Selasa, 18 Agustus 2015

Itinerary – Vacation in Beautiful Thailand (Phuket, Pattaya & Bangkok)


Bengkulu,
18 Agustus 2015.

Traveling is not about visiting the place that you love so much.
It's about how you can get the experiences in every parts in your journey. 

Enjoy everything we have, and always grateful with anything we had.
Quote by Bambang Purnomo.

Untuk mendapatkan Itinerary perjalanan saya di Thailand, anda bisa mengunduh secara gratis di Link berikut ini, dan untuk mendapatkan Materi Presentasi mengenai Perjalanan saya di Thailand bisa di akses dan di unduh di Slide Share saya, di link berikut ini.



Mengapa Thailand ???..
 
Menurut saya, beberapa alasan mengapa

harus mengunjungi Thailand:
  1. Bebas Visa.
  2. Wisata Pantai yang Indah.
  3. Kuliner yang Maknyusss.
  4. Atraksi Budaya.
  5. Night Life.
  6. Harga Terjangkau.
  7. Masyarakat Thailand yang Ramah.
  8. Transportasi yang Nyaman.
  9. Banyak Penerbangan Murah.
Apa yang dipersiapkan ketika Mengunjungi Thailand ???

Beberapa tips yang harus di siapkan sebelum mengunjungi Thailand:
  1.         Pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terjangkau. 
  2.         Susun Jadwal Perjalanan (Itinerary) sebaik mungkin. Anda bisa menggunakan contoh Itinerary perjalanan saya, yang bisa di unduh di http://bit.ly/1Mv3h2M 
  3.         Pesan Akomodasi Hotel sesuai Budget Anda di Booking.com atau Agoda.com, banyak pilihan Hotel yang tersedia di pusat-pusat Wisata dengan harga terjangkau selama anda di Thailand. 
  4.         Bawalah perlengkapan secukupnya, paspor, obat-obatan, pakaian yang nyaman, sandal pantai, sepatu, kaca mata hitam, pakaian renang dan backpack yang mudah dibawa. 
  5.        Tukar Rupiah dengan THB (Bath) atau USD di Indonesia. Karena nilai Rupiah sangat kecil nilainya jika di tukar di Money Changer lokal di Thailand, jika persediaan Bath sedikit di Money Changer, anda saya rekomendasi lebih baik memegang Uang Dolar. 
  6.         Datanglah pada Saat Low Season, dari bulan Maret hingga September. Agar tidak terlalu crowded dan membuat anda nyaman untuk berlibur.

1. PHUKET, THAILAND.
 
Saya berkunjung ke Phuket, Thailand selama lebih kurang 3 hari dua malam, dan berikut Itinerary Perjalanan yang saya buat selama mengunjungi Phuket.


Wonderful Phuket, Thailand.
  1. Destinasi Pertama yang saya kunjungi di Thailand yaitu mulai dari Wilayah Selatan Thailand, yaitu Phuket menumpang Air Asia, saya mendapatkan Harga Promo dari SHIA Jakarta menuju Phuket Int. Airport.
  2. Saya menggunakan Jasa Miss Ladda & Suaminya Billy (Rekomendasi dari Traveler), untuk penjemputan di Phuket Airport menuju Patong Beach sebesar 600 THB untuk berdua. Untuk menghubungi beliau bisa melalu WA (+66950378670).
  3. Untuk Paket Tour ke Phi-Phi Island saya menggunakan jasa Miss Ladda, dengan biaya 1400 THB included Penjemputan di Hotel, Snack, Buah Segar, Minuman dan Makan Siang dan Kembali lagi ke Hotel.
  4. Untuk Penginapan, saya memilih Narry Hotel Patong, hanya sekitar 100 m dari Patong Beach. Harganya terjangkau untuk dua malam berdua hanya Rp 614.640,-, saya booking melalui Agoda.com, tanpa Breakfast. Rekomended karena bersih, dekat dengan pusat wisata Patong Beach, Night Life Bangla Road, dan Full Wifi.
  5. Tempat Wisaya yang saya kunjungi di Phuket adalah Patong Beach, Bangla Road, dan Phi – Phi Island.
  6. Transportasi yang bisa digunakan disini adalah Tuk-Tuk (semacam Bemo), dan Songthaew (Angkutan Kota). Disarankan menanyakan Harganya sebelum naik transportasi disini.
  7. Untuk kuliner, Sarapan pagi, saya membeli sarapan berupa Nasi Ayam di Family Mart / Seven Eleven yang tersebar di Sepanjang Patong Beach, dan makan siang/ malam untuk makanan Halal saya memilih makanan India/ Arab di Sekitar Patong.
  
1. Day 1, Keberangkatan.
  1. Saya menggunakan Jasa Penerbangan Lion Pagi pukul 06:00 dari Bengkulu ke Jakarta, dan pindah dari Terminal 1 ke Terminal 3 untuk Transit Air Asia.
  2. Penerbangan Air Asia dari Jakarta ke Phuket pukul 16:00 Sore, dengan lama penerbangan selama 2,5 Jam.
  3. Sebaiknya pada saat pesan tiket, pesanlah sekalian Makanan, karena lumayan laper, Harganya Rp 50.000, lumayan enak makanannya, ada Nasi Lemak, Nasi Ayam, Nasi Kuning, dsb.
  4. Tiba di Phuket Int Airport, sekitar pukul 19:00 malam, dan karena harus memaksimalkan waktu yang ada, saya menggunakan jasa Taksi Miss Lada dengan biaya sebesar 600 THB berdua dengan Istri.
  5. Perjalanan dari Airport ke Narry Hotel Patong ditempuh sekitar 45 Menit oleh Mr. Billy (Suami Miss Ladda), yang cukup fasih berbahasa Inggris.


 2. Day 1, Exploring Patong Beach.


  1. Alasan mengapa saya memilih Narry Hotel Patong, karena selain harganya terjangkau dua malam hanya sekitar Rp 600 ribuan, pelayanannya juga baik, bersih, dekat dengan makanan halal, jalan kaki hanya sekitar 100 m ke Patong Beach, dan sekitar 10 menit  berjalan kaki ke Bang La Road.
  2. Pada saat tiba di bandara jangan lupa mengambil Free Sim Card dari True Move, dan bisa anda isi ulang di Sevel (Seven Eleven) untuk melakukan aktivasi paket Data untuk Smartphone anda.
  3. Karena sudah cukup letih, hari pertama saya gunakan untuk bersih-bersih dan mencari Soup Tom Yam Kung di depan Hotel, dan berjalan santai di sekitar Patong Beach.
  4. Suasana malam di sini, sama seperti di daerah Kuta atau Legian klo di Bali, khususnya Bang La Road, merupakan Pusat Night Life di Phuket. Banyak sekali Bar dan Diskotik di daerah ini.
 
 3. Day 3 - Exploring Phi-Phi Island.




  1. Saya menggunakan Paket Tour di Phi Phi Island dengan Miss Ladda sebesar 1400 Bath, sudah include Makan Siang, Snack, Minuman, Buah dan Penjemputan di Hotel.
  2. Paket Tour di mulai pukul 07:00 Pagi, di jemput di Hotel lalu di Antar di Dermaga dan lanjut menggunakan Sea Angel Speed Boat.
  3. Selama mengikuti Paket Tour ini, saya dan istri sangat menikmati sekali pemandangan yang luar biasa, dengan perjalanan sekitar 2 jam dari Dermaga. 
  4. Kami mengunjungi Maya Bay, yang tersohor, dengan pantai yang bersih, Amazing banget, kemudian ke Bird’s Nest Cave, semacam Gua Burung Walet, Monkey Island, makan siang di Phi-Phi Don Island.
  5. Di Selatan Thailand ini banyak sekali muslim, jadi jangan khawatir bagi anda yang muslim, disini tersedia masakan Muslim.
  6. Saya sempat melakukan Snorkling disini, berjemur di pantai, unforgettable moment. Tour berakhir sekitar pukul 17:00, dan kita langsung di antar di Hotel masing-masing.

4. Day 2 - Patong Beach & Bang La Road   

  1.  Sore hari setelah di antar ke Hotel, kami mengunakan waktu untuk menikmati Sunset di Patong Beach. Banyak sekali para traveler yang menikmati sunset disini, kita bisa bermain jet ski, banana boat, paralayang, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati Buah Mangga Segar yang banyak di jual di sepanjang Patong Beach. Rasanya Amazing Banget.
  2. Setelah menunaikan Shalat Maghrib dan bersih-bersih kami mencari makan malam dan Sight Seeing di Bang La Road, yang merupakan Night Lifenya Phuket. Bang La Road merupakan jalan yang khusus malam hari menjadi pusat kehidupan malam, sehingga jalan sekitar 1 km ini penuh sesak oleh para traveler yang ingin menikmati malam di sepanjang jalan ini.

5. Day 3 - Phuket Bus Terminal 2 - Menuju Pattaya.




  1. Di hari ketiga, saya gunakan untuk Jogging di sekitar Patong Beach, sarapan, dan siap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Pattaya menggunakan Bis Malam.
  2. Dari Patong Beach, saya memanfaatkan Songthaew semacam Bis Kota, dengan biaya sebesar 20 THB per orang. Dengan perjalanan sekitar 35 menit melewati Pusat Kota Phuket, Phuket Old Town, kami tiba di Phuket Bus Terminal 1, dan kami melanjutkan Songthaew yang lebih kecil ke Phuket Terminal Bus 2, dimana di terminal inilah pusat transportasi bis dari Phuket ke Pattaya ataupun ke Bangkok. Dan saya menggunakan jasa Bis Sawasdee all Thai. Untuk informasi mengenai bis ini bisa di akses di http://www.phuket-pattaya.com. Dengan biaya perorang sekitar 887 THB, lebih murah dibandingkan di Web, jangan lupa beli makanan dan minuman di sekitar Terminal, karena di Bis hanya diberikan Roti dan Air Minum.
  3. Perjalanan Phuket – Pattaya di tempuh dengan waktu sekitar 14 jam, berangkat pukul 06:00 sore, dan tiba di Pattaya sekitar pukul 08:30 keesokan paginya. Bisnya sangat nyaman, dan jalan di Thailand bagus sekali, sehingga bisa beristirahat dengan nyaman di dalam bis. Kami sempatkan juga untuk Sight Seeing di pemberhentian Bus, setelah Bus melakukan perjalanan sekitar 5 jam.



 2. PATTAYA, THAILAND.
  
Saya berkunjung ke Pattaya, Thailand selama lebih kurang 2 hari satu malam, dan berikut Itinerary Perjalanan yang saya buat selama mengunjungi Pattaya.




 1. Day 4 - Exploring Pattaya.




  1. Di perjalanan saya berkenalan dengan traveler asal Bangladesh, bersama istrinya menuju Pattaya. Dan setibanya di pemberhentian terakhir bis di Pattaya, kami menyewa Songthaew, dengan biaya sebesar 50 Bath per orang menuju Red Tune Hotel. Kenapa memilih Hotel ini, karena letaknya yang strategis dan harga yang terjangkau, walaupun kamarnya sempit, dan no breakfast, dengan biaya sebesar Rp 427.624,- per malam.
  2. Setelah bersih-bersih, kami bersiap-siap mengexplore pattaya dengan berkendara Sepeda Motor, cukup memberikan foto kopian paspor, memberikan Uang Jaminan 1000 THB, dan uang sewa sebesar 350 THB, dan uang bensin sekitar 60 THB.
  3. Walaupun tidak semua tempat kami kunjungi, namun Alhamdulillah target Tempat Wisata yang menarik untuk kami kunjungi terlaksana, mulai dari Pattaya Beach, Kuil Kayu Sanctuary of Truth (Rekomended Banget), Laser Budha, Silverlake Vineyard (Kebun Anggur), Pattaya View Point, dan Makan Sore di Jomtian Beach. Kami hanya mengandalkan peta yang diberikan oleh Petugas Red Tune Hotel, dan sembari bertanya-tanya kepada penduduk lokal. Alhamdulillah aman, dan tidak ada kendala yang berarti walaupun sedikit kesasar sewaktu ingin mengunjungi Laser Budha.
  4. Oh yah, pada saat ke laser Budha, kami sempatkan berkunjung di Pattaya Floating Market, karena biaya masuknya lumayan sekitar 400 THB, kami hanya melihat-lihat saja, dan  mencoba makan Mango Sticky Rice yang Maknyus Abis.


 2. Day 4 - Exploring Pattaya.




  1. Mengandalkan Peta di Tangan, kami mengunjungi Kuil Kayu Tua yang sangat rekomended untuk di kunjungi ketika berada di Pattaya, yaitu The Santuary of Truth, dengan biaya masuk 500 THB, kita bisa menikmati keindahan yang luar biasa dari Kuil Kayu ini. Di dalam kuil ini terdapat Dewa-Dewa Hindu. Banyak sekali turis asing yang berkunjung di tempat ini. Setalah mengeksplore tempat ini, kami kehabisan Uang, dan di dekat jalan masuk kuil ini ada Money Changer Bank Lokal, dan nilai Dolar yang saya tukar mendapat nilai yang lebih tinggi dibandingkan saya tukar Rupiah ke Bath di Indonesia. Jadi lebih baik memegang Dolar.
  2. Kami penasaran untuk berkunjung ke Pattaya Floating Market, dengan membaca peta, Istri saya sebagai Navigator untuk mencari lokasi ini, dan Alhamdulillahnya lokasinya pun satu arah ketika kami ingin mengunjungi Laser Budha dan Silverlake Vineyard. Pattaya Floating Market merupakan Pasar diatas air yang di buat sedemikian rupa sehingga menarik untuk di kunjungi, disini tersedia kuliner, souvenir menarik, dan pernak-pernaik lainnya. Karena lumayan mahal biaya masuknya sekitar 400 THB, kami hanya melihat-lihat saja, dan mencoba Mango Sticky Rice yang sangat maknyus, hanya 80 Bth per porsi. Anda wajib mencoba ketika berkunjung di Thailand.
  
 3. Day 4 - Exploring Pattaya.

  1. Laser Budha, yang merupakan Sketsa Budha yang di laser di Sebuah Bukit Batu yang tinggi. Karena kondisi panas yang luar biasa saat itu, saya hanya sebentar berfoto dan menggagumi bukit yang di gambar Sketsa Budha ini, banyak sekali umat Budha yang bersembahyang disini, sehingga banyak sekali bis-bis pariwisata yang terparkir mengantarkan para traveler yang ingin mengunjungi salah satu tempat persembahyangan Umat Budha di Pattaya ini.
  2. Silverlake Vineyard. Maju sekitar 200 meter dari Laser Budha, kami berkunjung ke Perkebunan Anggur yang keren banget, di tepi Danau Perak yang indah, puluhan hektar kebun anggur terlihat disini, Lokasi wisata ini dinamakan Silverlake Vineyard. Karena cuaca sangat panas, sangat cocok untuk menikmati Jus Anggur dingin dengan harga 100 THB per pcs. Maknyus rasanya. Seger Banget.

4. Day 4 - Exploring Pattaya.

 


  1. Big Budha. Saya dan istri tiba-tiba dikagetkan oleh Ibu-Ibu, yang berkata Moslem-Moslem, karena istri saya menggunakan hijab yang sama seperti beliau. Alhamdulillah, hehe. Kami mengunjungi Big Budha dengan berkendara Sepeda Motor, ramai sekali orang yang bersembahyang disini, kami melihat-lihat keindahan View Point dari sini, kita tidak di pungut biaya sepeserpun ketika berkunjung kesini.
  2. Pattaya View Point. Dari Big Budha, berkendara sekitar 750 m ke Puncak, kita bisa menyaksikan View  Pattaya yang luar biasa keren abis, Alhamdulillah kami masih bisa melihat View yang sangat cantik, walaupun waktu sudah menunjukan 18:30 Sore. Dan Lokasi ini juga Gratis untuk di kunjungi. Klo Laper, sepanjang Jomtian Beach, searah jalan pulang ke Red Tune Hotel, kamu bisa berkunjung ke pasar kuliner, dan banyak makanan yang halal serta murah meriah mulai dari Tom Yam, Pad Thai, dsb.
  3. Tiffany Cabaret Show. Setelah beristirahat sejenak di Hotel, pukul 08:30 malam, kami berangkat ke Tiffany Cabaret Show, dengan membayar biaya sebesar 800 THB per orang, kita bisa menikmati pertunjukan yang Spectaculer dari Lady Boy Thailand yang cantik-cantik dan seksi, di iringi lampu warna warni dan irama musik yang ciamic, sangat menghibur malam terakhir kami di Pattaya.


 5. Day 5 - Exploring Bangkok.


  1. Di hari ke lima, kami gunakan waktu libur yang tersisa sebaik-baiknya untuk mengexplore Bangkok, dengan menumpang Bis dari Pattaya Bus Terminal, hanya naik 2 kali Songthaew dengan biaya sebesar 10 THB per orang, kita sampai di Terminal Bis Pattaya yang cukup bersih dan nyaman. Dengan membayar Karcis sebesar 119 Bath, kemi menghabiskan sekitar 2,5 Jam perjalanan menuju Bangkok.
  2. Setelah sampai di Terminal Bus di Bangkok, kami langsung naik BTS Skytrain, seperti MRTnya Singapore, dan tujuan kami adalah D&D Inn di kawasan traveler Khao San Road. Berhenti di National Stadium, kami melanjutkan perjalanan dengan Bis Gratis no 45 ke daerah Khao San Road.
  3. Saya salut juga dengan Pemerintah Thailand, bisa menggratiskan Bus Kotanya, sehingga kami yang sebagai traveler bisa berhemat untuk moda transportasi keliling kotanya. Namun klo saya tanya ke penduduk lokal, Bis dengan nomor-nomor tertentu memang gratis.
  4. Khao San Road merupakan daerah tempat tinggal Traveller, di kiri dan kanan jalan banyak sekali penginapan dengan harga murah, kami mendapatkan penginapan D&D Inn dengan biaya semalam sebesar Rp 382.212,- melalui Agoda.


 3. BANGKOK, THAILAND.   
Saya berkunjung ke Bangkok, Thailand selama lebih kurang 2 hari satu malam, dan berikut Itinerary Perjalanan yang saya buat selama mengunjungi Pattaya.



1. Day 5 - Exploring Bangkok.





  1. Setelah bersih-bersih di Hotel, kami menuju Dermaga Phra Arthit, berjalan kaki sekitar 750 m dari Hotel kami, karena saya dan istri sangat suka buah, kami sempatkan membeli buah jambu seharga 20 THB untuk menemani perjalanan ke Grand Palace. Kami memanfaatkan Transportasi Air, karena sangat murah, hanya 5 THB sekali jalan. Walaupun sampat kesasar di dermaga pemberhentian, akhirnya kami berhasil mencapai Dermaga Tha Chang (N9), yang merupakan Dermaga terdekat dengan Grand Palace.
  2. Di sepanjang jalan menuju Grand Palace, banyak sekali penjual buah, dan minuman segar serta pernak-pernik souvenir. Dan finally walau panas banget, akhirnya kami sampai di Grand Palace, dan waktu menunjukan pukul 15:00. Sedangkan Grand Palace di tutup pada pukul 16:30. Yah gakpapa, yang penting bisa masuk dan datang kesini, ujar saya ke istri. Dengan merogoh uang sekitar 500 THB per orang, kami bisa menikmati keindahan luar biasa bekas Istana Raja Thailand disini, kami mengelilingi Grand Palace sekitar 1,5 Jam, Walaupun kurangwaktunya, namun kami cukup puas bisa menggagumi dan datang di Grand Palace ini. Amazing, wajib datang kesini ketika anda berkunjung ke Bangkok.
 
 2. Day 5 - Exploring Bangkok.
 
  1. Setelah Mengunjungi Grand Palace, saya dan istri mengunjungi Platinum Mall di Bangkok, Mall ini seperti Mangga Dua di Jakarta. Kami belanja untuk bahan dagangan di Butik Ulma Galeri, Alhamdulillah bisa belanja dengan harga lumayan murah dan untuk bisa kami jual kembali.
  2. Kami sampai di D&D Inn sekitar pukul 21:00 malam, dengan menggunakan BTS Skytrain, di sambung dengan Bis Kota ke arah Khao San Road. Dan di penghujung malam terakhir kami menikmati meriahnya Khao San Road dengan kuliner, souvenir, kaos2 khas Bangkok, Makanan yang tidak biasa, misalnya Kecoa, Kalajengking, dsb, serta meriahnya Pub dan Bar di sekitar Hotel Kami. Khao San Road memang kawasan para traveler.
 
3. Day 6 - Back to Indonesia.


  1. Hari ke-6 adalah hari terakhir kami di Bangkok, karena kami harus mengejar Pesawat Air Asia menuju Jakarta sekitar Pukul 11:00. Dan kami masih berkesempatan untuk sarapan di Hotel. Saya cukup puas dengan pelayanan hotel ini, bersih, di pusat kawasan traveler Khao San Road, wifi tersedia, ada kolam renang, dan ada sarapan.
  2. Kemi menggunakan taksi dari D&D Inn ke Don Mueang Int Airport, dengan tarif 300 THB setelah bernegosiasi dengan Para Pengemudi Taksi di depan Hotel. Kisaran Harga ini diberikan oleh petugas Hotel sebelum Check-Out. Dengan perjalanan sekitar 3,5 Jam akhirnya sampai di Indonesia dengan selamat, untuk transit dan melanjutkan perjalanan ke Bengkulu dengan Penerbangan Lion Air paling malam pukul 19:30.
  3. Alhamdulillah kami sangat puas dengan liburan kali ini, di tempat yang baru dengan tantangan dan pengalaman yang sangat mengesankan. You Have To Visit Thailand.

NOTES VACATION IN THAILAND (PHUKET, PATTAYA & BANGKOK).
  1. Harus berhati-hati terhadap Scammer, misalnya pada saat naik Tuk-Tuk (Bemo) atau Songthaew harus menawar terlebih dahulu atau tau harganya.
  2. Hati-hati copet, dimanapun dan kapanpun kita harus hati-hati terhadap copet. Sewaktu naik di Bis dari National Stadium Station BTS, ada seorang bapak-bapak tua yang mau mencopet tas punggung saya, dan saya ubah letak tas di depan, sehingga bisa terlihat. Hati-Hati.
  3. Gunakan Transportasi Publik bukan Taksi untuk mengurangi beban biaya.
  4. Sebaiknya luangkan waktu minimal 3 hari di masing-masing kota, sehingga tempat wisata yang belum saya kunjungi seperti Wat Arun, Wat Pho, Karabi Island, James Bond Island bisa di kunjungi maksimal.
  5. Membeli Tiket Cabaret Show lebih baik minimal seminggu sebelumnya melalui Website, sehingga mendapatkan harga yang lebih murah. Karena Harga tiket Go Show dengan Web, bisa berbeda sekitar 200 Bath, Lumayan kan.
  6. Jangan malu bertanya, orang Thailand cukup ramah, walaupun bahasa inggris pas-pasan mereka mau membantu kita.
  7. Makanan yang halal menurut saya sulit di cari di Thailand, tipsnya adalah cari Restoran India, Arab seperti Kebab Turki, atau masakan Muslim, yang baru sekali saya temui di Phuket Bus Terminal 2.
  8. Bawalah uang dalam Bentuk Dolar USD, karena nilainya lebih tinggi, dibandingkan kita menukar Rupiah ke Bath di Indonesia.
Have a Nice Trip, Semoga Itinerary dan Sharing Perjalanan saya ke Thailand bisa bermanfaat.

1 komentar:

  1. Hai pak terima kasih infonya sangat membantu, saya rencananya mau ke phuket tapi kok mendengar kabar tentang bom jdi takut ya padahal tiket nya akhir agustus ini. Saya mau tanya tentang kira kira budget 2 juta tanpa tiket pesawat dan hotel untuk 2 hari di phuket cukup ga ya pak termasuk paket wisata ke phiphi island thanks

    BalasHapus

hello guys