Kamis, 01 Januari 2009

Pasar Seluler Indonesia Secara Georafis

Jambi
January 1, 2009


Data ini saya dapatkan dari Majalah Swa edisi 27/XXIV/18 Desember 08-7 January 2009. Dimana memaparkan tentang pasar seluler yang ada di Indonesia. Dengan 11 pemain di dunia telekomunikasi seluler di Indonesia, tentunya membuat persaingan bisnis sangat ketat, yang memungkin kan terjadinya persaingan yang tidak sehat antar operator.

Pemain besar dunia telekomunikasi seluler di Indonesia yaitu the big three (Tsel, Isat, XL), masih belum bisa di kalahkan oleh new entry operator seperti BT, Sampoerna Telecom, Three (HCPT), NTS, Mobile-8, Smart, yang tentunya memperebutkan pasar seluler ini.

Seperti data yang bisa kita lihat, bahwa 67% pangsa pasar terbesar seluler di Indonesia adalah masih di Pulau Jawa dan Bali, kemudian 20% di Sumatra, Kalimantan sebanyak 7%, dan Sulawesi sebanyak 6%.

Sebenarnya tingginya tingkat kepadatan penduduk di Pulau jawa-bali lah yang menyebabkan pengembangan infrastruktur masih banyak di kembangkan di pulau ini. Sehingga para operator masih banyak berfokus pada pengembangan pasar di pulau ini, sedangkan pulau lain yang mempunyai potensi pasar yang sangat besar yang perlu di kembangkan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

hello guys