Minggu, 12 Agustus 2012

Menemukan Passion dalam Bekerja


Bengkulu,
12 Agustus 2012

Saya akan mencoba sedikit sharing mengenai passion atau spirit kita untuk bekerja, dalam hal ini dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan pribadi kita sehingga kita akan antusias dalam melakukan pekerjaan.

Dilema gonta-ganti perusahaan, atau loncat dari satu perusahaan ke perusahaan lain banyak dialami oleh semua orang khususnya fresh graduate yang terkadang masih belum menemukan titik passion sehingga mereka sering berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain yang berbeda industri. Hal ini dikarenakan alasan tidak nyaman, gaji tidak layak, di tempatkan di pelosok daerah, atau alasan jauh dari keluarga.

Jika saya perhatikan umur kritis fresh graduate ketika menghadapi masa galau untuk mencari passion di range 2-3 tahun masa bekerja, dimana pada range ini mereka berusaha untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasinya, dan tentunya juga mencari kenyamanan sehingga mereka akan tetap stay diperusahaan tersebut.

Dari pengamatan saya, faktor-faktor yang membuat seseorang karyawan nyaman untuk bekerja dan stay diperusahaan tersebut adalah:
1. Status karyawan yang jelas (karyawan organik), hal ini membuat mereka tidak perlu mencari perusahaan lain yang lebih pasti, hal ini karena karyawan tetap (organik), tentunya memiliki kejelasan masa depan dibanding dengan karyawan kontrak.
2. Renumerasi yang baik. Perusahaan yang memberikan renumerasi yang baik bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri lainnya, akan membuat karyawannya nyaman dalam bekerja, karena tanpa perlu mencari penghasilan tambahan, karyawan tersebut sudah mendapatkan kesejahteraan yang lebih.
3. Perusahaan Bonafid. Perusahaan yang terkenal, bonafid, dan perusahaan yang berada di sektor oil and gas industry, telco, banking, mining merupakan perusahaan yang banyak sekali di incar oleh karyawan karena selain bonafid juga memberikan renumerasi yang sangat layak.
4. Suasana Kerja yang Nyaman. Perusahaan yang memberikan suasana yang nyaman dalam bekerja, seperti jam kerja yang jelas, lembur yang diberikan tambahan upah lembur, fasilitas perusahaan yang bisa dinikmati semua karyawan, hubungan yang baik dan intens dengan sesama karyawan, membuat karyawan akan betah dalam bekerja.
5. Career Path yang jelas. Tentunya setiap orang ingin maju dalam karirnya, sehingga perusahaan yang memberikan kejelasan career path bagi karyawannya akan menjadi nilai yang utama dan nilai lebih bagi karyawan untuk tetap stay diperusahaan tersebut.
6. Staffing karyawan yang tepat. Disini artinya perusahaan menempatkan karyawannya sesuai skill dan kemampuannya, sehingga penempatan ini akan membantu karyawan untuk tetap stay tune pada passionnya yang sangat berdampak positif terhadap produktivitas karyawannya.

Disini terlihat bahwa ada banyak hal yang membuat karyawan akan bertahan di suatu perusahaan, namun hal yang terpenting didalam bekerja menurut saya adalah ketika kita menemukan passion kita, maka tetap fokus dengan apa yang kita lakukan, berkreativitas, serta berusaha untuk memberikan yang terbaik. Saya yakin ketika kita bekerja dengan professional, jujur, teliti, dan santun kepada atasan dan sesama peer, akan membuat karir kita akan lebih baik. Karena kepintaran seseorang belum tentu membuat orang itu sukses di dunia pekerjaan, namun banyak faktor lain yang membuat orang tersebut bisa maju dan berkarir lebih tinggi lagi.

Satu pesan dari Pak Setya Rahadi yang saat ini menjadi HR Director di Fujitsu Indonesia kepada saya adalah "Love your profession not your company". Artinya walaupun kita berkarir diperusahaan yang berbeda-beda, namun kita tetap mencintai apa yang kita kerjaan, seandainya kita seorang engineer, fokus pada pekerjaan kita, selalu mau belajar untuk terus maju.

Carilah Passionmu, maka engkau akan berhasil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys