Minggu, 12 Agustus 2012

Pengembangan E-Learning dalam Pengembangan Mutu Pendidikan berbasis Internet



Bengkulu,
12 Agustus 2012

Perkembangan dunia internet yang semakin maju, dan penyebaran akses internet yang semakin mudah, serta harga paket internet yang di tawarkan operator yang semakin murah membuat masyarakat Indonesia saat ini bisa menikmati Teknologi Internet dimana-mana.

Selain itu perkembangan Facebook dan Twitter sebagai media social networking yang sangat digandrungi Masyarakat Indonesia di hampir 5 tahun terakhir, membuat anak SD pun sudah mengenal Internet.


Di internet kita bisa menemukan satu aspek yang bisa dijadikan pembelajaran bagi anak didik di sekolah, sehingga dengan penerapan pendidikan berbasis e-learning akan tercipta masyarakat yang melek Teknologi Internet sejak dini, sehingga sistem pembelajaran berbasis internet, pengecekan nilai, chatting serta pengajaran berbasis web pun bisa dilakukan.

Saya sangat tertarik untuk menulis Penerapan E-Learning untuk peningkatan mutu pendidikan di suatu daerah hal ini didasarkan pada:
1. Penggunaan Internet yang maju di suatu negara merupakan salah satu poin penting bahwa suatu negara itu bisa dikatakan negara maju. Hal ini terlihat bahwa di Jepang semua orang sudah melek internet, hampir di setiap rumah sudah memiliki akses internet baik nirkabel maupun kabel, dan kita liat bahwa kualitas SDM di Jepang merupakan salah satu Negara yang memiliki kualitas SDM yang sangat maju, sehingga Jepang merupakan salah satu negara Maju di Dunia.

2. Sistem pembelajaran yang konvensional dimana siswa harus bertatap langsung di kelas menjadi tidak tepat jika siswa hanya mendapatkan ilmu dari kelas saja, dengan sistem pembelajaran e-Learning siswa akan mendapatkan materi yang sangat lebih tidak saja dari materi yang diberikan oleh Guru di Kelas, namun Siswa dapat mengeksplore mata pelajarannya dengan materi yang sangat banyak di internet yang bisa menjadi pustaka online di sistem pembelajaran tersebut.

3. Kemudahan Akses Internet hal ini dikarenakan mudah dan murahnya harga paket internet yang ditawarkan operator, sehingga sangat terjangkau untuk bisa akses internet riya tanpa harus ke warung internet. Selain itu juga, hampir di setiap sekolah telah memiliki akses internet nirkabel atau kabel yang bisa di nikmati oleh warga sekolah.

4. Pengembangan Sistem E-Learning di sekolah tidak perlu memiliki dana/modal yang besar, hal ini dikarenakan sekolah hanya perlu mempersiapkan:
  a. Infrastruktur Internet dan komputer Sekolah yang hampir di setiap sekolah telah memiliki lap komputer sendiri.
  b. Pengembangan E-Learning berbasis Web sekolah, materi bisa dibuat oleh setiap guru mata pelajaran dan bisa di unduh oleh siswa.
  c. Admin yang bertanggung jawab untuk maintanance web.

Saya yakin dengan pengembangan e-learning sistem pembelajaran di sekolah, akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys