Thursday, January 11, 2018

Menyusun Skala Prioritas melalui Sebuah Buku Agenda


Bengkulu,
11 Januari 2018.

Pada hari ini, saya ingin sedikit sharing mengenai pemanfaatan buku Agenda sebagai tools dalam membantu pengingat dan memberikan jadwal untuk kita prioritaskan dari setiap profesi yang kita miliki. 

Setiap kita pasti punya beragam aktivitas dan pekerjaan yang sangat padat, mulai dari janji meeting dengan client/pelanggan, deadline report yang harus kita submit, melakukan control ke tim terkait, memfollow up beberapa tugas-tugas yang terpending hari-hari sebelumnya, bahkan kegiatan-kegiatan pribadi seperti bayar tagihan rumah, kendaraan, bayar listrik, air, bayar gaji karyawan klo kita punya usaha, dan segudang aktivitas lain yang terkadang sedikit membuat kita bingung, apa yang harus kita prioritaskan, dan apa yang harus kita lakukan.

Pengalaman pribadi yang saya sharing disini, menjadikan Buku Agenda sebagai Buku yang sangat membantu karena berisi catatan-catatan pekerjaan dan beragam deadline yang saya harus lakukan setiap harinya. Mengapa hal ini saya lakukan, karena saya tahu kelemahan saya, saya terkadang lupa dengan apa yang harus saya lakukan, ketika beragam pekerjaan menumpuk di depan mata.

Dengan adanya buku agenda ini, setiap pagi hari saya mencatat deadline dan pekerjaan apa saja yang harus saya lakukan hari ini, dan PR-PR apa saja yang belum saya kerjaan dari hari-hari sebelumnya. Dan saya bisa menentukan mana yang harus saya prioritaskan, dan mana yang bisa saya pending terlebih dahulu. Minimal, ketika ada pekerjaan baru yang muncul, saya tidak akan lupa, karena sudah saya tulis di buku agenda, dan kapan harus saya selesaikan.

Yang membuat bahagia dari agenda ini adalah, ketika dari jadwal yang kita miliki berangsur-angsur kita coret, atau kita tandai bahwa tugas itu sudah selesai (unchecklist), beban sedikit demi sedikit berkurang, dan amanah yang harus kita lakukan terlaksana dengan baik.

Simple memang, hanya menulis yang harus kita lakukan, atau notes-notes lain yang menjadi target kita, bisa cita-cita, dan lainnya. Sehingga setiap hari kita baca target atau impian itu, kita akan termotivasi untuk berupaya keras dalam mencapainya. Selain itu, dengan checklist yang kita buat di Buku Agenda, membantu untuk meningkatkan daya ingat, mengurangi keteledoran dalam pekerjaan, tau akan prioritas yang harus kita lakukan, dan tentunya tidak ada pekerjaan yang tidak selesai hingga deadline tiba.

Kalo boleh saya mengutip Quote mengenai betapa pentingnya Agenda bagi saya yaitu:

"The secret of your success is determined by your daily agenda",
John C. Maxwell

"The pen is an instrument of discovery rather than just a recording implement. If you write a letter of resignation or something with an agenda, you're simply using a pen to record what you have thought out". Billy Collins

Semoga sedikit pengalaman sharing ini bisa bermanfaat. Selamat menunaikan Ibadah Shalat Jumat bagi anda yang menjalankannya.

Semangat Pagi dan Terus Berkarya.
Salam hangat
Bambang Purnomo
bambangpurnomohp.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

hello guys