Selasa, 05 Januari 2016

Percepatan Transformasi Perekonomian di Indonesia


Bengkulu,
06 Januari 2016.

Di penghujung akhir tahun 2015, saya di undang pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, dimana pada tahun ini, Bank Indonesia memiliki tema - Sinergi untuk Percepatan Transformasi Lokal. Pak Bambang Himawan, selaku Deputy Bank Indonesia Bengkulu sendiri menyatakan bahwa ada beberapa hal yang dilakukan oleh Bank Indonesia, selain mengawal kondisi perekonomian di Indonesia, juga mendorong pertumbuhan perekonomian dari sektor lokal melalui pendayaan UKM.


Dimana pada acara ini juga, Bank Indonesia memberikan Reward kepada UKM-UKM yang berprestasi yang tumbuh di Bengkulu, dengan adanya tambahan modal, penyuluhan, dsb. Dan yang terpenting yang saya selalu ingat dari arahan Pak Bambang Himawan waktu itu, bahwa ada 3 hal utama yang menjadi sangat penting, ketika perekonomian di daerah dan nasional tumbuh dan maju serta berdaya saing yaitu:
  1. Perlunya Optimalisasi Pangan Lokal.
  2. Memberikan Makan Orang Miskin.
  3. Investasi Lokal (UKM).
Awalnya saya sedikit tergelitik untuk menganalisa lebih jauh, mengapa beliau menyatakan 3 poin penting ini. Ternyata India, saat ini tumbuh menjadi negara yang maju di Asia, karena mereka terus berusaha untuk memenuhi pangan lokal mereka dengan menumbuhkan pertanian lokal yang modern, Organisasi yang bergerak di bidang sosial bisa terus memberikan naungan bagi orang miskin, dengan cara memberikan makan, pekerjaan, dsb. Serta menumbuhkan Investasi Lokal seperti UKM, apapun itu bentuknya.


Dan menurut hemat saya, saya sangat setuju sekali dengan apa yang disampaikan beliau. Dengan pertumbuhan perekonomian lokal melalui UKM, tentunya lapangan pekerjaan terbuka lebar, pendapatan perkapita masyarakat akan naik, kegiatan ekspor impor naik, serta berkurangnya jumlah masyarakat miskin dan tentunya angka kejahatan akan menurun. 

Perut, yak perut. Kalo masyarakat perutnya kenyang, tentunya angka kejahatan turun. Nah yang bisa kita lakukan saat ini, bukan hanya terus meminta Pemerintah Pusat dan Daerah berbenah, memaki, dan menjelek-jelekkan dsb. Yang penting adalah kita mulai dari diri kita sendiri, berwirausaha, buka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan di sekeliling kita, apapun bentuk usahanya, baik usaha olahan, jasa, dsb. Apapun itu, ketika semua masyarakat memiliki mindset untuk terus menumbuhkan usaha, maka tentunya akan berdampak secara sistemik bagi perekonomian di Indonesia.

Semoga kita terus diberikan kesehatan, dan Semangat selalu untuk berkarya, berwirausaha dan berdampak positif bagi masyarakat kita. 

Semangat Pagi dan Semangat Berkarya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys