Friday, January 15, 2010

Menulis, Mengamati, Menggambar, Memotret, dan Di Publish

Palembang,
16 January, 2010

Topik yang saya angkat untuk artikel ini adalah "Menulis, Mengamati, Memperhatikan, Menggambar, Memotret, dan Di Publish". Salah satu hobi lain saya adalah berselancar di dunia maya, bahkan sebagian besar waktu saya banyak di habiskan di depan layar kaca lcd monitor PC di Kantor, atau Laptop ketika berada di rumah, hal ini di karenakan pekerjaan saya menuntut saya untuk bekerja di depan layar kaca. Namun di balik itu semua, ada beberapa hal yang saya sangat sukai di waktu senggang saya, yaitu blogging, dan social networking.

Berikut beberapa hasil blog, dan social networking yang saya ikuti:
Blog Tsel Sumbagsel________________Facebookku









Facebook Tsel Sumbagsel____________Blogku









Kebiasaan menulis, merupakan kebiasaan yang cukup sulit kita mulai pertama kali, hal ini di karenakan kita tidak terbiasa untuk menulis, hal ini di karenakan sistem pembelajaran yang kita ikuti kebanyakan menuntut kita untuk mendengar, mencatat hasil penjelasan guru atau dosen kita, dan ujian atau evaluasi. Namun tidak di tuntut untuk menulis, mengeluarkan ide-ide yang di tuangkan kepada kata-kata yang berangkai yang menjadi sebuah tulisan.

Ketika kita memulai menulis, yang bisa kita lakukan pertama kali adalah:
1. Mencari Ide Pokok Tulisan,
2. Apa yang ingin di sampaikan dalam tulisan ini,
3. Mencari kata demi kata untuk menulis,
4. Membaca kembali hasil tulisan.

Selain itu, carilah topik yang paling kita sukai, misalnya kita menyukai untuk memancing, coba luangkan ide, dan cerita untuk bagaimana memancing itu, dimana biasanya memancing, apa saja yang bisa di dapatkan ketika memancing. Walau tidak harus seperti ketentuan menulis yaitu 5W dan 1H, sebagai seorang penulis pemula, kita hanya perlu untuk belajar menuangkan gagasan, dan ide-ide yang ada di pikiran kita menjadi rangkaian kata, paragraf, dan tulisan.

Walaupun tulisan saya tidak sempurna, namun saya selalu belajar untuk menulis lebih baik lagi, mencari ide, banyak membaca, dan tentunya banyak mencoba.

Selamat menulis.

No comments:

Post a Comment

hello guys