap detik waktu yang kita lewati.

Kita tidak akan tahu berapa lama kita akan hidup didunia ini, karena hanya Allah SWT yang tahu, kapan kita harus menghadap beliau, sehingga apapun yang kita lakukan saat ini tentunya sangat mempengaruhi kehidupan selanjutnya. Seperti kertas kosong didunia ini, perjalanan kita selalu mengisi kertas itu dengan apa yang kita lakukan, baik, buruk, dosa, atau kebajikan tinggal bagaimana kita memaknai kehidupan ini.

Terkadang kita terlalu egois terhadap sesuatu, dalam pertemanan, dalam bekerja dan banyal hal lainnya, yang sering kali membuat kita sedikit menjadi lupa bahwa kita hidup didunia ini pasti ada sisi lain yang tidak bisa kita pisahkan satu sama lain. Maka ketika kita hidup berdampingan dengan orang lain, hormati lah orang lain, tanpa memandang status orang lain. Ya Robb, Semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik, santun berprilaku, rendah hati dan selalu bersahaja.

Sunday, July 1, 2012

Novel Inspirasi Berjudul Sepatu Dahlan


Bengkulu,
01 Juli 2012

Sewaktu jalan-jalan di Toko Buku Gramedia di Pusat Perbelanjaan Mega Mall di Kota Bengkulu, mata saya tiba-tiba tertarik pada suatu rak, dan ada buku yang menarik hati untuk saya baca yang berjudul "Sepatu Dahlan" karangan Khrisna Pabichara. Sebelum membaca novel ini saya sudah cukup kenal sosok Pak Dahlan Iskan sebagai CEO Jawa Pos Group, kemudian menjadi CEO PLN dan saat ini menjadi Menteri BUMN.

Dengan sosok yang fenomenal, nyentrik, suka sepatu kets walau di acara resmi dimana pun beliau berada, ada sesuatu yang sangat saya kagumi dari beliau adalah kesederhanaan beliau menjadi seorang pemimpin. Terlepas beliau seorang CEO, beliau bisa melepas kepangkatan, kebangsawanan seorang CEO menjadi panutan bagi semua orang, bahwa seorang leader haruslah bisa berbaur kesemua orang, bisa merakyat, dan bisa menjadi teladan dan contoh bagi kita untuk sosok seorang pemimpin yang penuh dengan passion, eagerness yang tinggi, dan selalu rendah hati.

Ketika membaca Novel ini, saya tidak berhenti membuka halamannya lembar demi lembar, hal ini dengan tutur bicara pada novel ini yang asik di baca, saya sangat tertarik dengan kehidupan beliau, dimana dengan penuh kesusahan dan kepayahan, beliau bisa dengan tekun dan ulet untuk bekerja keras untuk mencari uang tambahan untuk membantu bapak beliau untuk bisa sekolah, dengan ngangon domba, atau menjadi buruh tebu seperti di ceritakan pada buku ini.

Banyak hal yang saya pelajari dari novel ini, selain semangat ketekunan, keuletan, kerendah hatian, dan nilai moral lain yang sangat banyak kita pelajari dari novel ini, terkadang kehidupan yang pahit membuat seseorang untuk tuff, dan memiliki semangat yang tinggi untuk meraih mimpi-mimpinya, berbudi pekerti nan luhur, rendah hati, dan tentunya sangat menjadi teladan bagi kita semua.

Sosok pemimpin seperti ini yang sebenarnya kita dambakan untuk memimpin bangsa ini, karena dengan sosok ini beliau akan masuk kesemua lini, dengan tanpa tinding aling-aling birokrasi yang selama ini membuat governance management di Indonesia kurang berjalan dengan baik.

Maka syukurilah kehidupan yang kita miliki saat ini, kita tidak perlu menahan lapar karena tidak bisa makan seperti pada masa kecil beliau, kita bisa memiliki pakaian yang bagus, uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kita, kendaraan yang bagus, dan kesehatan serta keluarga yang lengkap, maka berbuatlah kebaikan, bekerja keras, dan selalu rendah hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

That's what we called life.

Potensi Niche Market di Youth Segment Industri Telekomunikasi


Yuppp, Youth Segment memang sangat menarik sekali jika kita berbicara pada pasar di segmen ini, hal ini karenakan dengan dinamika pada kaum muda ini, menjadi tantangan tersendiri dalam mengarap niche market ini.

Pelaku indusri Telekomunikasi saat ini sangat serius mengelola pasar komunitas kaum muda ini, karena mereka lah cikal bakal pelanggan jasa telekomunikasi kedepannya, hal ini menunjukan bahwa pasar yang penuh dinamika, tariff sensitif, dan fokus pada program komunitas ini, menjadikan sebagian besar Operator besar mulai serius menggarap pasar ini.

Telkomsel dengan Telkomsel School Community (TSC), dan Telkomsel Mobile Campus (TMC), sudah cukup lama fokus untuk menguasai pasar komunitas kaum muda, dengan keunggulan dan benefits yang beragam, menjadi pilihan bagi siswa dan mahasiswa untuk menggunakan produk-produk Telkomsel dan bergabung dikomunitas tersebut.

Seperti saya jelaskan diatas, pada pasar ini sangat sensitif sekali terhadap harga, hal ini dikarenakan dengan kantong yang terbatas, biasanya pelajar atau mahasiswa akan mencari produk-produk yang affordable bagi mereka untuk digunakan. Pengalaman saya melihat bahwa Anak Sekolah biasanya akan lebih menyukai jasa sms dibandingkan voice atau internet, hal ini dikarenakan mereka lebih menyukai texting, karena bisa disembunyikan dan tidak diketahui orang tua mereka ketika dirumah ataupun di sekolah, sehingga pada segmen anak sekolah, mereka akan mencari provider yang memberikan sms paling murah dan banyak Gratisannya. 

Maka berbondong-bondonglah Operator memberikan tarif smsan murah, Gratis Ribuan sms, untuk menyasar komunitas pelajar ini. Namun beda halnya dengan anak kampus atau mahasiswa mereka mulai bergeser kebutuhannya untuk akses Internet, mereka mulai merasa perlu adanya sarana untuk mengeksis, baik melalui jaringan social networking seperti facebook dan twitter, sehingga mereka akan mencari provider yang memberikan diskon internetan yang murah.

Maka ketika berbicara strategi untuk pengembangan pasar di komunitas ini, seperti penelitian yang saya lakukan pada thesis saya mengenai pengembangan pasar komunitas, operator harus fokus dalam mengembangkan pasar ini melalui treatment khusus, program, dan edukasi yang terus menerus, sehingga 5 tahun seterusnya mereka tetap terus menggunakan produk kita, dengan penguasaan produk yang well known, dan perasaan mengikat bahwa dengan menggunakan produk dari operator tertentu mereka akan merasa bangga, dan tentunya banyak keuntungan yang mereka dapatkan selain tarif murah tersebut.

Yup, satu lagi yang sangat menjadi penentu dalam pengembangan pasar komunitas, yaitu Friends Reference, yups, dimana rekomendasi teman merupakan keputusan yang sangat tinggi bagi seorang pelajar atau mahasiswa dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk tertentu. Sehingga ketika kita bisa menguasai sebagian besar komunitas di komunitas tertentu, teman-teman di sana akan merekomendasikan ke teman-temannya yang lain, sehingga sangat membantu kita untuk mengembangkan pasar ini.

Lagi-lagi saya katakan bahwa, pasar ini sangat unik, sangat mimiliki tantangan untuk fokus mengembangkan pasar ini, dan tentunya banyak strategi yang harus di create ketika kita ingin menguasai pasar youth segment ini. 

Telkomsel dengan jumlah pelanggam mencapai 115 juta pelanggan (1 Juli 2012) ini, saya yakin dengan kekuatan finansial, team yang kuat, marketing yang bagus, bisa terus memimpin industri Telekomunikasi di Indonesia, baik di pasar reguler maupun Niche Market di Segment Pasar Muda ini.

Telkomsel Muda, Beda, dan Paling Indonesia.

Kota Bengkulu Nan Asri

Bengkulu,
01 Juli 2012

Sudah sangat lama sekali saya tidak berkunjung diblog ini untuk sekedar menulis dan memoderasi beberapa komentar yang masuk di blog ini. Namun alhamdulillah sore yang mendung ini, saya ada beberapa waktu sejenak untuk bisa meluangkan waktu saya untuk menuangkan isi pikiran saya kedalam tulisan yang sederhana ini.

Perjalanan ini belum berakhir kawan!!!... Saya sudah beranjak berpindah tugas ke daerah yang baru sejak 15 Mei 2012, dimana saya diamanahi untuk untuk bergabung di Team yang ada di Branch Bengkulu yang bertanggung terhadap sub-departement Community and Segemented Customer yang menangani komunitas yang ada di Bengkulu, serta mengembangkan pasar komunitas khususnya Pelajar dan Mahasiswa yang menjadi fokus pasar operator saat ini.

Diumur saya yang sudah memasuki 27 tahun, tentunya sudah cukup banyak pengalaman yang saya alami di dalam hidup saya, mulai dari menyelesaikan studi s1 saya 6 tahun yang lalu, dan langsung belajar dan memulai karir di dunia Information Technology di MNC HP Indonesia, dan kemudian setelah dua tahun di IT industry, saya bergabung hampir 4 tahun hingga detik ini di Telco Industry yang ternyata sangat saya nikmati dan saya menemukan passion disini.

Sudah banyak kota yang saya singgahi, sudah banyak orang yang saya kenali, sudah banyak bahasa yang saya pelajari, sudah banyak kesedihan dan kebahagian yang saya alami, dan sudah banyak pula kesusahan yang saya hadapi, serta sangat banyak sekali rasa syukur ini saya panjatkan kepada Allah SWT karena berkat Rahmat-Nya kita semua masih bisa menikmati udara yang kita hirup, makanan yang kita makan, minuman yang bisa kita minum, dan keluarga yang bisa memberikan rasa afeksi kepada kita.

Yuppp, Saat ini saya dinas di Kota Bengkulu, kota nan Asri yang memiliki segudang tempat wisata yang tidak kalah dengan daerah lain, walaupun bukan kota Tujuan dan memiliki Pendapatan perkapita paling rendah di pulau Sumatera, Kota Bengkulu tetap layak untuk menjadi tempat wisata bagi anda yang ingin menikmati kota yang asri, kecil, tidak macet dan memiliki beberapa tempat yang layak anda kunjungi.

Berikut beberapa tempat wisata di Bengkulu yang bisa
1. Wisata Pantai Panjang,
Kota Bengkulu memiliki Garis Pantai hampir 7 km, yang merupakan garis terpanjang, sehingga para pelancong bisa dengan asik menikmati pantai di Bengkulu ini. Namun karena kurang tertata rapi, dan agak kotor, saya liat pantainya agak kurang menarik untuk dikunjungi, apalagi klo malam di sekitar Pantai Panjang ini banyak sekali warung remang-remang dan diskotik yang menawarkan hiburan malam.

2. Benteng Fort Marlborough,
Benteng ini terletak di dekat daerah Pantai Jakat, dan Tapak Pederi, dengan bangunan Benteng yang dibangun oleh Belanda beberapa ratus silam, terlihat bahwa Benteng yang kokoh ini, memiliki segudang sejarah, dan segala kemesteriusan dan keunikan bangunan ini.

3. Kota Curup,
Curup adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu, dengan suasana yang dingin, disini anda layak menikmati udara yang dingin, melepaskan penat dan bersantai menikmati kota yang asri, kecil, dan suasana yang sejuk.

Sebenarnya banyak sekali tempat yang belum saya kunjungi di Bengkulu, namun overall bagi saya, saya sangat menikmati tempat-tempat yang baru, sehingga ketika diberikan amanah untuk pindah dinas ke Bengkulu, saya merasa sangat beruntung sekali, dan tentunya sangat bahagia memiliki team "muda" yang sangat tuff dalam bekerja, dan memiliki passion serta kemauan dan semangat yang keras untuk mencapai target yang diberikan.

Alhamdulillah, terima kasih ya Robb atas segala Rahmat yang Engkau berikan, Aku bersyukur kepada-Mu, berilah selalu kesehatan kepada ku, keluargaku, dan teman-teman yang aku cintai. Amin