Jumat, 28 Agustus 2015

Pesona Wisata Kota Bengkulu - Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu.




Bengkulu,
28 Agustus 2015.

Salah satu pesona wisata di Kota Bengkulu yang menarik untuk anda kunjungi yaitu Sebuah Danau dengan nama yang tidak lazim. Danau yang terletak sekitar 7 Km dari Pusat Kota Bengkulu (Simpang Lima), yang terkenal dengan nama Danau Dendam Tak Sudah. Danau ini memiliki luas 577 Hektar. Dengan suguhan panorama pepohonan hijau, sangat sejuk di pandang mata. 

 
Waktu yang tepat untuk berkunjung ditempat yang eksotis ini pada saat pagi ataupun pada saat di penghujung sore sebelum matahari terbenam. Dengan kekayaan flora dan faunanya, menciptakan perpaduan pemandangan yang Indah dan tiada taranya. Selain itu, di Danau ini juga banyak di tumbuhi Anggrek Air Vanda Hookeriana, dan ketika musim, bunga anggrek ini membuat danau ini menjadi lebih Indah dan sejuk dipandang mata.

Di masyarakat Bengkulu sendiri, ada dua kisah yang tersebar, sejarah mengapa Danau ini dinamakan Danau Dendam Tak Sudah, kedua kisahnya sebagai berikut;


a. Pembangunan Dam yang tak berkesudahan di Jaman Belanda.


Alkisah disuatu waktu, pada saat jaman Penjajahan, Belanda memutuskan untuk membuat sebuah Dam di danau tersebut, dimana tujuan dibuat Dam ini adalah agar danau ini tidak meluap dan memudahkan bagi pembangunan jalan di sekitar danau, selain itu juga sebagai sumber pengairan bagi pertanian di sekitar Danau. Akan tetapi pada prakteknya, pembangungan dam terhenti dan tidak pernah selesai. Masyarakat sekitar lalu menyebutnya Dam Tak Sudah, dan entah bagaimana awalnya “Dam Tak Sudah” kini berubah nama menjadi Danau “Dendam Tak Sudah”.

b. Kisah Janji Sehidup Semati Muda-Mudi.


Konon, nama danau “Dendam Tak Sudah” diambil berdasarkan cerita tentang muda-mudi yang mengikat janji sehidup semati, akan tetapi, kisah cinta mereka terhalang oleh orang tua si gadis yang tidak merestui hubungan mereka. Gadis tersebut dijodohkan oleh orang tuanya, namun ia tidak dapat berpaling, dan kemudian keduanya memutuskan untuk bunuh diri bersama dengan cara menyeburkan diri ke danau. Dan sejak kejadian itu, didalam danau terdapat dua ekor lintah besar yang dianggap sebagai jelmaan pasangan itu.

Wallahu A'lam Bishawab, terlepas dari kedua kisah ini, saya menggagumi Danau Dendam Tak Sudah sebagai salah satu pesona wisata di Kota Bengkulu yang layak masuk kedalam jadwal itinerary perjalanan anda ketika berkunjung di Bengkulu. Banyak hal yang bisa membuat pengunjung danau ini untuk betah berlama-lama di danau ini. Wisatawan juga bisa menyaksikan permukaan danau yang terlihat biru kehijau-hijauan. 



Selain itu pengunjung bisa duduk-duduk di Kursi Bambu yang tersebar di sepanjang jalan di danau ini, sambil menikmati Indahnya pemandangan sore, anda bisa memesan  jagung bakar dan Es Kelapa Muda kepada penjual yang ada di sekitar Danau. Pada saat weekend, banyak pasangan muda-mudi ataupun keluarga yang yang menghabiskan waktu untuk menikmati indahnya Danau ini. Selain sebagai tempat wisata, danau ini masih dimanfaatkan sebagai sarana sumber air bagi sawah-sawah yang ada di sekitar danau.


Semoga kita bisa terus melestarikan Danau Dendam Tak Sudah ini sebagai warisan bagi anak cucu kita nanti. Aamiin.

#MenulisBengkuludiAwan(MBA)
#TelkomselBranchBengkulu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys