Minggu, 15 Januari 2012

Merokok = Merugikan diri Sendiri dan Orang Lain


Palembang,
Januari 26, 2012

Di penghujung akhir bulan Januari ini, saya mencoba menulis apa yang saya selalu alami saat ini. Di sekitar kita, kita menyadari bahwa banyak orang-orang di sekitar kita selalu merokok di sekitar orang-orang yang tidak merokok, bahkan aturan larangan merokok di depan umum pun masih banyak di langgar olah para perokok.

Tahukah anda betapa bahayanya rokok bagi perokok pasif, yaitu sebutan bagi kita yang tidak merokok, namun "menikmati" asap rokok beracun dari para perokok. Ada kolega saya yang akhirnya terkena kanker paru-paru di karenakan kebiasaan merokok yang akut, beliau bisa menghabiskan sampai dengan 3 bungkus rokok dalam sehari. Luar biasa.

Terkadang saya sesekali menegur para perokok yang menggangu ketika berada pada fasilitas publik. Namun terkadang mereka tetap membandel dan dengan rasa angkuhnya tetap merokok, bahkan di ruangan BerAC, yang jelas-jelas sangat membahayakan orang-orang yang berada di ruangan tersebut.

Mungkin tulisan ini sedikit himbauan bagi perokok, walaupun merokok itu adalah hak asasi manusia bagi setiap individu, namun bagi bukan perokok, kebebasan dari asap rokok juga merupakan hak asasi, maka hormati hak dan kewajiban masing-masing, merokoklah pada tempatnya, dan jangan pernah merugikan kesehatan orang lain.

Jika menilik kerugian merokok menurut hemat saya adalah:
  • Merugikan kesehatan, karena banyak penyakit yang muncul, mulai dari batuk, bahkan hngga kanker paru-paru, yang tentunya bisa berdampak sangat fatal bagi kesehatan bagi diri sendiri perokok maupun orang lain.
  • Menguras kantong, hal ini di karenakan si perokok harus mengeluarkan uang yang terus menerus untuk memenuhi hasrat merokoknya.
  • Orang perokok biasanya identik dengan orang yang kotor, bau mulut, dsb sehingga kurang nyaman di liat.

Semoga kita menyadari bahwa merokok sangat merugikan bagi kita sendiri dan orang lain, maka berhentilah untuk merokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys