Sabtu, 14 Januari 2012

Pemimpin Sejati itu suka Mendengarkan



Palembang,
Januari 15, 2012

Dari beberapa referensi yang saya baca dan pengamatan dari kaca mata pribadi, saya menyimpulkan bahwa mendengarkan merupakan sesuatu yang sangat sulit kita lakukan, karena kebanyak dari kita lebih menyukai untuk di dengarkan dan terus selalu berbicara apa yang ingin selalu kita pikirkan kepada orang lain.

Namun harus di garis bawahi di sini, ketika kita menjadi seorang pemimpin sejari, ilmu listening, atau mendengarkan merupakan ilmu yang harus kita kuasai, kita harus sering mendengarkan orang lain, masukan orang lain, mendengarkan bukan hanya berupa ucapan dari bawahan kita, teman sekerja, atau dari atasan, mendengarkan juga berupa pengamatan kita terhadap sesuatu yang bisa menjadi masukan kita untuk mengambil keputusan yang objective dan tepat.

Sosok yang saya kagumi di dunia Telekomunikasi saat ini adalah Bapak Hasnul Suhaimi, sebagai CEO di PT XL Axiata, Tbk beliau memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa. Beliau pernah memposting di blog pribadi beliau, bahwa hampir 80% pekerjaan beliau adalah mendengarkan, karena dengan mendengarkan kita bisa mengali informasi dengan baik, bisa membangun hubungan interpersonal yang baik, bahkan dengan menjadi pendengar yang baik, bawahan kita tidak mengganggap jarak yang jauh antara atasan dan bawahan, namun ada semacam hubungan batin yang baik, yaitu atasan menjadi semacam guru, sahabat yang baik untuk menyelesaikan tujuan perusahaan, maupun membantu menyelesaikan masalah pribadi bawahan kita.

Belajarlah untuk menghargai orang lain dengan mendengarkan orang lain, siapapun itu, hargailah, karena dengan menghargai orang lain, maka sebenar-benarnya kita menghargai diri kita sendiri.

Selamat menjadi pribadi yang santun dan rendah hati..

2 komentar:

  1. di makul mgt jg ada tuh mas,, pimpinan juja harus mendengarkan bawahan.. pimpinan akan makin dihormati sm bawahan klo pimpinan juja care sm bawahan... hhe..

    BalasHapus
  2. iya dek santi.. hehehe itu suatu keharusan untuk menjadi pemimpin sejati.. :)

    BalasHapus

hello guys