Senin, 12 Januari 2009

Bundling Strategi (Handset dan Starterpack) dalam Kompetisi di Dunia Telekomunikasi



Medan
January 12, 2009

Perperangan dalam kompetisi pasar antar operator terus semakin berjalan. Perang Tarif saja tidak cukup dalam kompetisi ini, Operator berlomba-lomba membuat package program yang menarik pelanggan baru atau pun pelanggan operator lain untuk switch ke operator tersebut baik itu yang bermain di GSM dan CDMA technology.

Saat ini saya akan coba melihat strategi bundling yang dilakukan oleh beberapa operator Telekomunikasi di Indonesia, berikut list Bundling package operator yang melakukan strategi bundling di tabel di bawah ini:


Dampak masih tingginya harga jual Ponsel baik itu baru ataupun ponsel second, dan hal ini yang menjadi kendala bagi pengguna khususnya pengguna yang price sensitive dan middle low markets, sehingga dengan adanya affordable headset ini, Operator bisa berfokus untuk mendevelop niche markets di pasar ini. Karena dampak dari tingginya harga handset yang di keluarkan dari vendor-vendor yang bermain di dunia telekomunikasi ini seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, dan sebagainya sangat berdampak tersendiri karena ketika mereka melakukan strategi tarif dengan iklan yang gencar, baik media massa, ataupun dengan billboard di tempat-tempat strategis, namun ketika handsetnya mahal, tentunya berdampak juga ke sell thru ke Operator sendiri.

Dalam market competition ini, Operator terus menerapkan strategi baru untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, seperti Strategi bundling ini yaitu Ponsel di bundling dengan Starterpack perdana dengan harga yang affordable bagi masyarakat, karena dengan strategi ini, pasar akan secara psikologis menanggapi bahwa jika ponselnya murah, apalagi tarifnya.

Jika kita perhatikan pada tabel di atas PT Telekomunikasi Seluler sebagai operator besar di Indonesia turut bermain di Strategi ini, karena dengan mensegmentasikan Kartu AS ke pasar pelajar, dan menengah bawah, Telkomsel bisa terus melakukan market pentration dan market development sampai di pelosok-pelosok daerah, karena dengan price package 199,000 ribu IDR, saya rasa cukup affordable untuk produk ini, dan di tambah dengan starterpack kartu as.

Sehingga serangan yang terus di lakukan oleh Operator-operator lain, Telkomsel bisa tetap menghadapinya dengan berbagai strategi yang terus di develop. Program HP Murah Telkomsel ini di sebut dengan pake PaMer Makin Murah, dengan menjual ponsel Haier Z1600 terbaru seharga 199,000 ribu dan Haier M201 (layar warna) dengan harga 349,000 IDR, dan mendapat perdana kartu AS plus gratis bonus pulsa Telkomsel senilai total 40,000 IDR.

Package yang menarik dari Telkomsel.

1 komentar:

  1. maksudnya handset bundle ya mas Bambang, sekedar koreksi. semoga berkenan.

    BalasHapus

hello guys