Monday, January 30, 2017

Solusi Layanan T-KIOS untuk Peningkatan Business Size Mitra Reseller Telkomsel.

Solusi Layanan T-KIOS untuk Peningkatan Business Size Mitra Reseller Telkomsel.

Bengkulu,
30 Januari 2017.

Pada tanggal 23 – 25 Januari 2017, saya berkesempatan untuk mengikuti Training Writing Explanations for Non-technical Readers (WENTR) Batch 6 di Hotel Novotel Pekanbaru. Selama 3 hari berlangsung, kami di guide oleh Trainer yang expert di bidang ini yaitu Pak Edy Zaques dari BornRich Consulting dimana acara Training ini diselanggarakan oleh Commserv yaitu lembaga Training rekanan Human Capital Management (HCM) Telkomsel dalam memberikan Upgrading Knowledge & Technical Skills kepada para karyawannya.



Pada tulisan kali ini, saya khusus membahas mengenai Ide Inovasi yang kami persiapkan dan presentasikan kepada Trainer dan peserta training di hari kedua (Selasa, 24 Januari 2017). Saya berada di kelompok TERA (Telkomsel Era Digital) yang beranggotakan 5 orang tim diantaranya ada mba Silvy, mas Humaidy, Mas Anjang, Mba Rita serta saya sendiri. Dan sesuai kesepakatan Tim TERA, saya ditunjuk sebagai ketua TIM. Dan objective dari tim kami adalah bisa menjadi Juara dan menjadi tim terbaik pada kegiatan Training kali ini.

Ketua Tim TERA (Telkomsel Era Digital)

Latar Belakang Masalah.

Jika pada training di batch sebelumnya kebanyakan membahas mengenai aplikasi dan layanan yang diberikan kepada pelanggan (users) untuk meningkatkan experience dan peningkatan revenue. Maka Tim TERA memutuskan untuk membuat sesuatu yang baru, yaitu berupa suatu aplikasi dan layanan yang ditujukan kepada Mitra Reseller Telkomsel, yang notabene merupakan tulang punggung yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Telkomsel kedepannya.

Tim TERA (Telkomsel Era Digital)
Berangkat dari keinginan kami di Tim TERA untuk meningkatkan business size Mitra Reseller Telkomsel, kami membuat suatu ide inovasi yang kami namakan dengan T-KIOS, yang merupakan sebuah aplikasi layanan yang terintegrasi dimana Outlet Telkomsel bisa melakukan penjualan beraneka ragam fitur & layanan berbasis MKIOS kepada pelanggan.

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa kami dari Tim TERA memilih ide inovasi ini antara lain didasari oleh:

1. Saat ini jumlah outlet yang fokus pada penjualan pulsa dan perdana sudah tidak banyak, artinya kebanyakan outlet saat ini selain menjual pulsa dan perdana juga menjual produk lain seperti hp, aksesoris hp, token listrik, atau bahkan toko kelontong (non telko).

2.  Penetrasi MKIOS di Cluster perlu ditingkatkan untuk mengejar pencapaian terbaik KPI Mitra AD (Authorized Distributor).

3.  Peningkatkan Value MKIOS, dimana yang selama ini hanya melayani penjualan Pulsa dan Pulsa Internet (MKIOS DATA), maka bisa dikembangkan atau di upgrade untuk bisa menjual beraneka layanan lain yang tentunya bisa meningkatkan nilai dari mkios yang awalnya hanya sebagai POS (Point of Sales) Recharges produk prabayar Telkomsel.

4. Peningkatan pendapatan Reseller Telkomsel. Hal ini bertujuan dengan seiring kemudahan dalam melakukan penjualan aneka fitur dan layanan di T-KIOS, maka Reseller Telkomsel cukup memegang 1 Chip MKIOS untuk bisa meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan aneka fitur/layanan yang dibutuhkan masyarakat seperti pembelian pulsa, paket data, pembayaran listrik, Isi Saldo TCASH, kirim uang, pembaran asuransi, TV kabel dan lainnya.

5. Peningkatan Akuisisi RS Non Telco. Disini kami melihat bahwa saat ini tantangan terberat bagi kita untuk mengakuisisi RS MKIOS yang bisnisnya tidak inline di telko, seperti toko kelontong, kantin sekolah bahkan kantin kampus. Dengan layanan T-KIOS, mereka bisa memaksimalkan bisnis mereka dengan beraneka ragam fitur & layanan yang bisa dijual melalui T-KIOS yang tentunya berdampak pada keuntungan bisnis para reseller.

6. Meningkatkan DOA (Distributor Operating Account) Mitra AD Telkomsel. DOA di sini adalah alokasi kuota distribusi dari Telkomsel kepada mitra AD sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan biasanya mingguan. Kelompok TERA ingin DOA Mitra AD Telkomsel meningkat, yang tentunya juga secara bisnis berdampak pada bisnis Telkomsel secara holistic karena peningkatan kebutuhan MKIOS di level Reseller/Outlet secara nasional.
 
Tim TERA terbaik.
Fitur Aplikasi di T-KIOS.

Para Reseller yang telah memiliki MKIOS bisa meng-upgrade fitur MKIOSnya dengan mengunduh aplikasi T-KIOS di Appstore bagi pengguna iPhone atau Playstore bagi pengguna Android. Dan bagi outlet yang masih menggunakan multi-chip bisa langsung melakukan registrasi MKIOS dengan datang langsung ke Telkomsel Distribution Center (TDC) terdekat atau melalui petugas khusus Sales Canvasser Telkomsel.

Ada banyak sekali fitur yang bisa dilayani oleh T-KIOS untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan antaralain:

1.     Jualan Pulsa Telkomsel.
2.     Jualan Paket Internet (MKIOS Data).
3.     Cash-In saldo T-CASH.
4.     Pembelian Token Listrik Prabayar & Pembayaran Listrik Pascabayar.
5.     Pembayaran Asuransi (BPJS, Axa, Prudential, dll).
6.     Pembayaran Tv Kabel.
7.     Kirim Uang.
8.     Pembayaran Telpon (KartuHALO, Telpon tetap (PSTN)).
9.     Pembayaran PDAM (Air).
10.   Pembayaran Cicilan & Kartu Kredit (Leasing FIF, Adira, Kartu Kredit Bank BNI, Bank Mandiri dll).
11.  Pembayaran Uang Sekolah.
12.  Dll yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan pasar dan potensi bisnis.


 
Tim TERA merumuskan Solusi layanan T-KIOS bagi reseller.
Benefit T-KIOS.

1.  Benefit T-KIOS bagi Telkomsel.
Benefit yang didapat oleh Telkomsel dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:

a.  Meningkatkan penetrasi MKIOS di CLUSTER.
b. Meningkatkan revenue Telkomsel dari new business berupa penjualan aneka fitur dan layanan dari upgrade layanan T-KIOS di Mkios konvensional saat ini.
c. Meningkatkan penetrasi T-CASH, dimana dengan kemudahan mengisi isi saldo T-CASH, maka multiflier effect untuk pertumbuhan T-CASH di daerah akan meningkat tajam. Hal ini ditujukan sebagai upaya untuk mengejar arah target perusahaan untuk menjadi perusahaan digital (DIGICO Company).

2.  Benefit T-KIOS bagi Outlet.
Benefit yang didapat oleh Outlet dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:

a.  Meningkatkan pendapatan reseller.
b.  Meningkatkan Value MKIOS, tidak hanya menjual pulsa atau mkios data (paket internet), namun di-upgrade untuk bisa melayani banyak fitur dan layanan yang bisa menjadi nilai lebih bagi outlet ketika memiliki Chip MKIOS dan terdaftar sebagai T-KIOS.
c.  Meningkatkan Business Size reseller.

3.  Benefit T-KIOS bagi Mitra AD (Authorized Distributor).
Benefit yang didapat oleh Mitra AD dengan adanya Aplikasi layanan T-KIOS ini adalah:

a.  Meningkatkan penetrasi Mkios di Cluster.
b. Meningkatkan DOA (Distributor Operating Account) Mitra AD, terkait peningkatan transaksi MKIOS tidak saja melayani penjualan pulsa & paket internet (mkios data) namun mampu melayani beraneka ragam fitur dan layanan kepada pelanggan.

Tim TERA memaparkan Ide Bisnis - T-KIOS.

FAQ (Frequently Asked & Questions) - T-KIOS.

1.  Apa itu T-KIOS ?
T-KIOS adalah sebuah aplikasi layanan yang terintegrasi dimana Outlet Telkomsel bisa melakukan penjualan beraneka ragam fitur & layanan berbasis MKIOS kepada pelanggan.

2.  Bagaimana Cara mendaftar layanan T-KIOS?
Mitra Outlet datang ke TDC (Telkomsel Distribution Center) terdekat untuk melakukan pendaftaran MKIOS.

3.  Bagaimana Cara menggunakan layanan T-KIOS ?
Cara menggunakan layanan T-KIOS adalah Outlet Telkomsel yang telah terdaftar sebagai pengguna MKIOS, mengunduh aplikasi T-KIOS di Appstore atau Playstore, melakukan registrasi untuk mendapatkan User & Pasword, lalu bisa menggunakan untuk beragam transaksi penjualan.

4.  Siapa saja yang bisa menikmati layanan T-KIOS ?
Yang bisa menikmati layanan T-KIOS adalah semua outlet yang telah terdaftar menggunakan layanan M-KIOS.


5.  Apakah keuntungan bagi outlet dengan menggunakan layanan T-KIOS ?
Keuntungan bagi outlet dengan menggunakan layanan T-KIOS adalah layanan MKIOS yang selama ini hanya bisa melayani penjualan Pulsa & Paket Data, bisa melakukan penjualan beragam fitur & layanan, sehingga bisa meningkatkan keuntungan bagi Outlet dengan 1 chip MKIOS yang dimilikinya.

6.  Fitur & layanan apa saja yang bisa dilayani oleh T-KIOS ?
Fitur dan layanan yang bisa dilayani oleh T-KIOS antara lain penjualan Pulsa, Paket Data, Telpon, Listrik (Prabayar & Pascabayar), Asuransi, Uang Sekolah, Cicilan (Leasing / Kartu Kredit), TV Kabel, isi Saldo T-CASH, kirim Uang, bayar PDAM dan lainnya.

7.  Apakah ada biaya ketika menggunakan layanan T-KIOS ?
Ada biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan T-KIOS, bagi outlet: Rp 500,- untuk setiap transaksi sukses, bagi pelanggan: Rp 5.000,- per transaksi sukses sebagai biaya administrasi.

8.  Syarat apa saja untuk menikmati layanan T-KIOS bagi pelanggan?
Syarat untuk menikmati layanan T-KIOS bagi pelanggan adalah semua pengguna Telkomsel bisa menikmati layanan T-KIOS di Outlet terdekat.


9.  Apa keuntungan layanan T-KIOS dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya?
Keuntungan layanan T-KIOS dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya adalah T-KIOS mudah dioperasikan, realtime, dan biaya per transaksinya murah dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.

10. Apakah T-KIOS sama dengan T-CASH ?
T-KIOS tidak sama dengan T-CASH.

11. Apakah perbedaan antara T-KIOS dengan T-CASH ?
T-KIOS di tujukan bagi para outlet pengguna MKIOS, sedangkan T-CASH di tunjukan kepada pelanggan Telkomsel.

12. Bagaimana cara mengisi Saldo T-KIOS ?
Cara mengisi Saldo T-KIOS adalah Outlet datang ke TDC (Telkomsel Distribution Center) atau melalui petugas Sales Canvasser Mitra AD (Authorized Distribution).

13. Bagaimana layanan T-KIOS bisa memberikan keamanan transaksi kepada pelanggan?
Layanan T-KIOS sangat aman, karena untuk memastikan transaksi sukses, ada notifikasi sms di mitra Outlet yang bisa di tunjukan kepada pelanggan, bahwa transaksi T-KIOS telah berhasil dilakukan.

14. Apa yang dilakukan terjadi kendala pada layanan T-KIOS?
Outlet bisa menghubungi call centre TDC (Telkomsel Distribution Center) atau mengunjungi kantor layanan Telkomsel terdekat.

15. Apakah T-KIOS berlaku di seluruh Indonesia?
Layanan T-KIOS berlaku di seluruh Indonesia berdasarkan cluster Mitra AD (Authorized Dealer) berada.

Alhamdulillah pada Training Writing Explanations for Non-technical Readers (WENTR) Batch 6 di Hotel Novotel Pekanbaru, tim TERA dengan ide bisnis T-KIOS berhasil menjadi Juara 1 dan tim Terbaik di training ini.

Tim TERA menjadi Juara Ide Bisnis - TKIOS.
Kesimpulan.

Tim Telkomsel Era Digital (TERA) pada Training Writing Explanations for Non-technical Readers (WENTR) Batch 6 merekomendasikan agar solusi T-KIOS bisa di implementasikan oleh Telkomsel sebagai jawaban dalam memenuhi kebutuhan pasar, dan grabbing potensi bisnis yang sangat besar yang bisa menunjang bagi pertumbuhan bisnis Telkomsel secara berkelanjutan (Sustainability Growth).
Semoga ide bisnis dari Tim TERA (Telkomsel Era Digital) bermanfaat dan bisa memberikan value lebih bagi Telkomsel untuk bisa memberikan yang terbaik kepada bangsa dan tanah air.

Semangat pagi dan terus berkarya.

Salam
Bambang Purnomo

No comments:

Post a Comment

hello guys