Kamis, 05 November 2015

Word of Mouth Marketing - Getuk Tular sebagai Strategi dalam melakukan Penetrasi Pasar



Bengkulu,
06 November 2015.

Kamis, 05 Nov 2015 kemarin, saya sempatkan sekitar setengah jam sebelum pulang untuk mengikuti digital learning yang mempelajari mengenai Kekuatan Word of Mouth (WOM) Marketing dalam melakukan penetrasi pasar. Istilah Getuk Tular merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi seorang marketer dalam melakukan strategi akuisisi pasar di industrinya.

Dari e-learning yang saya ikuti, ada beberapa hal yang menarik bagi saya untuk dishare yaitu:

  1. Mengapa WOM Marketing begitu sangat penting bagi pelaku bisnis saat ini, karena dari hasil penelitian menunjukan bahwa 76% pelanggan tidak percaya pada perusahaan yang mengatakan mengenai kebenaran dalam iklannya.
  2. Pada bulan April 2009, Nielsen melakukan survey yang hasilnya menunjukan bahwa 90% pelanggan percaya dengan rekomendasi dari orang yang dikenalnya.
  3. Pada tahun 1955, penelitian menunjukan bahwa WOM lebih efektif 7 kali dibandingkan surat kabar, dan pada tahun 2001, penelitian menunjukan bahwa WOM Marketing 10 kali lipat lebih efektif dibandingkan iklan media.
Dari hasil pembelajaran ini, menunjukan hasil yang luarbiasa, bahwa perilaku pelanggan dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh reference, atau relative yang dikenal baiknya. Misalnya ketika kita ingin membeli hp, kita sering bertanya terlebih dahulu ke keluarga kita, sahabat kita, atau reference dan review dari orang lain di sosial media ataupun internet.

Dan ini menjadi tantangan bagi pelaku bisnis, untuk terus meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan brand equity index yang baik di market untuk terus bisa menjadi market leader di industrinya.

Semangat Pagi dan Semangat berkarya.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys