Minggu, 20 November 2016

Modal Utama Bisnis adalah Ide & Motivasi yang Tinggi

Modal Utama Bisnis adalah Ide & Motivasi yang Tinggi

Bengkulu,
20 November 2016.

Seringkali saya ditanya oleh beberapa rekan saya, Bisnis yang bagus apa ya?, Ajarin donk buat bisnis?, Modalnya berapa banyak ya?, Klo rugi gimana?, dan banyak pertanyaan lainnya. Ada pernyataan menarik yang selalu saya pegang dari Sosok Pebisnis Ulung di negeri ini Alm. Bob Sadino adalah “Bisnis apa yang BAGUS?, Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan ditanyakan terus !!!”.

Yap betul sekali, eksekusi menjadi sangat penting dibandingkan hanya banyak pertimbangan, terlalu banyak perhitungan Studi Kelayakan Bisnis, Modal dan beragam hal lainnya yang menghambat untuk kita bisa menjalankan sebuah Bisnis. Pak Erwin Tanjung, Vice President di Telkomsel selalu mengatakan kepada karyawan di Area Sumatera bahwa Ilmu yang didapat di Bangku Kuliah hanya digunakan sebesar 20%, selebihnya 80% adalah eksekusi. So, Let’s execute Bro !!!.

Ada dua hal yang selalu saya pegang, Modal Utama dalam menjalankan sebuah Bisnis adalah Ide dan Motivasi yang tinggi. Kenapa dua hal utama ini menjadi penting, berikut beberapa pandangan saya:

1.     Modal Ide.

Allah SWT menciptakan manusia dengan diberikan Kebarokahan yang Luar Biasa yaitu Otak, dimana manusia bisa membangun peradaban zaman yang maju dengan teknologi. Hingga saat ini dunia mencatat bahwa dengan Otak yang diberikan Allah SWT, manusia bisa pergi ke bulan, bisa berkomunikasi secara realtime dengan menggunakan teknologi, membangun gedung-gedung pencakar langit, dan lainnya yang merupakan buah hasil dari Anugrah Otak yang luar biasa.

Ide membangun bisnis menjadi sangat penting bagi seorang entrepreneur karena ketika kita memiliki suatu ide mengenai suatu usaha yang ingin kita jalankan, kita akan mencari tau secara detail apa yang harus kita lakukan ketika ingin membangun bisnis tersebut, banyak mencari referensi, dan terus belajar walaupun bidang bisnis tersebut belum pernah sama sekali kita jalankan.

Motivasi yang Tinggi untuk Berwirausaha

2.     Motivasi yang Tinggi.

Ide saja tidak cukup jika tidak di iringi dengan Sikap Persistent & Eagerness to Growth, karena ketika menjalani suatu usaha, seorang entrepreneur akan banyak menghadapi beragam tantangan baik dari operasional bisnis, permodalan, managing people, managing supplier, kerugian serta aneka tantangan lainnya yang tentunya akan membuat kita akan down dan patah semangat jika tidak memiliki motivasi yang tinggi untuk terus Melangkah dan Berlari.

Gimana kalo Modal?, Klo gak ada Modal gimana Bisnis bisa jalan?. Pertanyaan ini yang sering muncul bagi kita yang ingin memulai Bisnis. Menurut hemat saya, Modal adalah nomor sekian bagi seorang entrepreneur, karena ketika kita memiliki suatu ide bisnis, dan motivasi yang kuat, bisnis bisa kita jalankan. Contoh sederhananya adalah ketika kita ingin memulai bisnis, namun tidak ada modal, kita bisa menjadi Reseller Online, dengan menggunakan Internet Marketing, kita bisa menjual produk-produk kecantikan atau Pakaian Muslimah misalnya, dengan tanpa modal, kita mendapatkan margin keuntungan, yang bisa kita jadikan modal untuk next business atau meng-enlarge bisnis tersebut.

Saya tidak menganjurkan untuk kita memulai bisnis dengan meminjam ke Bank, sedini mungkin saya selalu menghindari Riba demi bahagia, damai dan barokahnya usaha kita. Walaupun ketika memulai bisnis, kita mulai dengan modal seadanya, belum sempurna, dan masih banyak perbaikan itu lebih penting dibandingkan ketika kita harus memulai bisnis dengan skala besar, namun kita tidak tau bagaimana menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Dengan seiringnya waktu, kita bisa terus memperbaiki bisnis kita, serta memperbesar skala bisnis yang kita jalankan tersebut.

Dengan memulai segala sesuatu dari Nol, kita akan tau strategi apa yang harus kita lakukan ketika badai menghantam. Ingat, bahwa Pelaut yang hebat tidak diciptakan oleh Laut yang tenang, namun oleh Lautan yang Ganas dan berbahayalah yang membuat Pelaut tersebut “berpengalaman” dalam menghadapi segala rintangan yang muncul.

Business is about passion, karena ketika kita menyukai sesuatu hal dan banyak tahu mengenai sesuatu, kita akan mahir dan bisa menggunakan segala kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Jangan pernah memulai bisnis dengan motivasi karena ingin ikut-ikutan orang lain/temen/saudara untuk berbisnis kuliner atau lainnya. Mulailah bisnis dengan sesuatu yang anda sukai, banyak sekali yang saya temukan orang-orang yang memiliki hobi, lalu ditekuni dan terus menjadi bisnis yang nilainya tidak bisa di pandang sebelah mata.

Yuk kita mulai membangun Bangsa ini untuk menjadi bangsa yang bersaing tinggi, bangsa yang makmur dan di segani oleh bangsa lain dengan menerapkan sedini mungkin jiwa entrepreneur. Ketika segenap pemuda di negeri ini membangun jutaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan bisa menyerap jutaan lapangan pekerjaan, tentunya taraf hidup masyarakat akan tumbuh, perekonomian daerah tumbuh, kondisi ekonomi secara makro pun akan tumbuh. Karena walaupun Pemerintah Pusat berupaya menerapkan beberapa strategi untuk menumbuhkan kondisi perekonomian mulai dari pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok Indonesia Timur, dan lainnya tanpa adanya pembangunan mental masyarakat untuk pemberdayaan bisnis lokal, maka laju perekonomian berjalan stagnan bahkan lamban.

Maka hayuk mulai saat ini, mumpung masih muda, mumpung masih sehat, dan masih banyak waktu untuk membangun negeri, hayuk kita berlari dengan menjalankan bisnis apapun yang bisa kita lakukan. Yuk kita jadi entrepreneur.

Semangat Pagi dan Terus Berkarya.

Salam Hangat,
Bambang Purnomo.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys