Selasa, 13 Oktober 2015

Berbisnis di Usia Muda, Salahkah?...


Bengkulu,
13 Oktober 2015.

Sesuai judul tulisan ini, berbisnis di usia muda, salahkah?. Menurut hemat saya, tidak ada yang salah ketika kita melakukan hal-hal yang positif. Selagi kita memiliki kesehatan, energi, network yang banyak, dan akal dan pikiran yang sehat, bisa kita gunakan maksimal untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Sangat riskan sekali menurut saya, ketika memulai berbisnis di usia tua, memasuki masa pensiun. Karena dengan memulai usaha dan bisnis sedini mungkin, kita akan banyak belajar dari setiap resiko naik-turunnya bisnis yang kita hadapi. Sehingga menjadi bahan pembelajaran untuk kita bisa sukses di hari tua nanti tentunya.


Saya sangat suka sekali dengan kata-kata dari Stephen R. Covey (7 Habits of Highly Effective People), yang menyatakan bahwa "Begin with the End Mind", Yes, mulailah sesuatu dengan apa yang kami cita-citakan. Let's say di usia 40 tahun, bisa memiliki diversifikasi usaha yang banyak, bisa menyerap lapangan pekerjaan yang banyak untuk orang-orang di sekitar kita, bisa meraih cita dan impian kita, dsb. Dan yang kita lakukan adalah bagaimana kita bisa merealisasikan impian dan visi tersebut menjadi kenyataan.

Salahkah seorang karyawan memiliki usaha?,.. menurut saya, jawabnya tidak, jika usaha yang dijalani tidak menggangu pekerjaan karyawan tersebut, dan tentunya tidak bertentangan dengan Code of Conduct perusahaan tempat dimana karyawan bekerja, tidak melanggar hukum, dan kepentingan umum (misalnya bisnis narkoba). 

Saya sendiri terus bermimpi dan terus berusaha untuk merealisasikan apa yang menjadi impian saya. Dan yang saya lakukan adalah dengan modal nekat dan keberanian untuk memulai usaha, dengan apapun yang terjadi dengan segala konsekuensinya. Tetap bertahan, tekun, ulet, persistence, dan jangan lupa berdoa tentunya. 

Pertanyaan yang sering muncul, usaha apa yah? jualan apa yah? dsb. Jawabnya adalah Passion. Yup, ketika kita menyukai sesuatu dan kita sangat tertarik dan tahu banyak di bidang itu, bisa menjadi peluang bisnis yang bisa kita jual. Misalnya: ada seseorang yang menyukai Tamiya, dan sangat mengerti seluk beluk Tamiya, maka passion tersebut bisa mendatangkan uang, jika di tekuni dan dimaksimalkan untuk berbisnis Tamiya misalnya, Online Marketer, Makelar Hasil Bumi, dsb.



Saya mengutip dari http://finansial.bisnis.com, bagaimana langkah-langkah untuk memulai usaha sejak usia muda, yaitu:

  1. Lakukan yang Anda Suka
    Yang di lakukan pertama kali Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan, jadi pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan kesukaan anda. Karena hal yang anda sukai tidak membuat anda cepat bosan karena anda menyukai hal tersebut.

  1. Lebih Luas Dalam Berpikir Tentang Bisnis
    Setiap langkah besar selalu mulai dari langkah pertama dengan memulai hal yang kecil, kita punya cukup waktu untuk belajar dan terus mengembangkan hingga menjadi besa. Dan mempertahankan hingga menjadi bisnis yang besar.

  1. Biasakan Berpikir dan Berkata Positif
    Berpikir dan berkata positif merupakan langkah awal untuk menjadi orang sukses. Dengan demikian kita bisa menghadapi semua masalah dalam hidup dengan sikap yang lebih positif yaitu tentang hal-hal yang baik atau bermanfaat.

  1. Ambil Peluang Bisnis di Depan Mata
    Untuk tahap awal, sebaiknya jangan mencari peluang terlalu jauh dari jangkauan anda, karena bisnis akan datang dengengan sendirinya bila ada kesempatan. Siapa yang cepat dia yang dapat.

  1. Temukan Mentor/Pembimbing
    Bertemanlah dengan pengusaha di sekitar anda atau pimpinan bisnis yang berhasil. Jadikan mereka panutan untuk usaha Anda yang masih kecil, pembimbing ini akan membuat Anda mengerti resiko dan tentang usaha.Dan membuat anda lebih mengerti dalam merintis bisnis.

  1. Manfaatkan Dunia Maya
    Sekarang ini merupakan jamannya internet. Carilah informasi sebaik mungkin di dunia maya yang berguna untuk inspirasi anda dan memotivasi anda untuk berusaha untuk memulai bisnis.

  1. Jadilah Radikal
    Pada usia muda  pikiran masih segar, asli dan penuh energi. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang orang lain belum pernah lakukan sebelumnya. Ciptakan barang baru atau cara pelayanan baru yang tidak disangka-sangka oleh perusahaan yang sudah berjalan lebih dulu.

  1. Lakukan Yang Terbaik
    Menjadi Pengusaha adalah langkah awal kita dalam meraih kesejahteraan. Berbuatlah yang terbaik agar mampu memberi manfaat pada orang banyak. Pastikan anda melakukan hal yang terbaik dalam diri anda

  1. Jangan Kerjakan Segalanya Sendiri, Carilah Partner Bisnis Yang Sesuai
    Partnership dalam berbisnis adalah salah satu piliha yang sangat baik karena. makin banyak yang berpikir di dalam bisnis kita maka, makin cepat roda bisnis kita akan bergulir hingga menjadi bisnis yang besar. Karena dengan partner anda  bisa bertukar pikiran satu sama lain sehingga anda tidak pusing sendiri memikirkan bisnis itu. Kalian juga bisa kerjasama dalam memperoleh modalnya

  1. Keberanian Diri
    Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi pengusaha mudah adalah hambatan nyali. Jangan membandingkan diri dengan pengusaha yang jelas-jelas jauh lebih sukses dari anda, yang telah menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat. Hal ini sering  membuat anda kehilangan kepercayaan diri, ingatlah Anda tidak sedang berlomba-lomba dengan mereka tetapi dengan diri sendiri. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan pada hari ini dan mulailah jangan biarkan waktu anda terbuang.
     
Yeah, according to me, the result might be varies, right. The important thing is we are trying for struggle in starting up our business, use well our knowledge, skills, and experiences, to be someone that have value of usefulness to other people.

Yang selalu saya pegang adalah jika ada kemauan, pasti disana ada jalan, dan jika niat itu baik, Insyallah, Allah SWT akan memudahkan apa yang kita usahakan dan kita citakan. Klo kata Bapak mertua saya, bahwa modal usaha itu bukan uang, namun kemauan. Orang yang punya kemampuan namun tidak memiliki keinginan untuk berusaha, make it will be nothing. Berbeda halnya orang yang memiliki keinginan untuk berusaha, dan sekuat tenaga untuk memulai bisnis, maka dengan passion, usaha dan doa, beliau akan bisa meraih apa yang di impikan.

Yuk kita bekerja, berusaha dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

#KeepPositive&BeingHealthy.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys