Sabtu, 06 April 2013

Internet menjadi kebutuhan Masyarakat Saat ini


Bengkulu,
06 April 2013

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjualan online, surat-menyurat, pekerjaan kantor yang lebih efisian dengan menggunakan teknologi ini, ataupun kegiatan yang bisa dilakukan melalui remote dengan teknologi internet. Tanpa harus hadir di tempat yang jauh, namun kita bisa bekerja dari rumah.

Dengan terus tumbuhnya penggunaan internet di Indonesia, seperti tulisan saya di blog ini sebelumnya, pasar data broadband menjadi pasar di Second Curve Bisnis Telekomunikasi di Indonesia saat ini, karena masyarakat sudah mulai bergeser kebutuhan telekomunikasi yang tahun-tahun sebelumnya lebih banyak menggunakan Layanan Legacy yaitu Voice dan SMS, saat ini masyarakat sangat haus data. Hal ini didukung dengan jumlah Smart Phone Android, IPhone, Blackberry yang sangat banyak dimiliki oleh masyarakat, membuat Operator Telekomunikasi yang ingin bisa terus tumbuh di Industri ini harus memenuhi kebutuhan akan data yang tinggi ini.

Maka dari itu, operator Telekomunikasi berlomba-lomba untuk membangun jaringan 3G yang lebih luas, sampai ke ibu kota kecamatan untuk membantu masyarakat di daerah bisa menikmati akses internet yang lebih cepat dan stabil. Sebagai informasi bahwa, Dengan gelaran atau coverage Internet yang merata di seluruh negeri akan membantu Pertumbuhan Perekonomian di Indonesia. Karena Internet menjadi sangat penting bagi masyarakat untuk bisa terkoneksi kebelahan dunia lain tanpa batas jarak dan waktu.

Beberapa tahun kedepan analisis saya, ada beberapa operator CDMA yang tidak kuat akan collaps atau melakukan merger, dan bisnis Operator Telekomunikasi sampai dengan 20 tahun kedepan akan mengandalkan jaringan Data, dan perubahan Landscape Teknologi 3G menjadi 4G atau LTE akan terjadi minimal 5 tahun kedepan, hal ini dikarenakan 3G masih potensial di Indonesia, selain itu juga harga Handset 4G yang masih relatif mahal dibandingkan SmartPhone yang berbasis 3G yang telah banyak beredar di pasar di Indonesia.

Peran penting operator dalam melakukan pemasaran baik melalui media Televisi, Media Cetak, Radio, Event dan hardselling sangat penting dalam melakukan edukasi penggunaan internet hemat di masyarakat, Sehingga masyarakat akan mulai bergeser untuk kebutuhan akan akses internet.

Menurut hemat saya, marketing is not just only sales, marekting sangat komprehensif, ketika suatu strategi marketing yang holistic mulai dari kegiatan branding, edukasi melalui media, event, dan hardselling dengan efektif sampai kemasyarakat, maka masyarakat akan memilih produk kita sendiri. Hal ini juga sangat dan harus di dukung oleh tim Network Operation dalam menjaga QOS (Quality of Service) Dalam mendeliver broadband yang berkualitas kemasyarakat.

Peran serta Operator Telekomunikasi sangat penting, hal ini kita rasakan setelah satu dekade terakhir, dimana sebelumnya komunikasi antar keluarga, rekan, dan kolega sangat sulit dan mahal melalui telegram dan telpon murah. Saat ini kita dengan sangat gampang mengirimkan sms, bbm, massage di facebook atau aplikasi lain dan bisa sampai dengan saudara, kolega-kolega kita. Kita bisa ber "halo-halo" dengan tarif murah. 

Dengan adanya Telekomunikasi masyarakat di suatu negara yang penyebaran coverage telekomunikasinya merata, maka akan menunjang perkembangan daerah atau negara tersebut menjadi lebih maju.

I am proud of to be Telco professional, and i wish our country will be an advance country with the advance technology of telecommunication for people.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys