Wednesday, January 6, 2016

Manfaat Daun Pepaya


Bengkulu,
07 Januari 2016.

Pagi ini, saya ingin sedikit sharing mengenai manfaat dari Daun Pepaya buat kita semua. Hal ini menjadi penting bagi saya, karena di Menu Istimewa kami, di Bebek Sambal Pecut, kami menggunakan Lalapan Daun Pepaya, yang ternyata manfaatnya luar biasa bagi tubuh kita. Semoga sharingnya bermanfaat. 
============================

Pepaya merupakan buah yang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Rasa buahnya yang manis membuat banyak orang yang menyukai buah ini. Karena banyak permintaan dari pasar untuk buah yang satu ini, banyak petani yang beralih dari tanaman lain ke tanaman buah pepaya. Selain cara penanamannya yang sangat mudah, harganyapun juga cukup bersaing.


Hal tersebut kemudian membuat para petani semakin bersemangat. Apalagi akhir-akhir ini daun pepaya juga banyak dicari oleh konsumen karena khasiatnya yang berlimpah bagi kesehatan. Dan jangan lupa juga baca artikel mengenai manfaat buah pepaya serta kandungan gizinya.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat daun pepaya hingga banyak orang memburunya? Berikut akan saya jelaskan mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan manusia.

1. Melancarkan buang air besar,

Manfaat yang pertama adalah sebagai sayuran yang mampu memperlancar buang air besar. Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan manusia akan menjadi lebih baik dan terhindar dari diare maupun sembelit.

2. Mencegah demam berdarah,

Khasiat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai pencegah demam berdarah. Anda dapat melakukan usaha ini dengan cara rutin meminum air rebusan daun pepaya. Agar anda merasa nyaman saat meminumnya, tambahkan sedikit pemanis seperti madu. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, anda akan meminimalisir terjadinya demam berdarah sehingga hidup anda akan lebih terjamin kesehatannya.

3. Menghilangkan nyeri haid.

Manfaat yang berikutnya adalah sebagai penghilang rasa nyeri haid. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan cara merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga gangat kemudian minulah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan mempercepat reaksinya dalam perut sehingga rasa nyeri akan segera dapat diatasi. Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat sebagai obat anti kanker. Hal tersebut dikarenakan dalam daun pepaya terdapat getah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Getah tersebut akan tercampur pada segala olahan yang berbahan dasar daun pepaya. Jadi, anda tidak perlu untuk meminum getah tersebut secara langsung.

4. Mengobati masuk angin.

Khasiat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai obat masuk angin. Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun pepaya mampu menghilangkan penyakit masuk angin. Cara memanfaatkan daun pepaya sebagai obat masuk angin adalah dengan cara meminum air rebusan daun pepaya dan daun sembung, jinten, sereh, jahe dan gula jawa. Jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk hasil yang maksimal, minumlah dalam keadaan hangat.

5. Mencegah dan mengobati diabetes.

Manfaat pepaya berikutnya adalah sebagai obat anti diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.

6. Daun pepaya sebagai obat jerawat.

Khasiat pepaya yang selanjutnya adalah sebagai obat jerawat. Jerawat yang meradang pada remaja kadang membuat mereka resah. Namun, mulai sekarang mereka tidak perlu resah lagi karena ada obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi jerawat. Obat tersebut adalah masker daun pepaya. Masker daun pepaya dapat anda buat sendiri dengan cara menghaluskan daun pepaya segar kemudian mengoleskannya ke seluruh wajah. tunggu 30 menit dan bilas. Lakukan cara ini rutin setiap dua hari sekali.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun pepaya. Dan jangan lupa cobain Bebek Goreng Spesial dari Sambal Pecut, dan pastinya anda bisa menikmati Daun pepaya muda, dan di temani dengan garingnya Bebek Spesial dari Bebek Sambal Pecut Bengkulu.

Semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Semoga bermanfaat. Semangat Pagi dan Semangat Berkarya.

1 comment:

  1. Beberapa kasus juga mendukung Mas/ agan bahwa daun pepaya juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, saya juga suka masakan dari daun pepaya dan biasanya di tumis dan jadi lalapan di pagi hari. Agan juga suka daun pepaya bukan?

    ReplyDelete

hello guys