Minggu, 01 Juli 2012

Potensi Niche Market di Youth Segment Industri Telekomunikasi


Yuppp, Youth Segment memang sangat menarik sekali jika kita berbicara pada pasar di segmen ini, hal ini karenakan dengan dinamika pada kaum muda ini, menjadi tantangan tersendiri dalam mengarap niche market ini.

Pelaku indusri Telekomunikasi saat ini sangat serius mengelola pasar komunitas kaum muda ini, karena mereka lah cikal bakal pelanggan jasa telekomunikasi kedepannya, hal ini menunjukan bahwa pasar yang penuh dinamika, tariff sensitif, dan fokus pada program komunitas ini, menjadikan sebagian besar Operator besar mulai serius menggarap pasar ini.

Telkomsel dengan Telkomsel School Community (TSC), dan Telkomsel Mobile Campus (TMC), sudah cukup lama fokus untuk menguasai pasar komunitas kaum muda, dengan keunggulan dan benefits yang beragam, menjadi pilihan bagi siswa dan mahasiswa untuk menggunakan produk-produk Telkomsel dan bergabung dikomunitas tersebut.

Seperti saya jelaskan diatas, pada pasar ini sangat sensitif sekali terhadap harga, hal ini dikarenakan dengan kantong yang terbatas, biasanya pelajar atau mahasiswa akan mencari produk-produk yang affordable bagi mereka untuk digunakan. Pengalaman saya melihat bahwa Anak Sekolah biasanya akan lebih menyukai jasa sms dibandingkan voice atau internet, hal ini dikarenakan mereka lebih menyukai texting, karena bisa disembunyikan dan tidak diketahui orang tua mereka ketika dirumah ataupun di sekolah, sehingga pada segmen anak sekolah, mereka akan mencari provider yang memberikan sms paling murah dan banyak Gratisannya. 

Maka berbondong-bondonglah Operator memberikan tarif smsan murah, Gratis Ribuan sms, untuk menyasar komunitas pelajar ini. Namun beda halnya dengan anak kampus atau mahasiswa mereka mulai bergeser kebutuhannya untuk akses Internet, mereka mulai merasa perlu adanya sarana untuk mengeksis, baik melalui jaringan social networking seperti facebook dan twitter, sehingga mereka akan mencari provider yang memberikan diskon internetan yang murah.

Maka ketika berbicara strategi untuk pengembangan pasar di komunitas ini, seperti penelitian yang saya lakukan pada thesis saya mengenai pengembangan pasar komunitas, operator harus fokus dalam mengembangkan pasar ini melalui treatment khusus, program, dan edukasi yang terus menerus, sehingga 5 tahun seterusnya mereka tetap terus menggunakan produk kita, dengan penguasaan produk yang well known, dan perasaan mengikat bahwa dengan menggunakan produk dari operator tertentu mereka akan merasa bangga, dan tentunya banyak keuntungan yang mereka dapatkan selain tarif murah tersebut.

Yup, satu lagi yang sangat menjadi penentu dalam pengembangan pasar komunitas, yaitu Friends Reference, yups, dimana rekomendasi teman merupakan keputusan yang sangat tinggi bagi seorang pelajar atau mahasiswa dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk tertentu. Sehingga ketika kita bisa menguasai sebagian besar komunitas di komunitas tertentu, teman-teman di sana akan merekomendasikan ke teman-temannya yang lain, sehingga sangat membantu kita untuk mengembangkan pasar ini.

Lagi-lagi saya katakan bahwa, pasar ini sangat unik, sangat mimiliki tantangan untuk fokus mengembangkan pasar ini, dan tentunya banyak strategi yang harus di create ketika kita ingin menguasai pasar youth segment ini. 

Telkomsel dengan jumlah pelanggam mencapai 115 juta pelanggan (1 Juli 2012) ini, saya yakin dengan kekuatan finansial, team yang kuat, marketing yang bagus, bisa terus memimpin industri Telekomunikasi di Indonesia, baik di pasar reguler maupun Niche Market di Segment Pasar Muda ini.

Telkomsel Muda, Beda, dan Paling Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys