Selasa, 31 Juli 2012

Bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat dan selalu di tunggu oleh Umat Muslim


Alhamdulillah itulah kata-kata yang kita panjatkan kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta sekalian Alam karena sampai saat ini, kita masih diberi nikmat Kesehatan yang luar biasa, sehingga kita bisa dengan kebahagiaan hati untuk menyambut datangnya bulan yang penuh barokah dari Allah yaitu bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh Dunia.

Bulan Ramadhan pada tahun ini saya nikmati di Kota Bengkulu, walaupun tinggal di rumah dengan tanpa adanya Istri (karena belum nikah, hehe) dan belum memiliki pembantu yang bantuin dirumah, sehingga saya berjibaku sendiri untuk menyiapkan sajian berbuka puasa dan sahur. Namun saya sangat menikmati, dengan segala kesibukan yang saya lakukan saat ini saya bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, berbuka dengan menu yang sehat, sembari menurunkan berat badan. Alhamdulillah, semoga amal ibadah kita selalu diberikan kebarokahan oleh Allah. Amin.

Inti dari puasa adalah bukanlah hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun intreprestasi dari makna puasa bagi saya ada beberapa aspek yaitu:

   1. Puasa menjadikan kita menjadi manusia yang Tawadduk, Tawakal dan selalu berbuat kebaikan di Jalan Allah SWT, dimana Allah memberikan Pahala berkali-kali lipat bagi hambanya yang sungguh-sungguh menjalankan Amal dan Ibadah dengan kesungguhan hati. Subhannallah.

   2. Puasa menjadikan kita hamba yang Penyabar, karena pada saat puasa kita dituntut untuk selalu bersabar, menahan rasa amarah, sehinga melatih kita untuk menjadi pribadi yang penyabar, dengan ketenangan hati bisa bersikap dan berprilaku dengan penuh kerendah hatian, kesabaran, dan rasa takut kepada Allah, saling mencintai sesama, dan selalu membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan.

   3. Puasa menjadi ajang Silahturahmi. Klo kita sadari uang yang kita kumpulkan selama 11 Bulan bekerja, pasti banyak dihabiskan untuk menyambut bulan Ramadhan ini, untuk mudik, bagi-bagi THR, membuat opor, mengirimkan makanan ke tetangga sekitar rumah, namun percayalah apa yang kita lakukan itu sangat baik, karena kita membangun tali silahturahmi kembali kepada saudara-saudara, tetangga sekitar kita yang belum tentu selama setahun sekali kita bisa bertemu, sehingga menjadi ajang mempererat hubungan sesama persaudaraan muslim. Allah dan RasulAllah sangat menyukai hambanya yang mempererat dan menjalin serta silahturahmi kepada saudara-saudara serta tetanggannya. Subhannalah, apa yang kita lakukan mendapat nilai pahala dari Allah.

   4. Bulan Ramadhan menjadi Ajang Saling memaafkan, karena Allah menyukai hambanya yang pemaaf, maka bulan ini kita kembali nan fitri, kita menghapus dosa-dosa yang kita perbuat, kita juga saling bermaafan dengan sesama kita, sehingga kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini, karena mungkin khilaf kata, khilaf perbuatan yang kita lakukan bisa kita saling memaafkan, dan semoga Allah membarokahi apa yang kita lakukan. Amin

Maka dari aspek ini terlihat bahwa banyak sekali nilai-nilai ibadah, amal saleh, dan manfaat lainnya yang bisa kita ambil dari datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Semoga kita adalah hamba-Nya yang selalu diberikan nikmat, kesehatan, dan kebahagiaan yang selalu Allah Ridhoi dan Berkahi, Amin Ya Robb, Amin Ya Rahman, Amin Ya Rahim.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys