Monday, July 17, 2017

Group Discussion about Growing Revenue Digital in Telkomsel

Hotel Aryaduta, Palembang,
17 Juli 2017.

Semangat Pagi !!!

Hari ini saya mengikuti training yang sangat menarik dan luar biasa sekali untuk saya ikuti mengenai Upscaling Our Go Beyond Telkomsel, di Hotel Aryaduta Palembang yang dibawakan oleh Pan Antonius dari Learn Inc Indonesia. Pada sesi siang hari ini, ada Group Discussion yang menarik, dan kami dari kelompok 6 memutuskan untuk memilih topik diskusi mengenai bagaimana menumbuhkan Revenue Digital Telkomsel untuk memastikan bahwa Telkomsel terus tumbuh secara sustainable kedepannya.

Kesimpulan hasil diskusi kelompok 6 untuk meningkatkan Revenue Digital Telkomsel.

Dari hasil diskusi kami kelompok 6 yang digawangi oleh Mas Andy Bachtiar, saya Bambang Purnomo, Mas Ary Prayudi & Pak Nusmir, kami menyimpulkan beberapa out of the box ideas yang bisa dilakukan oleh Telkomsel untuk terus meningkatkan revenue digital, berikut:

     1. Digital Advertising Videotron


Digital Advertising Videotron menjadi salah satu peluang bagi Telkomsel untuk mendapatkan revenue melalui pemasangan iklan yang dilakukan oleh client di Videotron Telkom yang saat ini sudah tersebar di beberapa titik di setiap provinsi di Indonesia. Hal yang menarik dan menjadi breakthrough disini adalah, si client bisa melakukan pemasangan iklan sesuai segmentasi dan customer behavior dari si pelanggan Telkomsel, yang bisa di "baca" melalui tera data Telkomsel, sehingga pada saat berhenti di lampu merah, pelanggan-pelanggan di suatu daerah yang perilaku membeli kecenderungannya tinggi, akan di tampilkan iklan tersebut.

Hal ini menjadi penting untuk sinergi antara Telkomsel dengan layanan Telkomsel Digital Advertising berkolaborasi dengan Telkom selaku induk perusahaan untuk mendapakan ceruk baru revenue melalui iklan digital.

     2. Sekir (Searching Parking)

Sekir (Searching Parking) adalah suatu aplikasi yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat. Aplikasi Searching Parking sangat bermanfaat dan membantu kepada para users untuk mendapatkan posisi parkir khususnya di kota-kota besar.

Prinsip kerjanya adalah, user SEKIR bisa mencari titik parkir yang available di titik terdekat dari posisi lokasi user berada, misalnya ketika pelanggan berada di dekat Palembang Indah Mall (PIM), dan ingin mencari parkir, SEKIR bisa memberikan rekomendasi mengenai lokasi terdekat, atau availability ruang parkir ketika pelanggan ingin memarkir kendaraanya di area parkir PIM, sehingga ini bisa sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan tepat mengenai area parkir yang tentunya sangat penuh pada saat-saat long weekend misalnya.

     3. M-KIOS 2.0

M-KIOS saat ini menjadi salah satu kanal distribusi bagi Telkomsel dalam melakukan recharges baik isi pulsa, recharges data paket internet, recharges paket legacy yang masih berbasis UMB.

Pada M-KIOS 2.0 ini, kelompok kami memiliki ide untuk mengupgrade beragam fitur yang bisa dilayani melalui aplikasi berbasis android ataupun IOS, dimana para reseller/outlet Telkomsel bisa mendaftarkan Nomor MKIOS lamanya untuk menjadi M-KIOS 2.0.

Apa saja yang bisa dilayani pada aplikasi M-KIOS 2.0 ini adalah seperti layanan basic MKIOS, Cash-In TCASH, melakukan pembayaran tagihan telpon tetap, pembayaran kartuHALO, pembelian token listrik, pembayaran asuransi jiwa, tagihan kredit kendaraan dll, sehingga dengan hanya menggunakan single chip MKIOS 2.0, para reseller dengan mudah untuk melakukan beragam fitur penjualan, sehingga bisa memaksimalkan bisnis dari para reseller.

     4. T-CASH for You (2.0)

T-CASH merupakan salah satu layanan keuangan digital yang dimiliki Telkomsel saat ini, dengan beragam kemudahan yang di dapat oleh pelanggan T-CASH, kami kelompok 6 melihat bahwa T-CASH bisa dikembangkan lagi, khususnya untuk mengintegrasikan dengan Purchase-App melalui Appstore ataupun Playstore bagi pengguna Android & iOS.

Selain itu juga T-CASH bisa bekerjasama dengan para penjual voucher game, vendor game freemium, dimana ketika pelanggan kehabisan koin dan ingin membeli koin untuk bisa bermain game kembali, pelanggan bisa dengan mudah cukup membayar melalui T-CASH.

Tujuan utamanya adalah untuk mempopulerkan T-CASH kepada para pengguna Smartphone terkait layanan digital money Telkomsel.

     5. Aplikasi T-Trip

Aplikasi Telkomsel Trip atau yang disingkat T-Trip ini adalah suatu layanan aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui informasi secara lengkap terkait layanan transportasi publik, misalnya pelanggan yang ingin mengetahui bagaimana menuju kesuatu tempat wisata di Palembang, pelanggan cukup memasukan nama lokasi wisata, lalu muncul beragam opsi transportasi publik serta estimasi biaya untuk mencapai titik wisata tersebut, selain itu pelanggan juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai titik terdekat terkait Bus Stop / Stasiun terdekat dengan lokasi user saat ini. Hal ini sangat bermanfaat khususnya bagi touristic area, pusat bisnis dan kota-kota besar.

Berikut beberapa kesimpulan hasil diskusi kami dari kelompok 6, semoga ide out of the box nan sederhana ini bisa di eksekusi untuk di implementasikan untuk bisa membantu Telkomsel kedepannya untuk terus tumbuh secara sustainable.

Semangat Pagi dan Terus Berkarya.

Bambang Purnomo,
Peserta Training Upscaling Our Go Beyond Telkomsel, di Hotel Aryaduta Palembang
17-19 Juli 2017.

No comments:

Post a Comment

hello guys