Rabu, 02 Desember 2015

Sensus Ekonomi 2016 - BPS Provinsi Bengkulu


Bengkulu,
2 Desember 2015.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mengundang para pelaku bisnis/usaha yang ada di Provinsi Bengkulu untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016. Saya mewakili PT. Telkomsel yang masuk kedalam sektor Jasa Telekomunikasi. Tentunya dilakukan Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilakukan serentak pada tanggal 1-30 Mei 2015, bertujuan untuk penyediaan informasi untuk pengembangan kegiatan usaha dan daya saing bangsa, yang bermanfaat bagi para pelaku usaha, peneliti/akademisi, pemerintah dan masyarakat.

H. Pakri Fahmi, SE, M.Si salah satu pembicara pada kegiatan ini, menyatakan bahwa di Indonesia terdapat beberapa macam sensus, yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), diantaranya:
  • Sensus Penduduk (dilaksanakan pada tahun yang berakhiran 0),
  • Sensus Pertanian (dilaksanakan pada tahun yang berakhiran 3),
  • Sensus Ekonomi (dilaksanakan pada tahun yang berakhiran 6). 

 
Manfaat Sensus Ekonomi 2016.

  • Basic Information: Memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi.
  • The Level and Structure of the Economy: Memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi.
  • Business Characteristics: Mengetahui karakteristik usaha di Indonesia, termasuk karakteristik usaha di Provinsi Bengkulu.
  • Business Competitiveness: Mengetahui daya saing usaha di Indonesia, untuk menghadapi MEA 2016.
Nilai Strategis Sensus Ekonomi 2016.

  • Sebagai benchmarking indikator makro ekonomi Indonesia.
  • Sebagai infikator awal mengenai kesiapan perekonomian Indonesia secara agregat dalam menghadapi tantangan perekonomian global yang di usung dalam MEA/
  • Sebagai bahan baku penunjang seluruh kebijakan perekonomian nasional, terutama dalam memetakan daya saing bisnis atau usaha nasional baik menurut jenis ataupun kewilayahan sehingga kebijakan pemerintah akan tepat sasaran.
  • Bengkulu menguasai 1.10 % Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Dan di penghujung acara, BPS Provinsi Bengkulu mengajak peran aktif dari para pelaku bisnis/usaha di Bengkulu untuk bisa berpartispasi dalam Sensus Ekonomi 2016, dengan bersedia dan menerima petugas BPS yang melakukan survey, dan memberikan data yang dibutuhkan secara akurat. Dan jangan khawatir, data yang diberikan akan di lindungi kerahasiaannya, sesuai Undang-undang No 16. Tahun 1997 mengenai Statistik.

Harapan saya sebagai pelaku bisnis, dengan adanya Sensus Ekonomi 2016 ini bisa memberikan insight dan data yang representatif mengenai kondisi perekonomian di Provinsi Bengkulu, sehingga bisa dijadikan referensi untuk membangun Provinsi Bengkulu khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Selamat bekerja Tim BPS, Semoga sukses dan sehat selalu.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys