Selasa, 13 Oktober 2015

Festival Budaya - Tabot Bengkulu 2015


 
Bengkulu.
13 Oktober 2015.

Besok pada tanggal 14 Oktober 2015, adalah waktu dimulainya Festival Tabot yang setiap tahunnya rutin dilaksanakan di Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 - 10 Muharram. Biasanya pada kegiatan ini, masyarakat baik dari dalam dan luar kota Bengkulu akan berbondong-bondong untuk mengunjungi Festival ini, karena biasanya ada Pasar malam, wisata kuliner, pameran pembangunan daerah, dan banyak sekali pedagang-pedagang yang menggelar jualannya di acara ini. Kegiatan ini dipusatkan Lapangan View Tower Kota Bengkulu, di depan rumah dinas Gubernur Prov Bengkulu.




Berikut detail mengenai kegiatan Festival Tabot Bengkulu,

Festival Tabot 2015
Waktu : (1-10 Muharram 1437 H/ 14-23 Oktober 2015)

Tempat : Lapangan View Tower Kota Bengkulu.



Festival Tabot merupakan wisata budaya yang berawal dari tradisi ritual sebagian masyarakat Bengkulu (Kerukunan Keluarga Tabot) untuk mengenang gugurnya cucu Nabi Muhammad SAW dalam perang membela kebenaran di Padang Karbala. Ritual ini dikemas dalam bentuk festival dengan menambah kegiatan penunjang yang berbasis pada kearifan lokal dan industri kreatif. Kegiatan pergelaran seni budaya, permainan rakyat tradisional yang mendukung suasana sakral tersebut. Festival yang berlangsung selama 10 hari ini juga dimeriahkan oleh pameran dan bazar produk unggulan daerah, pariwisata cinderamata, seni kriya dan makanan khas daerah/wisata kuliner.

Urutan Prosesi Ritual Tabot yang dapat disaksikan sebagai berikut :

1. Mengambil Tanah
2. Duduk Penja
3. Menjara
4. Arak Jari-jari dan Arak Seroban
5. Hari GAM
6. Tabot Naik Pangkat
7. Malam Arak Gedang
8. Tabot Terbuang


Selain Prosesi Adat Festival Tabot ini, Pemerintah Daerah Prov. Bengkulu melalui Dinas Pariwisata juga melaksanakan beberapa kegiatan seperti:
1. Lomba Rebana.
2. Pawai Mobil Hias.
3. Pameran dan Bazar.
4. Tabot Pembangunan.
5. Lomba Tari Kreasi Daerah.
6. Lomba Musik Dol tingkat SD.
7. Pergelaran Seni Budaya Nusantara.
8/ Lomba Lagu Perjuangan tingkat Pelajar SMP/SMA.

Detail mengenai salah satu pesona wisata di kota Bengkulu yaitu Festival Tabot, saya telah menuliskan sebelumnya, dan bisa di akses di : http://bambangpurnomohp.blogspot.co.id/2015/08/pesona-wisata-kota-bengkulu-festival.html

Telkomsel sebagai penyedia jasa telekomunikasi paling Indonesia, mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini dengan menyediakan kualitas sinyal terbaik baik untuk komunikasi dasar seperti telpon, sms, maupun untuk akses data mobile broadband di sekitar lokasi kegiatan ini. Sehingga pelanggan yang berkunjung tetap nyaman berkomunikasi dan akses internet dan sosial media untuk posting mengenai Festival Budaya Tabot ini tentunya. Di kegiatan ini juga, Telkomsel membuka titik layanan pelanggan, dimana pelanggan bisa membeli produk-produk Telkomsel, melakukan isi pulsa, paket internet, kartuHALO, TelkomselPOIN dsb.

Selamat menikmati pesona wisata tabot di Bengkulu. 

#‎VisitBengkulu‬ 
‪#‎Tabot‬ 
‪#‎Muharram‬ 
‪#‎TelkomselBranchBengkulu‬
#‎MenulisBengkuludiAwan‬ 
‪#‎MBACampaign‬

Sources: http://pariwisata.bengkuluprov.go.id/v3/index.php/agenda/187-festival-tabot-2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys