Selasa, 10 Maret 2015

Tips Liburan Murah ke Luar Negeri


Berlibur ke luar negeri saat ini menjadi banyak pilihan para penikmat jalan-jalan yang selanjutnya saya sebut travellers, karena dengan semakin banyaknya pilihan maskapai penerbangan low cost carrier.

Selain itu, bagi budget traveller juga bisa dengan mudah datang ke suatu negara "tertentu" tanpa harus mengajukan visa terlebih dahulu, seperti negara-negara Asia Tenggara yang memberikan kebebasan bagi warga Indonesia untuk bisa masuk dengan menggunakan Passpor untuk jangka waktu tertentu.

Pertanyaannya adalah, apakah mahal berlibur keluar negeri?, menurut saya sendiri yang suka travelling, biaya yang kita keluarkan ketika berlibur tergantung dari akomodasi yang kita pilih, gaya hidup, dan tujuan perjalanan itu sendiri. Karena hal ini akan sangat menentukan biaya yang kita keluarkan untuk biaya hotel, transportasi yang kita pilih, makan, serta tempat-tempat wisata yang akan kita masuki.

Untuk saya pribadi sendiri, beberapa hal yang saya lakukan sebelum saya travelling keluar negeri adalah:

1. Booking Tiket Pesawat jauh-jauh hari.

Budget terbesar kita melakukan travelling salah satunya adalah tiket pesawat, untuk mendapakan harga promo dari Low Cost Carrier (LCC) seperti Air Asia, Tiger Airways, dsb yang bisa kita lakukan adalah melakukan pembelian tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga promo, sehingga bisa lebih menghemat cost yang dikeluarkan.

2. Booking Hotel/Hostel 

Menjadi sangat penting untuk melakukan booking hotel, minimal seminggu sebelum melakukan keberangkatan, untuk memastikan tempat tinggal yang akan kita tinggali selama berada dinegara tersebut. Saya pribadi karena saat travelling bersama istri, saya lebih prefer untuk mencari Hotel dibandingkan Hostel, karena lebih private, kamar mandi didalam, namun bagi traveller berkelompok bisa menggunakan hostel, dimana harga perorang bisa lebih murah dan terjangkau.

Selain pemilihan Hostel atau Hotel, bagi para traveller penting untuk melihat lokasi Hotel/Hostel itu sendiri, yang terpenting bagi saya, Hotel/Hostel tersebut haruslah dekat dengan akses transportasi publik, bersih, nyaman, aman, serta dekat dengan Food Court.
Untuk mencari penginapan sendiri, saya mengandalkan Situs Online seperti Booking.com atau Agoda.com yang selalu membantu saya mencari Penginapan yang strategis, terjangkau dan nyaman.

3. Membuat Itinerary Perjalanan yang Rinci dengan Time plan yang Jelas.

Hal ini  menjadi sangat penting menurut saya, karena sebelum melakukan travelling dalam jangka waktu tertentu di suatu negara atau beberapa negara sekaligus, kita harus memiliki plan yang jelas, mau kemana saja selama di negara tersebut, tempat-tempat wisata apa yang bisa kita kunjungi, dan sebaiknya juga bisa dicantumkan jam, nama tempat, dan estimasi biaya yang dikeluarkan. Untukvreferensi plan perjalanan, saya selalu mengandalkan Trip Advisor untuk melihat lokasi wisata yang menarik berdasarkan rekomendasi traveler lain.

4. Mengetahui Akses Transportasi Publik.

Mempelajari akses transportasi publik disuatu negara yang akan kita akan kunjungi menjadi penting bagi saya, karena ketika travelling di luar negeri, jarang sekali saya menggunakan Taxi, atau Car Rental, karena selain bisa menghemat biaya, kita bisa merasakan sensasi yang berbeda ketika kita bisa menggunakan transportasi publik di suatu negara. 

Yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu, transportasi publik apa yang bisa kita gunakan, apakah ada akses free pass dengan biaya tertentu yang bisa kita gunakan, sehingga tidak perlu repot-repot ke Vending Machine untuk mengantri membeli tiket, misalnya di Singapore ada Singapore Tourist Pass (STP) dengan jangka waktu tertentu yang bisa kita gunakan sepuasnya di MRT dan BIS SMRT sendiri. 

Setelah mengetahui Akses Transportasi Publik yang bisa kita gunakan, kita bisa mengunduh MAP dari akses transportasi tersebut, sehingga kita tahu ketika kita mau mengunjungi tempat wisata tertentu, kita harus naik apa, kemana, dan turun dimana, sehingga terhindar dari sesat dijalan dan di negara orang.

5. Menukar Uang ke Money Changer.

Untuk beberapa negara tertentu, sulit sekali melakukan penukaran mata uang rupiah dengan mata uang negara yang kita tuju di Money Changer Indonesia, yang bisa kita lakukan adalah tukarlah uang Rupiah kita dengan Dollar Amerika (USD), dan setibanya kita dinegara tersebut, kita dengan mudah menukar Dollar kita dengan mata uang lokal dinegara tersebut.

6. Siapkan Colokan Listrik 3 Kaki.

Karena saat traveling, Handphone dan Kamera menjadi hal yang sangat penting, walau sepele, Colokan Listrik dinegara lain berbeda dengan di Indonesia, saya sarankan bawalah Colokan Listrik 3 Kaki, sehingga kita tidak perlu pusing untuk mencari colokan, karena sudah dipersiapkan di Indonesia, sehingga dengan leluasa bisa melakukan charging HP dan Kamera kita tentunya.

Selain beberapa tips diatas, yang terpenting adalah jangan pernah takut mengeksplor ketika melakukan traveling keluar negeri, banyak bertanya, walaupun kemampuan bahasa kita pas-pasan, namun dengan basic communication dalam bahasa inggris bisa membantu kita untuk menemukan dan mengeksplor tempat wisata dinegara yang kita tuju tersebut.

Mengutip status di Facebook saya beberapa waktu yang lalu, "Let's Start for Traveling, Saving, make a plan of Journey, Enjoying your life and You will get the meaning of Life then.
 -------------------------------------

2 komentar:

  1. Kerenn mas tp aq sndri mlh blum prnh travelling sm suami keburu dksh dedek dlu nie..heheheee

    BalasHapus
  2. satu lagi, lebih baik bawa bekal makanan sendiri. hehe

    BalasHapus

hello guys