Kamis, 04 April 2013

Bawahan perlu Supervisi bukan di Marahi



Bengkulu,
31 Maret 2013.

Mungkin tulisan sederhana ini hanya sebagai pendapat pribadi yang mungkin ada benarnya dan kemungkinan juga ada salahnya.

Jika kita berbicara masalah hubungan atasan dan bawahan, pasti tidak ada habisnya, karena sebagai manusia, pasti sering terjadi benturan didalam pekerjaan baik sesama peers rekan kerja ataupun atasan. Namun dalam hal ini saya hanya mencoba membahas mengenai bagaimana membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan bawahan kita. Hal ini sangat penting karena, ketika hubungan antara atasan dan bawahan sudah "CLICK" maka produktivitas akan naik, visi dan misi perusahaan akan mudah tercapai, dan target pun pasti akan tercapai.

Beberapa hal yang bisa menjadi kunci keberhasilan dalam membangun hubungan yang baik dengan bawahan adalah:
  * Hormati bawahanmu seperti engkau ingin di hargai, karena ketika bawahan kita di hargai, otomatis dia akan menghormati kita. 
  * Buat suasana kerja yang tidak dalam kondisi under pressure, hal ini di karenakan ketika suasana kerja yang penuh tekanan, otomatis muncul ketidaknyaman, dan akan berdampak pada ketidaknyamanan dalam bekerja.
  * Komunikasi sangat penting, walau hanya menanya kabar melalui sms atau bbm, itu menjadi hal yang harus di perhatikan untuk menciptakan suatu kebersamaan dan komunikasi yang lancar dengan bawahan kita.
  * Ajak bawahan kita untuk bisa memberikan masukan, saran dengan arah, strategi dari segala sisi pekerjaan, hal ini membuat bawahan kita merasa di hargai dan dilibatkan dalam setiap arah dan tindakan devisi yang kita pimpin.
  * Sesekali ajak serta bawahan kita untuk kumpul bersama dalam kondisi yang tidak formal, misalnya karoke bareng, makan malam bersama, nonton di bioskop, atau kegiatan olahraga yang bisa menciptakan kebersamaan.
  * Seorang atasan tidak tepat untuk memarahi bawahan, karena saya yakin ketika bawahan selalu kita motivasi, kita supervisi, kita bantu dalam guidance, pasti semua orang akan maju. Basicly semua orang mau untuk lebih baik, maka fungsi atasan dalam hal ini sangat penting untuk mensupervisi bawahan dalam context arah pekerjaan, teknik bekerja, efisiensi bekerja, dan teknik2 skill lain yang bisa kita turunkan ke bawahan kita.
  * Ingatlah, ilmu dan pengalaman yang di miliki ke bawahan tidak akan hilang, dan jangan pernah khawatir bahwa ilmu yang kita tularkan kebawahan maka bawahan kita nanti menjadi pintar dan akan melead kita. Hal itu tidak akan terjadi, karena semakin banyak ilmu yang kita tularkan atau ajarkan ke orang lain, maka akan semakin terasah ilmu kita, dan tentunya kita akan mendapatkan kebarokahan dari Allah SWT. Amin

Hal - hal tersebut sangat penting untuk membuat bagaimana organisasi yang kita pimpin bisa terus berjalan dengan efektif, komunikasi yang baik, persaudaraan terjalin, serta muncul kebersamaan yang erat antara atasan dan bawahan.

Mungkin ini hanya pendapat sederhana dari pengalaman pribadi saya selama ini.
Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys