Senin, 19 Januari 2009

Network Operation Center


Medan
January 19, 2009


Kita mungkin jarang mendengar devisi yang sangat vital ini dalam pertelekomunikasian, incase banyak orang awam hanya melihat bahwa Tower atau BTS itu adalah transmitter sinyal ke HP mereka, sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan kolega-kolega mereka. Namun di balik pembangunan ini ada sebuah devisi yang pasti ada di setiap operator yang bermain di Industri ini, yaitu devisi Network Operation.

Sebagai tulang punggung perusahaan dalam melakukan development infrastructure networks incase pembangunan BTS (through the vendors), dan maintanance BTS atau tower telekomunikasi ini sehingga jalan dengan sebagaimana mestinya.
Fungsi dari Network Operation Center itu sendiri adalah:

A network operations center (NOC) -a definition from WhatIs.com- is a place from which administrators supervise, monitor and maintain a telecommunications network. Large enterprises with large networks as well as large network service providers typically have a network operations center, a room containing visualizations of the network or networks that are being monitored, workstations at which the detailed status of the network can be seen, and the necessary software to manage the networks. The network operations center is the focal point for network troubleshooting, software distribution and updating, router and domain name management, performance monitoring, and coordination with affiliated networks.

Incase kita melihat bahwa sebagai backbone bisnisnya PT Telkomunikasi Seluler selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya dengan tersebarnya BTS Telkomsel sampai kepelosok-pelosok daerah, sehingga pelanggannya bisa berkomunikasi dimana pun, dan kapan pun, dengan di dukung oleh Tim Network Operation yang kuat, saat ini Telkomsel telah memiliki 27.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia, dan Telkomsel terus membangun pembangun networksnya dengan lebih baik lagi dengan bekerja sama vendor-vendor Telekomunikasi seperti Ericcson, NSN, dan vendor-vendor lain.



Dengan Tim NO yang solid, Telkomsel terus memaintanance networks dengan baik sehingga gangguan di jaringan yang sering terjadi pada operator lain, jarang terjadi di Telkomsel, sehingga inilah yang menjadi kekuatan Telkomsel dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan setianya.

1 komentar:

  1. Dear sir Bambang P.,

    ada pelajaran buat saya gk?materi atau yang lainnya tentang BTS....troubleshoot maintanance dll...ebook,software etc...kirim lewat emailku yach...
    satriyapambudi@yahoo.com
    aq tunggu ya Pak, Trims

    BalasHapus

hello guys