Solusi Layanan T-KIOS untuk Peningkatan Business Size Mitra Reseller Telkomsel. |
Bengkulu,
30 Januari 2017.
Pada tanggal 23 – 25 Januari 2017,
saya berkesempatan untuk mengikuti Training
Writing Explanations for Non-technical Readers (WENTR) Batch 6 di Hotel Novotel Pekanbaru. Selama 3 hari berlangsung,
kami di guide oleh Trainer yang expert di bidang ini yaitu Pak Edy Zaques dari BornRich Consulting dimana
acara Training ini diselanggarakan
oleh Commserv yaitu lembaga Training rekanan Human Capital Management (HCM) Telkomsel dalam memberikan Upgrading Knowledge & Technical Skills kepada para
karyawannya.
Pada tulisan kali ini, saya khusus
membahas mengenai Ide Inovasi yang kami persiapkan dan presentasikan kepada Trainer dan peserta training di hari kedua (Selasa, 24 Januari 2017). Saya berada di
kelompok TERA (Telkomsel Era Digital) yang beranggotakan 5 orang tim diantaranya
ada mba Silvy, mas Humaidy, Mas Anjang, Mba Rita serta saya sendiri. Dan sesuai
kesepakatan Tim TERA, saya ditunjuk sebagai ketua TIM. Dan objective dari tim kami adalah bisa menjadi Juara dan menjadi tim terbaik
pada kegiatan Training kali ini.
Ketua Tim TERA (Telkomsel Era Digital) |
Latar
Belakang Masalah.
Jika pada training di batch sebelumnya
kebanyakan membahas mengenai aplikasi dan layanan yang diberikan kepada
pelanggan (users) untuk meningkatkan experience dan peningkatan revenue. Maka
Tim TERA memutuskan untuk membuat sesuatu yang baru, yaitu berupa suatu
aplikasi dan layanan yang ditujukan kepada Mitra Reseller Telkomsel, yang
notabene merupakan tulang punggung yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Telkomsel
kedepannya.
Tim TERA (Telkomsel Era Digital) |
Berangkat dari keinginan kami di Tim
TERA untuk meningkatkan business size
Mitra Reseller Telkomsel, kami
membuat suatu ide inovasi yang kami namakan dengan T-KIOS, yang merupakan sebuah
aplikasi layanan yang terintegrasi dimana Outlet Telkomsel bisa melakukan
penjualan beraneka ragam fitur & layanan berbasis MKIOS kepada pelanggan.
Ada beberapa hal yang melatarbelakangi
kenapa kami dari Tim TERA memilih ide inovasi ini antara lain didasari oleh:
1. Saat ini jumlah outlet yang fokus pada penjualan pulsa dan perdana sudah tidak
banyak, artinya kebanyakan outlet saat ini selain menjual pulsa dan perdana
juga menjual produk lain seperti hp, aksesoris hp, token listrik, atau bahkan toko
kelontong (non telko).
2. Penetrasi
MKIOS di Cluster perlu ditingkatkan untuk mengejar
pencapaian terbaik KPI Mitra AD (Authorized Distributor).
3. Peningkatkan
Value MKIOS, dimana yang selama ini hanya melayani
penjualan Pulsa dan Pulsa Internet (MKIOS DATA), maka bisa dikembangkan atau di
upgrade untuk bisa menjual beraneka
layanan lain yang tentunya bisa meningkatkan nilai dari mkios yang awalnya
hanya sebagai POS (Point of Sales) Recharges produk prabayar Telkomsel.
4. Peningkatan
pendapatan Reseller Telkomsel.
Hal ini bertujuan dengan seiring kemudahan dalam melakukan penjualan aneka
fitur dan layanan di T-KIOS, maka Reseller Telkomsel cukup memegang 1 Chip
MKIOS untuk bisa meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan aneka
fitur/layanan yang dibutuhkan masyarakat seperti pembelian pulsa, paket data,
pembayaran listrik, Isi Saldo TCASH, kirim uang, pembaran asuransi, TV kabel
dan lainnya.
5. Peningkatan
Akuisisi RS Non Telco. Disini kami melihat bahwa saat ini
tantangan terberat bagi kita untuk mengakuisisi RS MKIOS yang bisnisnya tidak
inline di telko, seperti toko kelontong, kantin sekolah bahkan kantin kampus.
Dengan layanan T-KIOS, mereka bisa memaksimalkan bisnis mereka dengan beraneka
ragam fitur & layanan yang bisa dijual melalui T-KIOS yang tentunya
berdampak pada keuntungan bisnis para reseller.
6. Meningkatkan
DOA (Distributor Operating Account) Mitra
AD Telkomsel. DOA di sini adalah alokasi kuota
distribusi dari Telkomsel kepada mitra AD sesuai dengan alokasi yang telah
ditetapkan biasanya mingguan. Kelompok TERA ingin DOA Mitra AD Telkomsel
meningkat, yang tentunya juga secara bisnis berdampak pada bisnis Telkomsel
secara holistic karena peningkatan
kebutuhan MKIOS di level Reseller/Outlet secara nasional.
Fitur
Aplikasi di T-KIOS.
Para Reseller yang telah memiliki MKIOS bisa meng-upgrade fitur MKIOSnya dengan mengunduh aplikasi T-KIOS di Appstore bagi pengguna iPhone atau Playstore bagi pengguna Android. Dan bagi
outlet yang masih menggunakan multi-chip
bisa langsung melakukan registrasi MKIOS dengan datang langsung ke Telkomsel Distribution Center (TDC)
terdekat atau melalui petugas khusus Sales
Canvasser Telkomsel.
Ada banyak sekali fitur yang bisa
dilayani oleh T-KIOS untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan
antaralain:
1. Jualan Pulsa Telkomsel.
2. Jualan Paket Internet (MKIOS Data).
3. Cash-In saldo T-CASH.
4. Pembelian Token Listrik Prabayar &
Pembayaran Listrik Pascabayar.
5. Pembayaran Asuransi (BPJS, Axa, Prudential,
dll).
6. Pembayaran Tv Kabel.
7. Kirim Uang.
8. Pembayaran Telpon (KartuHALO, Telpon
tetap (PSTN)).
9. Pembayaran PDAM (Air).
10. Pembayaran
Cicilan & Kartu Kredit (Leasing FIF, Adira, Kartu Kredit Bank BNI, Bank
Mandiri dll).
11. Pembayaran
Uang Sekolah.
12. Dll
yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan pasar dan potensi bisnis.
Benefit T-KIOS.
1. Benefit T-KIOS bagi Telkomsel.
Benefit
yang didapat oleh Telkomsel dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:
a. Meningkatkan penetrasi MKIOS di
CLUSTER.
b. Meningkatkan revenue Telkomsel dari new
business berupa penjualan aneka fitur dan layanan dari upgrade layanan
T-KIOS di Mkios konvensional saat ini.
c. Meningkatkan penetrasi T-CASH, dimana
dengan kemudahan mengisi isi saldo T-CASH, maka multiflier effect untuk pertumbuhan T-CASH di daerah akan meningkat
tajam. Hal ini ditujukan sebagai upaya untuk mengejar arah target perusahaan
untuk menjadi perusahaan digital (DIGICO
Company).
2. Benefit T-KIOS bagi Outlet.
Benefit
yang didapat oleh Outlet dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:
a. Meningkatkan pendapatan reseller.
b. Meningkatkan Value MKIOS, tidak hanya menjual pulsa
atau mkios data (paket internet), namun di-upgrade
untuk bisa melayani banyak fitur dan layanan yang bisa menjadi nilai lebih bagi
outlet ketika memiliki Chip MKIOS dan terdaftar sebagai T-KIOS.
c. Meningkatkan Business Size reseller.
3. Benefit T-KIOS bagi Mitra AD (Authorized Distributor).
Benefit
yang didapat oleh Mitra AD dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:
a. Meningkatkan penetrasi Mkios di
Cluster.
b. Meningkatkan DOA (Distributor Operating Account) Mitra AD, terkait peningkatan
transaksi MKIOS tidak saja melayani penjualan pulsa & paket internet (mkios
data) namun mampu melayani beraneka ragam fitur dan layanan kepada pelanggan.
Tim TERA memaparkan Ide Bisnis - T-KIOS. |
FAQ (Frequently Asked & Questions) - T-KIOS.
1. Apa
itu T-KIOS ?
T-KIOS
adalah sebuah aplikasi layanan yang terintegrasi dimana Outlet Telkomsel bisa
melakukan penjualan beraneka ragam fitur & layanan berbasis MKIOS kepada
pelanggan.
2. Bagaimana
Cara mendaftar layanan T-KIOS?
Mitra
Outlet datang ke TDC (Telkomsel
Distribution Center) terdekat untuk melakukan pendaftaran MKIOS.
3. Bagaimana
Cara menggunakan layanan T-KIOS ?
Cara
menggunakan layanan T-KIOS adalah Outlet Telkomsel yang telah terdaftar sebagai
pengguna MKIOS, mengunduh aplikasi T-KIOS di Appstore atau Playstore,
melakukan registrasi untuk mendapatkan User
& Pasword, lalu bisa menggunakan untuk beragam transaksi penjualan.
4. Siapa
saja yang bisa menikmati layanan T-KIOS ?
Yang
bisa menikmati layanan T-KIOS adalah semua outlet yang telah terdaftar
menggunakan layanan M-KIOS.
5. Apakah
keuntungan bagi outlet dengan menggunakan layanan T-KIOS ?
Keuntungan
bagi outlet dengan menggunakan layanan T-KIOS adalah layanan MKIOS yang selama ini
hanya bisa melayani penjualan Pulsa & Paket Data, bisa melakukan penjualan
beragam fitur & layanan, sehingga bisa meningkatkan keuntungan bagi Outlet
dengan 1 chip MKIOS yang dimilikinya.
6. Fitur
& layanan apa saja yang bisa dilayani oleh T-KIOS ?
Fitur
dan layanan yang bisa dilayani oleh T-KIOS antara lain penjualan Pulsa, Paket
Data, Telpon, Listrik (Prabayar & Pascabayar), Asuransi, Uang Sekolah,
Cicilan (Leasing / Kartu Kredit), TV
Kabel, isi Saldo T-CASH, kirim Uang, bayar PDAM dan lainnya.
7. Apakah
ada biaya ketika menggunakan layanan T-KIOS ?
Ada
biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan T-KIOS, bagi outlet: Rp 500,-
untuk setiap transaksi sukses, bagi pelanggan: Rp 5.000,- per transaksi sukses
sebagai biaya administrasi.
8. Syarat
apa saja untuk menikmati layanan T-KIOS bagi pelanggan?
Syarat
untuk menikmati layanan T-KIOS bagi pelanggan adalah semua pengguna Telkomsel
bisa menikmati layanan T-KIOS di Outlet terdekat.
9. Apa
keuntungan layanan T-KIOS dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya?
Keuntungan
layanan T-KIOS dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya adalah T-KIOS
mudah dioperasikan, realtime, dan biaya per transaksinya murah dibandingkan
dengan metode pembayaran lainnya.
10. Apakah
T-KIOS sama dengan T-CASH ?
T-KIOS
tidak sama dengan T-CASH.
11. Apakah
perbedaan antara T-KIOS dengan T-CASH ?
T-KIOS
di tujukan bagi para outlet pengguna MKIOS, sedangkan T-CASH di tunjukan kepada
pelanggan Telkomsel.
12. Bagaimana
cara mengisi Saldo T-KIOS ?
Cara
mengisi Saldo T-KIOS adalah Outlet datang ke TDC (Telkomsel Distribution
Center) atau melalui petugas Sales Canvasser Mitra AD (Authorized
Distribution).
13. Bagaimana
layanan T-KIOS bisa memberikan keamanan transaksi kepada pelanggan?
Layanan
T-KIOS sangat aman, karena untuk memastikan transaksi sukses, ada notifikasi
sms di mitra Outlet yang bisa di tunjukan kepada pelanggan, bahwa transaksi
T-KIOS telah berhasil dilakukan.
14. Apa
yang dilakukan terjadi kendala pada layanan T-KIOS?
Outlet
bisa menghubungi call centre TDC (Telkomsel Distribution Center) atau
mengunjungi kantor layanan Telkomsel terdekat.
15. Apakah
T-KIOS berlaku di seluruh Indonesia?
Layanan
T-KIOS berlaku di seluruh Indonesia berdasarkan cluster Mitra AD (Authorized
Dealer) berada.
Alhamdulillah pada Training Writing Explanations for Non-technical Readers (WENTR) Batch 6 di Hotel Novotel Pekanbaru, tim TERA dengan ide bisnis T-KIOS berhasil menjadi Juara 1 dan tim Terbaik di training ini.
Semoga ide bisnis dari Tim TERA (Telkomsel Era Digital) bermanfaat dan bisa memberikan value lebih bagi Telkomsel untuk bisa memberikan yang terbaik kepada bangsa dan tanah air.
Semangat pagi dan terus berkarya.
Salam
Bambang Purnomo
No comments:
Post a Comment
hello guys